Banjir promo e-commerce dalam empat bulan terakhir menuju penghujung 2021 ini ternyata juga membentuk konsumen menjadi lebih selektif dan cerdas dalam membuat keputusan belanja dan mencari deal promo terbaik dari semua pilihan yang ada. Hal ini terefleksikan pada Survei Perilaku Belanja Online ShopBack pada 11-18 Oktober 2021 lalu pada 13,358 responden di seluruh Indonesia.
Menjelang akhir tahun, kompetisi promo antar pelaku e-commerce menjadi semakin keras, terlebih pada setiap tanggal kembar di empat bulan terakhir setiap tahunnya, mulai dari kampanye promo 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12. Maraknya promo yang diberikan e-commerce memang mendorong tingkat konsumsi online menjadi lebih tinggi, tapi apakah periode promo besar-besaran seperti ini juga membentuk perilaku tertentu pada konsumen? Insight yang bisa ditarik dari Survei Perilaku Belanja Online yang digelar ShopBack pada 11-18 Oktober lalu adalah konsumen Indonesia kini semakin selektif dan cerdas dalam berbelanja. Proses yang dilalui konsumen dari motivasi membeli, membuat keputusan belanja, hingga akhirnya check out cukup panjang dan dilakukan dengan seksama. Survei ini diikuti oleh 13,358 responden dari rentang usia 18-55+ tahun di seluruh Indonesia. Simak insight-nya dalam rangkuman hasil riset di bawah ini.
Infografik riset ini [PDF] dapat diunduh di sini.
PENGELUARAN BELANJA ONLINE
Secara umum, terlepas sedang ada periode promo atau tidak, sebanyak 76% responden mengatakan, mereka selalu menentukan budget sebelum berbelanja walau pada prakteknya hanya 31% dari responden yang selalu berhasil berbelanja sesuai dengan budget yang sudah ditentukan. 70% responden juga selalu membuat daftar belanja dulu (wishlist/watchlist) sebelum berbelanja.
Rata-rata responden mengeluarkan IDR <500 ribu untuk total transaksi belanja online setiap bulannya, dengan rata-rata pengeluaran per transaksi sebesar IDR <100 ribu.
PROSES RISET SEBELUM BELANJA
92% responden selalu melakukan perbandingan harga dan browsing informasi produk terlebih dahulu sebelum berbelanja. 99% responden juga membaca review produk terlebih dahulu sebelum membeli barang. 85% responden menganggap review produk sangat penting dalam membuat keputusan berbelanja. Tidak hanya review produk, 98% juga memeriksa rating dan review toko terlebih dahulu sebelum membeli barang. 76% responden mengatakan rating toko juga sangat penting dalam menentukan keputusan belanja mereka.
Lima faktor utama yang juga memengaruhi responden dalam membuat keputusan berbelanja adalah: gratis ongkir, adanya promo diskon atau cashback, kualitas produk yang bagus, harga yang terjangkau, serta bagus/tidaknya review produk.
PERIODE DAN WAKTU BELANJA
Mengenai periode belanja, ShopBack mencatat tiga jawaban teratas sebagai berikut: mayoritas responden mengatakan bahwa mereka berbelanja kapan saja mereka butuh, tidak serta merta harus selalu tergantung tanggal atau periode tertentu. Namun berbelanja hanya pada promo tanggal kembar juga menjadi pilihan kedua setelah pendapat mayoritas, disusul dengan responden yang berbelanja hanya setiap tanggal gajian (tanggal 25 hingga akhir bulan).
Masih berhubungan dengan waktu belanja, responden paling suka berbelanja ketika bersantai setelah jam kerja atau menjelang tidur, yaitu pada pukul enam sore sampai tengah malam. Sementara itu pukul 12 siang hingga sore menjadi waktu belanja terfavorit kedua.
MARKETPLACE DAN KATEGORI PRODUK FAVORIT
Digital shift dan kemajuan teknologi yang kini bisa kita akses dengan sangat mudah hanya dalam genggaman telapak tangan juga menggambarkan perilaku konsumen yang satu ini: 99% responden paling suka berbelanja via aplikasi ketimbang situs web atau desktop. Marketplace-marketplace favorit responden secara berurutan adalah: Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Blibli. Lalu kategori-kategori produk apa saja yang menjadi incaran? Fesyen, Produk Digital & Bayar Tagihan, Skin Care, Perabotan Rumah, dan Elektronik menjadi lima pilihan teratas responden.
PERILAKU KONSUMEN TERHADAP FESTIVAL BELANJA ONLINE AKHIR TAHUN
75% responden mengaku mereka berbelanja lebih banyak pada festival belanja online akhir tahun di tanggal kembar 9.9, 10.10, 11.11, 12.12. Berbicara tanggal belanja, 57% responden mengatakan mereka selalu menunggu tanggal promo khusus, baik tanggal kembar (contoh: 11.11) maupun promo gajian (contoh: Promo WIB) untuk berbelanja. Responden mengaku, biasanya marketplace yang menjadi sasaran utama responden dalam mengincar promo adalah Shopee, Tokopedia, dan Lazada.
Khusus dalam periode festival belanja online akhir tahun ini, mayoritas responden (58%) mengatakan bahwa mereka tidak memiliki incaran khusus, pembelian mereka akan tergantung kebutuhan saat itu. Namun jawaban ini diikuti empat pilihan utama lainnya: responden juga mengincar kategori fesyen, skin care, gadget, dan elektronik.
KONSUMEN BERBAGI INFORMASI PROMO
Ketika ditanya dari mana konsumen mendapatkan informasi promo festival belanja online ini, ternyata tiga medium penyebaran informasi yang paling efektif menjangkau responden adalah push notification dari aplikasi e-commerce, iklan TV, dan dari laman Instagram key opinion leaders/influencer.
Apakah responden membagikan kembali informasi promo yang mereka dapat ke teman dan keluarga? Ya, sebanyak 85% responden menjawab bahwa mereka membagikan informasi promo ke teman dan keluarga mereka dan mayoritas menggunakan aplikasi Whatsapp untuk meneruskan informasinya.
PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BENTUK PROMO DAN INOVASI FITUR DALAM APLIKASI E-COMMERCE PADA FESTIVAL BELANJA ONLINE AKHIR TAHUN
Dalam survei ini, ShopBack meminta responden meminta konsumen untuk memilih satu saja bentuk promo yang mereka anggap paling menarik dari semua jenis promo e-commerce yang ada. Jawaban nomor satu adalah diskon, lalu disusul dengan cashback dan gratis ongkir.
Bagaimana dengan gimmick dan inovasi promosi pada aplikasi e-commerce? 73% responden mengaku bahwa fitur game atau inovasi gamification pada aplikasi belanja membuat pengalaman belanja responden menjadi lebih menyenangkan. Sementara itu, 70% responden mengatakan bahwa live show yang diadakan e-commerce atau marketplace dalam masa promo festival belanja akhir tahun seperti saat ini tidak lantas membuat mereka jadi berbelanja lebih banyak.
TIPS BELANJA CUAN ALA KONSUMEN
97% responden mengaku bahwa mereka selalu mencari cara untuk bisa semakin untung dalam berbelanja. Lima tips dengan suara terbesar yang responden berikan agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal ketika berbelanja adalah:
- Mencari kupon promo diskon/cashback
- Selalu menggunakan aplikasi ShopBack sebelum berbelanja di e-commerce incaran untuk mendapatkan ekstra cashback
- Hanya check out jika ada pilihan gratis ongkir
- Jeli mencari promo bank/e-wallet
- Selalu bandingkan harga sebelum membeli
KESIMPULAN
Perilaku konsumen yang kian cerdas dalam berbelanja online ini juga tercermin pada ShopFest 10.10 lalu di mana ShopBack sebagai aplikasi pra-belanja yang membantu konsumen membuat keputusan belanja terbaik melalui fitur cashback, rewards, voucher, perbandingan harga, daftar pantau, dan misi belanja mencatat kenaikan GMV, order, redirect (kunjungan ke e-commerce via aplikasi ShopBack), dan pengguna sebanyak 3x lipat dibanding periode biasa. Ini menandakan konsumen memang lebih pintar dalam mencari cara untuk mendapatkan keuntungan promo semaksimal mungkin dari transaksi mereka, karena selain mencari promo pada aplikasi e-commerce, berbelanja via aplikasi ShopBack membuat konsumen bisa menikmati cashback ekstra di luar promo e-commerce favorit mereka, sekaligus membandingkan harga dan mendapatkan informasi di mana e-commerce mana konsumen bisa mendapatkan produk dengan harga termurah dan cashback tertinggi.
Kategori produk terpopuler pada ShopFest 10.10 lalu juga masih sama seperti 9.9: Fesyen, Kecantikan, Home & Living, Hobi & Buku, dan Groceries. Ada tiga merk kecantikan lokal yang berjaya pada 10.10 lalu yaitu Madame Gie, Somethinc, dan Wardah. Puncak waktu belanja terjadi pada pukul 12 tengah malam ketika campaign 10.10 resmi dimulai, disusul pada pukul 9 malam, tiga jam sebelum 10.10 berakhir.
Baca juga:
- Belanja Tapi Malah Dapat Cuan? Begini Caranya!
- Tips Belanja Pintar Anti Kantong Jebol
- Tips Merdeka Belanja Tanpa Takut Kantong Jebol