Menjalani hidup sendirian alias jomblo terkadang memang nggak mudah apalagi ketika dihadapkan dengan berbagai pertanyaan “Sudah punya pacar?”, “Kapan nikah?”, “Usia sudah matang kok belum nikah-nikah?” dan berbagai pertanyaan lainnya yang terkadang bisa kamu anggap angin lalu, tapi terkadang juga membuatmu galau.

Nggak cuma disitu saja, terkadang melihat teman-temanmu sudah memiliki gandengan, kemana-mana dengan pacar atau bahkan pendamping hidup bikin tingkat kegalauanmu makin akut lalu rasa kesepian pun mulai melandamu.

Tapi kamu pernah berpikir nggak sih apa yang membuatmu masih menjomblo sampai sekarang? Kenapa juga kamu susah sekali mendapatkan seseorang yang spesial untuk hidupmu? Bisa jadi ada beberapa kebiasaan yang sering banget kamu lakukan hingga akhirnya berdampak pada kejombloanmu. Seperti kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

1. Menganggap diri sendiri terlalu sibuk, padahal kamu nggak sibuk-sibuk banget

jomblo
Image: pexels

Masalah utama pada seorang  jomblo hingga sekarang adalah selalu menganggap dirimu sendiri super sibuk, entah sibuk dengan pekerjaan, sekolah ataupun pada kuliah dan khawatir itu akan menganggu siapapun pasanganmu nanti. Dalam artian lain, kamu terlalu takut ada orang yang memasuki duniamu, dunia yang selama ini sudah nyaman kamu jalani sendiri.

Padahal sesibuk apapun kamu, seharusnya kesibukan itu tetap bisa kamu kendalikan dan tak mempersulitmu untuk mendapatkan tambatan hati. Buktinya banyak kan orang sibuk di dunia ini tetapi sudah memiliki pasangan. Kuncinya bukan pada kesibukanmu, tetapi pada kemauanmu sendiri.

Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan kamu malas bersosialisasi. Berpikirlah kalau kamu memiliki banyak waktu luang untuk hal-hal di luar pekerjaan dan sekolahmu. Luangkan waktumu demi mendapatkan sebuah hubungan. Carilah seseorang yang mampu menggetarkan hatimu, yang membuatmu merasa cocok dengan si dia.

2. Terlalu asyik dan nyaman di depan laptop, hingga membuatmu malas keluar rumah

Image: pexels

Mager alias males gerak menjadi salah satu alasan andalan seseorang yang malas keluar rumah untuk sekadar jalan-jalan ke mall atau nongkrong di kafe bersama teman-teman. Lebih memilih duduk nyaman di dalam kamar atau di berbagai ruangan di rumah sambil main laptop untuk sekedar berselancar di medial sosial, mengerjakan pekerjaan kantor, pekerjaan sekolah ataupun movie maraton ditemani camilan.

Sebenarnya nggak masalah sih, kamu punya hak untuk menjalani hidupmu sendiri. Tapi, gimana mau dapat gebetan kalau kamu sendiri nggak mau keluar rumah? Memangnya ada orang yang tiba-tiba datang ke rumah untuk menjadikanmu pacar atau pendamping hidup tanpa mengenalmu lebih dulu? Tentu tidak, kan?

Maka mulai sekarang, sisihkan waktumu untuk keluar rumah. Pergilah ke berbagai tempat yang seru entah bersama teman-temanmu atau sendirian. Bawalah laptopmu beserta pekerjaanmu dan kerjakan di tempat-tempat umum. Nggak cuma pekerjaan kamu yang akan selesai, tetapi perkara kejombloanmu pun bisa diselesaikan dengan bertemu seseorang yang mungkin akan langsung cocok denganmu.

Baca juga: Jomblo? Siapa Takut! Ini 6 Hal yang Akan Kamu Dapatkan!

3. Terlalu menikmati waktu sendiri, sampai lupa kalau kamu butuh seseorang yang akan menemani hingga akhir hayat

pexels

Me time itu memang penting, tapi kalau sesuai porsinya. Terlalu sering menikmati waktu sendirianmu, bisa membuatmu lupa kalau kamu nggak perlu orang lain lagi untuk menemani. Padahal itu merupakan kebiasaan parah, lho. Ini tentu sangat tidak baik untukmu, karena bagaimanapun kamu nggak bisa hidup sendirian di dunia ini.

Jangan sampai karena terlalu nyaman sendiri, kamu jadi enggan diajak orang lain untuk melakukan berbagai kegiatan. Kamu merasa sudah nggak membutuhkan orang lain. Kalau sudah begitu, kamu jadi sulit terbuka dan enggan menerima kehadiran orang lain yang sebenarnya ingin mendekatimu.

Di awal-awal mungkin ini akan terasa biasa saja untukmu, tapi percaya deh suatu saat kamu akan merasa kesepian. Jadi, ajaklah seseorang untuk masuk dalam setiap waktumu ya.

4. Nggak terlalu peduli dengan penampilanmu

Image: pexels

Don’t judge a book by it’s cover. Teori ini memang benar, tapi nggak semua orang melakukan hal seperti itu. Penampilan fisik tentu masih sering dijadikan tolak ukur seseorang untuk mencari tambatan hati. Maka dari itu mulai sekarang rubahlah penampilanmu.

Nggak perlu berpenampilan seperti orang lain, kamu masih bisa menjadi dirimu sendiri kok. Tapi seenggaknya kamu tahu bagaimana cara berpakaian yang pantas dan sesuai dengan dirimu sendiri. Carilah style yang kece dan eye catching tapi tak menghilangkan jati dirimu.

5. Standarmu dalam mencari pasangan terlalu tinggi, sementara kamu nggak sehebat standar yang kamu inginkan

Image: pexels

Semua orang boleh menentukan standar dalam mencari tambatan hati, itu wajar dilakukan. Tapi, kamu juga nggak bisa langsung memasang standar tinggi untuk mencari pendamping seperti yang kamu inginkan. Kamu harus realistis sedikit.

Sebelum mengharapkan pasangan yang ganteng, keren, tajir, pintar dan sukses, kamu juga harus lihat kualitas dirimu sendiri. Sejauh mana modal yang kamu miliki agar lawan jenis yang sesuai standar keinginanmu bisa melirikmu. Kalau kualitasmu aja nggak seperti standar lawan jenis yang kamu mau, mana mungkin kamu bisa mendapatkannya? Ingat, jodoh itu adalah cerminan diri kamu.

Kalau ingin mendapatkan jodoh dengan standar yang tinggi, kamu juga harus memperbaiki diri agar mendapatkannya.

6. Kamu masih terjebak dengan masa lalu

Image: pexels

Masa lalu itu pasti dimiliki setiap orang, seperti kamu. Tapi bukan berarti kamu harus terus-menerus terjebak dalam masa lalumu. Masa lalu yang menyakitkan hingga menimbulkan trauma mendalam akhirnya membuatmu enggan membuka hati untuk siapapun. Kamu takut disakiti dan dikecewakan lagi.

Memang nggak mudah untuk move on, tapi bukan berarti kamu nggak bisa. Semua ada prosesnya, yang penting yakini aja dulu kalau kamu bisa melupakan segalanya. Jangan menganggap semua orang itu sama. Hilangkan pemikiran seperti itu. Tiap orang beda-beda lho.

Ingat, gagal dalam hubungan percintaan itu wajar terjadi. Justru seharusnya itu bisa menjadi pelajaran berharga untuk kamu agar kemudian hari kamu nggak salah lagi dalam mencarinya. Jadi hilangkan, semua trauma mu ya? Kalau nggak mau berusaha menghilangkannya gimana mau dapat jodoh?

[promotion_banner id=”595416″ title=”Promo Belanja Online, Kode Voucher Toko Online, Diskon, dan Kupon” image_url=”https://content.shopback.com/id/wp-content/uploads/2017/12/12103254/847×1001.gif”]

7. Kamu belum bisa mencintai diri sendiri, bahkan selalu merendahkan diri

Image: pexels

Merasa nggak percaya diri, bahkan selalu merendahkan diri sendiri? Mulai sekarang buang semua pemikiran itu. Kalau kamu nggak cinta sama diri sendiri, terang aja nggak akan ada orang yang berminat mendekatimu. Gimana mungkin ada orang yang bisa mencintaimu, kalau kamu sendiri nggak bisa mencintai dirimu sendiri? Gimana mungkin kamu bisa mendapatkan pendamping, kalau kamu sendiri nggak percaya dengan diri sendiri? Gimana cara mendekatinya kalau rasa percaya diri aja nggak punya?

Mencintai diri sendiri itu penting banget lho. Artinya kamu bisa menghargai diri sendiri, kamu bisa menimbulkan rasa percaya diri. Ingat, nggak ada manusia di dunia ini yang sempurna. Semua punya kekurangan. Maka dari itu diperlukan pasangan untuk saling melengkapi kekurangan atau kelebihan. Jadi mulai sekarang,  jangan merendahkan diri, cintailah dirimu sendiri dan yakinlah kalau kamu bisa percaya diri. Percaya deh kalau kamu mampu mencintai dirimu sendiri, kamu dengan mudah akan mendapatkan pasangan.

Perlu kamu ingat, mencari jodoh nggak semudah membalikkan telapak tangan. Nggak akan mungkin jodoh tiba-tiba saja datang di depan matamu. Jodoh itu seperti uang, kalau kamu nggak berusaha bekerja untuk mendapatkannya, kamu nggak akan dapat. Jadi, mulai sekarang hilangkan kebiasaanmu itu ya. Perbaikilah kualitas dirimu dengan baik agar jodohmu pun segera datang padamu.

“Biar nggak jomblo terus yuk coba lebih memperhatikan penampilanmu.

Coba deh mulai merawat diri dengan berbagai produk skincare dari The Body Shop,

belanjanya lewat ShopBack ya dan dapatkan cashback hingga 4%. Klik di sini!”

Featured image: Pexels

Editor: Nimas Arini