Kondisi pandemi di Indonesia yang kini mulai menunjukkan perbaikan dan international border yang perlahan dibuka di berbagai negara termasuk Indonesia membentuk sentimen positif konsumen pada aktivitas travel. Hal ini terefleksikan pada Survei Perilaku Belanja Online yang digelar ShopBack pada Oktober 2021 lalu.

Hanya tinggal dua bulan lagi tersisa di tahun 2021, periode di mana lazim bagi para konsumen untuk merencanakan liburan akhir tahun, terlepas kita masih berada dalam masa pandemi. Penurunan kasus COVID-19 di Indonesia beberapa bulan terakhir disertai percepatan vaksinasi, tes antigen dan PCR, dan tracing system via aplikasi PeduliLindungi menghasilkan sentimen positif pada pergerakan wisata domestik. Kesimpulan ini ShopBack catat dari Survei Perilaku Belanja Online yang digelar pada Oktober kemarin, di mana ShopBack melemparkan beberapa pertanyaan terkait persepsi konsumen terhadap aktivitas travel di masa sekarang ketika kondisi pandemi di Indonesia mulai membaik (rangkuman dapat dilihat di bawah).

Jumlah transaksi travel mengalami penurunan signifikan pada bulan Juli lalu ketika kasus COVID-19 meningkat drastis. Namun, transaksi travel naik kembali di bulan September hingga Oktober dengan peningkatan sebanyak 2x dibanding masa PPKM awal, seiring dengan membaiknya keadaan dan menurunnya jumlah kasus. 

“Di masa pra-pandemi, biasanya puncak transaksi travel terjadi di bulan November dan Desember. ShopBack memprediksi trend yang sama akan terjadi di tahun ini. Angka transaksi travel dapat melebihi tahun 2020, dengan catatan keadaan tetap kondusif. Beragam partner OTA (Online Travel Agent) kami pun sudah mulai mengadakan promosi menarik untuk mengundang masyarakat untuk mulai berwisata. Kami optimis kontribusi pariwisata untuk membantu perekonomian Indonesia akan semakin meningkat di akhir tahun ini. Ayo berwisata dengan terus menjaga protokol kesehatan.” tutur Galuh Chandra Kirana, Country General Manager ShopBack Indonesia.

 

Sentimen Konsumen terhadap Aktivitas Travel

Unduh infografik lengkapnya di sini.

Perjalanan Wisata Terakhir

Jawaban responden di pertanyaan ini cukup kontras. Berikut adalah 5 jawaban teratas untuk pertanyaan ini:

25% konsumen terakhir bepergian kurang dari 3 bulan lalu

20% konsumen terakhir bepergian 2 tahun lalu. 

11% konsumen ada yang terakhir bepergian 3 tahun lalu, dan ada juga yang kurang dari 6 bulan lalu.

10% lainnya terakhir bepergian 1 tahun lalu.

promo travel

Rasa Aman Konsumen

Dari skala 1-5, mayoritas konsumen sudah merasa aman untuk bepergian keluar kota.

1  – Merasa sangat tidak aman

2 – Merasa tidak aman

3 – Aman

4 – Sangat aman

5 – Sangat sangat aman

promo travelRencana Bepergian ke Luar Kota Pada Akhir Tahun

promo travel56% responden berencana melakukan perjalanan akhir tahun

5 Kota Dalam Negeri yang Paling Banyak Dikunjungi

*berdasarkan jumlah order pada 10.10

  1. Malang
  2. Surabaya
  3. Jakarta
  4. Bandung
  5. Bali

10 Negara yang Paling Banyak Dikunjungi 

*berdasarkan data Oktober dari berbagai online travel merchant

  1. Turki
  2. Timur Tengah 
  3. Amerika Serikat
  4. Hongkong
  5. Jepang
  6. Inggris
  7. Belanda
  8. Kanada
  9. Spanyol
  10. Italia

 

Baca ini juga ya: Riset Perilaku Belanja Online Akhir Tahun: Kompetisi Promo Makin Deras, Konsumen Kian Cerdas

Kapan Konsumen Reservasi?

Ketika ditanya kapan biasanya konsumen melakukan reservasi perjalanan, tiga jawaban teratas adalah 

  1. Mendadak, <3 hari (28%)
  2. <1 minggu (28%)
  3. 1-2 minggu sebelum perjalanan (18%)

5 Travel Agent Online Favorit Konsumen

  1. Traveloka 
  2. Tiket.com 
  3. Langsung di situs web airline dan kereta api 
  4. Pegipegi 
  5. Agoda 

Mengapa Travel Agent Online Ini Disukai?

  1. Banyak promo yang membuat harga tiket menjadi murah
  2. Harga kompetitif
  3. Aplikasinya mudah digunakan
  4. Banyak opsi metode pembayaran
  5. Mudah untuk melakukan refund atau pembatalan

Apakah Konsumen Menunggu Tanggal/Promo Tertentu Untuk Membeli Tiket?

64% responden mengaku tidak menunggu gajian atau tanggal promo tertentu untuk membeli tiket. Mereka membelinya kapan saja mereka mau atau butuh. 22% responden membeli tiket ketika ada tanggal promo, dan 13% membeli tiket pada periode gajian saja.

promo travel

6 Alasan Utama Untuk Bepergian Ke Luar Kota/Negeri Lagi

  1. Untuk liburan santai atau refreshing
  2. Mencoba kuliner lokal
  3. Mengunjungi keluarga dan teman
  4. Tur dan sightseeing ke tempat-tempat wisata terkenal/landmark
  5. Belanja
  6. Merasakan gaya hidup dan kultur yang berbeda 

Promo Spesial Travel Agent Online

Dengan tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat ketika bepergian nanti, jangan lewatkan kesempatan mendapatkan promo travel di merchant-merchant travel pilihan ShopBack selama bulan November ini!

Tiket.com

04 – 12 November 2021 : Promo OTW (Online Tiket Week), Jam Gledek 17.00-21.00

Untuk akomodasi domestik dan internasional, penerbangan domestik dan internasional, kereta api, sewa dan transfer mobil, event, To Do

25 November – 03 December 2021 : Payday (MTM)

Booking.com

Nikmati Getaway Deals, diskon mulai 15% untuk local breaks dan trip yang lebih panjang dengan periode booking dan menginap dari sekarang hingga 3 Januari 2022, juga Black Friday Deals dengan diskon mulai 40% untuk wilayah Asia, dengan periode booking mulai 18 November hingga 1 Desember 2021 dan periode menginap mulai dari 18 November 2021 hingga 30 Juni 2022.

 

Baca juga: