Di balik sebuah merk terkenal, ada sosok perempuan hebat dan tangguh yang mendirikan hingga membesarkannya dengan sejuta ide brilian.

Nyatanya, perempuan juga bisa melakukan segala hal dan tidak terbatas dengan gender ataupun stigma tertentu. Perempuan bisa meraih pendidikan tinggi, perempuan bisa menjadi wanita karier dan bekerja mengejar mimpi, dan tentunya, perempuan juga bisa menjadi ibu rumah tangga yang mampu mendidik anak serta mengurus keluarga.

Tidak ada yang salah dengan sebuah pilihan. Mau mengejar pendidikan dan berwawasan luas, menjadi wanita karier dan memiliki banyak relasi, atau menjadi ibu rumah tangga dan ahli dalam hal rumah tangga, semuanya tentu sudah dipikirkan dengan matang. Berawal dari sebuah mimpi, kemudian menjadi pencapaian.

Menjadi ibu rumah tangga bukan termasuk suatu mimpi dan pencapaian? Menjadi ibu rumah tangga tidak bisa menciptakan suatu hal baru di luar kegiatan rumah tangga? Salah besar. Realitasnya, banyak sekali ibu rumah tangga yang tetap bisa berkontribusi aktif dan berkarya, bahkan, ada juga yang mencapai skala mancanegara.

Kali ini, #KataShopBack ingin berbagi informasi tentang tiga merk lokal asli Indonesia yang terkenal. Pasti, setidaknya ShopBackers sudah tahu atau pernah mendengar salah satunya. Lebih menakjubkannya lagi, semua pendirinya adalah ibu rumah tangga, lho. Penasaran? Simak selengkapnya berikut ini, yuk.

1.       Sariayu – Martha Tilaar

ibu rumah tangga
(sumber gambar: lifepal.co.id)

ShopBackers pasti tahu merk produk kecantikan ini, kan? Nggak terasa asing banget ya? Pendirinya bernama Martha Handana atau dikenal juga dengan Martha Tilaar. Awalnya, Martha adalah seorang ibu rumah tangga yang kemudian berkeinginan memiliki salon sendiri. Ia membuka gerai kecil di garasi rumah ayahnya di tahun 1970. Berbagai usaha ia lakukan untuk mengembangkan salonnya, mulai dari aktif melakukan promosi, sampai sering ditolak Bank saat mengajukan kredit usaha dengan alasan bahwa kredit usaha tidak diberikan ke perempuan.

Rintangan dan berbagai perjuangannya tentu tidak berhenti di situ saja. Martha juga pernah diremehkan karena produknya dinilai tidak level untuk masuk pusat perbelanjaan. Meskipun begitu, Martha justru tidak menyerah dan lantas membuktikan bahwa produknya menjadi sangat sukses seperti yang kita kenal sekarang ini. Pasti kamu pernah melihat produk Sariayu Martha Tilaar di toko atau pusat perbelanjaan, kan?

2. Sambal Bu Rudy 

ibu rumah tangga
(sumber gambar: kumparan.com)

ShopBackers yang menggemari makanan khususnya rasa pedas dengan tambahan sambal, pernah dengar Sambal Bu Rudy! Pelopor sambal khas dari Surabaya, Jawa Timur ini adalah seorang ibu rumah tangga bernama Bu Rudy. Kalau ingin tahu Bu Rudy, cukup lihat saja foto yang berada di kemasan botol sambalnya.

Ibu rumah tangga dengan nama asli Lanny Siswadi ini memulai usahanya secara tidak sengaja. Karena sang suami hobi memancing dan sering membawa pulang ikan hasil tangkapannya, Bu Rudy memasak ikan dan udang dengan menambahkan sambal buatannya. Ia lantas mengundang teman-temannya untuk makan bersama dan mendorong Bu Rudy menjual masakannya. Dari sinilah bisnis sambal Bu Rudy bermula.

Kini, sambal khas Bu Rudy menjadi oleh-oleh khas kota Surabaya dan sudah sampai ke berbagai kota di Indonesia. ShopBackers sudah pernah mencoba sambal nikmat asli Indonesia ini?

Baca ini juga ya: Sekolah Tinggi tapi Hanya Jadi Ibu Rumah Tangga, untuk Apa?

3. Zoya dan Shafira – Feny Mustafa

ibu rumah tangga
(sumber gambar: swa.co.id)

Tadi ada merk lokal produk kecantikan dan kuliner, kali ini kita beralih ke fashion! Kalau merk asli Indonesia ini, ShopBackers pastinya juga sudah pernah tahu, kan? Pendiri Zoya dan Shafira adalah perempuan ibu rumah tangga tangguh lainnya bernama Feny Mustafa. Sejak berusia muda, Feny memiliki ketertarikan untuk mendesain dan menjadi pedagang khusus busana muslim wanita. Ia memulai perjuangan bisnisnya dari bawah dengan modal yang dibantu oleh teman-teman berlandaskan kepercayaan. Modal yang terkumpul Feny gunakan untuk membuka toko. Perjalanan dan perjuangannya cukup panjang dengan dibantu 2 karyawan dan support 100% dari keluarga.

Kegigihan Feny membawanya hingga bisa berpartisipasi dalam acara fashion internasional dan membuat kita mengenal merk busana Muslim wanita modern Zoya dan Shafira saat ini. Keren banget, ya!

Dari beberapa tokoh inspirasi perempuan di atas, ada insight baru yang bisa ShopBackers dapatkan. Menjadi ibu rumah tangga tetap bisa berkarya dan menghasilkan sesuatu, bahkan banyak hal menakjubkan. Jika ShopBackers adalah seorang ibu rumah tangga, atau berkeinginan untuk menjadi ibu rumah tangga, tetaplah bangga dengan hal itu. ShopBackers tetap bisa berkarya dalam aspek apapun yang ShopBackers ingin tuju. Siapa tahu, ShopBackers bisa menjadi salah satu perempuan inspiratif selanjutnya. Sekarang, saatnya #PerempuanBeraniMulai!

ShopBackers bisa mulai dari hal kecil, misalnya ShopBackers berkeinginan menjadi ibu yang baik bagi anak-anak kelak. ShopBackers ingin memberikan yang terbaik bagi anak, seperti asupan makanan yang bergizi, camilan sehat, perlengkapan kesehatan dan kebersihan untuk anak, atau mainan khusus agar anak dapat bereksplorasi lebih banyak. ShopBackers bisa mendapatkan yang terbaik dari e-commerce dan merchant online yang menjadi mitra terpercaya ShopBack.

Dengan membeli kebutuhan dan perlengkapan secara online melalui ShopBack, ShopBackers bisa hidup lebih hemat dan mendapatkan #UntungLewatShopBack. Untuk para #PerempuanBeraniMulai, yuk bersama-sama #MulaiDariShopBack!

Nantikan juga kejutan lainnya dari ShopBack untuk para #PerempuanBeraniMulai yang sedang berlangsung di tanggal 1-8 Maret ini, ya.

 

Baca juga: