Apa makanan khas Sulawesi Selatan yang paling nempel di ingatan? Sudah pasti Coto Makassar. Di kota asalnya, Coto Makassar merupakan sajian berkuah yang berisi jeroan sapi yang direbus lama dan dimasak dengan bumbu racikan yang khas. Tidak heran jika menu yang satu ini menjadi menu favorit di kota Makassar.

Rasanya tuh belum lengkap, ya kalau ke Makassar tapi enggak nyobain Coto Makassar. Selain namanya yang khas banget, Coto Makassar juga punya citarasa yang sangat otentik. Dengan aroma dan rasa rempah-rempah khas yang kental, hingga kelezatannya selalu menempel di lidah.

Kebayang enggak sih kelezatannya, ShopBackers? Jadi kangen ya sama masakan ini. Untungnya Coto Makassar enggak terlalu sulit ditemukan ya. Selain itu, kamu juga bisa lho mencoba memasaknya sendiri di rumah! Nggak perlu jauh-jauh ke Makassar dulu untuk mencobanya!

Berikut beberapa kreasi resep coto Makassar yang bisa ShopBackers coba sendiri di rumah.

1. Resep Coto Makassar Kuah Kental

resep coto makassar kuah kental
Resep coto makassar kuah kental. Sumber gambar: instagram.com/cotomakassartuban

Kalau kamu termasuk orang yang tidak suka makan jeroan, resep Coto Makassar yang satu ini bisa dicoba di rumah. Cara memasaknya cukup simpel dengan menggunakan daging sapi has dalam. Cek resepnya berikut ini.

Bahan Membuat Coto Makassar Kuah Kental:

  • 500 gram daging sapi has dalam, potong dadu
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 2 liter air
  • 3 lembar daun salam
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 ruas jari jahe
  • 200 gram kacang tanah goreng tanpa kulit, haluskan
  • 1,5 sendok makan penyedap rasa
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus:

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 8 siung bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar, sangrai
  • 100 gram tauco
  • 6 butir kemiri, sangrai
  • 1 sendok makan gula merah

Pelengkap:

  • 4 buah lontong atau buras
  • Seledri, iris tipis
  • Bawang merah goreng
  • Daun bawang, iris tipis

Cara Membuat Coto Makassar Kuah Kental:

  1. Pertama, panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus, serai, lengkuas, jahe, dan daun salam. Tumis hingga harum.
  2. Setelah harum, masukkan daging sapi aduk hingga daging berubah warna.
  3. Lalu, tambahkan air dan penyedap rasa. Masak hingga mendidih.
  4. Kemudian, tambahkan kecap manis dan kacang tanah yang sudah dihaluskan. Aduk rata hingga matang.
  5. Coto Makassar pun siap disajikan. Jangan lupa tambahkan irisan daun bawang, seledri dan bawang merah goreng. Coto Makassar pun siap disantap bersama dengan lontong atau buras.

Baca juga: 3 Resep Soto Ayam Rumahan yang Gurih dan Mudah Dibuat!

2. Resep Coto Makassar Asli Bugis

Resep coto makassar asli bugis
Resep coto makassar asli bugis. Sumber gambar: instagram.com/warungmakassar_daengtutu

Kalau resep coto makassar asli bugis yang satu ini sangat spesial karena berisi beragam jeroan yang pastinya makin membuat rasanya gurih dan mantap. Ingin mencobanya di rumah? Cek bahan-bahan dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan Membuat Coto Makassar Asli Bugis:

  • 1 kilogram jeroan sapi, yang terdiri dari jantung, limpa, paru, babat, usus dan hati
  • ¼ kilogram daging sapi has dalam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 ruas jari lengkuas, memarkan
  • Seledri, sesuai selera, iris halus
  • Daun bawang secukupnya, iris halus
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya

Bumbu halus:

  • 1,5 sendok makan ketumbar, sangrai
  • ½ sendok makan lada utuh, sangrai
  • ¼ sendok teh jinten, sangrai
  • 50 gram kacang tanah goreng tanpa kulit, haluskan
  • 1-2 sendok makan tauco
  • 6 buah cabai rawit
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Coto Makassar Asli Bugis:

  1. Pertama, rebus daging dan jeroan bersama dengan lengkuas dan serai. Diamkan hingga matang dan empuk. Setelah daging dan jeroan empuk, sisihkan sekitar 1 ¼ liter air kaldu bekas rebusan daging dan jeroan.
  2. Kemudian, potong-potong daging dan jeroan yang sudah matang tadi sesuai selera.
  3. Lalu, panaskan minyak goreng dan tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian, masukkan tumisan bumbu halus ke dalam air kaldu yang sudah disisihkan tadi.
  4. Tambahkan garam dan penyedap rasa, kemudian rebus kaldu hingga rasanya pas dan matang sempurna.
  5. Setelah itu, siapkan mangkuk kemudian isi dengan potongan daging sapi dan jeroan. Tambahkan seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Kemudian, siram dengan air rebusan kaldu yang sudah dimasak sebelumnya.
  6. Coto Makassar spesial pun siap disajikan. Jangan lupa sajikan dengan lontong serta tambahkan perasan jeruk nipis dan kecap agar rasanya semakin mantap.

Gimana nih ShopBackers? Sudah dicatat semua belum resep Coto Makassar? Yang pasti semua resep tadi super simpel banget dibuatnya dan pastinya kamu enggak perlu jauh-jauh ke Makassar buat menyantap Coto Makassar.

Selain itu, jangan lupa juga dicatat semua alat masak dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Coto Makassar-nya. Kalau masih belum lengkap, coba cek-cek ShopBack. Di ShopBack lengkap banget pilihan untuk kebutuhan memasak kamu, dan juga kamu bisa mendapatkan beragam promo dan cashback menarik lho.

Jangan lama-lama mikirnya, cepetan download aplikasi ShopBack sekarang juga! Kemudian pilih-pilih perlengkapan dan bahan memasak di e-commerce kesayangan kamu yang ada di ShopBack. Kebutuhan memasak lengkap, jadi makin semangat deh masaknya.