Teknologi yang semakin canggih membuat semuanya terasa lebih mudah, termasuk dalam hal melamar pekerjaan. Beberapa perusahaan sudah menyediakan akses mudah untuk mengirim lamaran kerja hanya melalui email. Selain hemat di kantong dan waktu, cara ini bisa mengurangi penggunaan kertas berlebih, lho.

Namun ternyata, nggak semua pelamar pekerjaan mengetahui bagaimana cara mengirim lamaran kerja lewat surel. Berbagai kesalahan yang bisa aja terjadi, misalnya salah menulis body email, nggak mengisi subject, tulisan yang kurang rapi, atau malah menyertakan informasi yang terlalu minim.

Lalu, bagaimana cara mengirim lamaran via email dan apa saja poin-poin penting yang perlu dicermati? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Tips Mengirim Lamaran Lewat Email

Mengirim lamaran lewat email memang terlihat sederhana, tapi bukan berarti asal-asalan. Untuk itu, sebelum melakukannya, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa tips berikut ini.

1. Gunakan alamat email yang sesuai

Gunakan alamat email yang sesuai
Gunakan alamat email yang sesuai – Sumber Gambar: pixabay.com

Sebaiknya gunakan alamat email yang berisi namamu. Alamat email yang tampak profesional bisa meningkatkan kemungkinanmu untuk direkrut perusahaan. Jangan menggunakan alamat email yang terkesan main-main karena akan memberikan persepsi yang berbeda terhadap dirimu.

2. Gaya tulisan

Gaya tulisan
Gaya tulisan – Sumber Gambar: pixabay.com

Jangan terlalu formal atau terlalu santai saat menuliskan email. Bahasa yang terlalu formal cenderung menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang kaku. Sebaliknya, menuliskan isi bodi layaknya gaya chatting dengan teman malah bikin perusahaan berpikir negatif tentangmu.

Tuliskan body email dengan gaya bahasa business professional. Apa maksudnya? Gaya tulisan seperti ini adalah bahasa sehari-hari yang digunakan para pekerja. Jadi, enggak perlu terlalu kaku dan susunannya tampak berkesan bagi perekrut. Selain itu, isi body email dapat menunjukkan kemampuanmu dalam berbicara.

3. Siapkan dokumen sesuai persyaratan

Siapkan dokumen sesuai persyaratan
Menulis – Sumber Gambar: pixabay.com

Kumpulkan semua dokumen yang memenuhi persyaratan dari perusahaan yang akan kamu lamar. Umumnya, perusahaan akan meminta ijazah, KTP, pas foto dalam ukuran tertentu, dan riwayat hidup atau CV. Scan semua dokumen supaya bisa dilampirkan dan dikirimkan melalui email.

Usahakan jangan melampirkan berkas yang terlalu besar. Atur ulang ukuran dengan fitur resize pada file yang ukurannya di atas 2 MB. Pastikan format file yang akan dikirimkan sudah sesuai dengan ketentuan perusahaan. Apabila nggak ada persyaratan tertentu, pakai format ekstensi file seperti (*.pdf), (*.doc), dan (*.png).

4. Tentukan waktu pengiriman email

Tentukan waktu pengiriman email
Vector surat – Sumber Gambar: pixabay.com

Meskipun mengirim email dapat dilakukan kapan pun, sebaiknya jangan kirim pada tengah malam. Ciptakan kesan profesional dan sopan dengan mengirimkan lamaran pada jam kerja perusahaan. Pastikan pula kalau lowongan masih tersedia.

Cara Mengirim Lamaran Via Email

Setelah kamu mengetahui dan memahami beberapa tips mengirim lamaran via email, lakukanlah pengiriman ke perusahaan yang dituju dengan cara-cara di bawah ini.

1. Isi judul email

Isi judul email
Email – Sumber Gambar: pixabay.com

Perekrut tentunya menerima banyak email setiap harinya. Makanya, pemilihan judul email penting banget agar lamaranmu cepat tersampaikan. Jika perekrut memberikan syarat tertentu dalam pengiriman lamaran, ikutilah sesuai aturan mereka.

Namun, jika enggak ada persyaratan seperti itu, tentukan format judul sendiri. Tuliskan namamu dan posisi yang kamu inginkan. Posisi dalam lamaran akan memudahkan perekrut untuk menyaring email yang masuk. Siapa tahu saat itu perusahaan memang sedang mencari posisi yang kamu lamar.

2. Isi bodi email

Isi bodi email
Vector surat – Sumber Gambar: pixabay.com

Bodi email penting banget untuk diisi saat akan mengirimkan lamaran. Bayangkan ketika kamu mendapatkan kiriman barang tanpa pesan. Pastinya aneh banget, kan? Sebagian orang menganggap isi bodi email bukanlah hal penting, padahal anggapan ini salah besar. Menuliskan maksudmu melamar kerja pada bodi email akan membuatmu tampak lebih profesional dan sopan.

Jika mengirimkan lamaran kerja sederhana, kamu dapat menaruhnya langsung di bodi email. Jadi, enggak perlu melampirkannya dalam bentuk dokumen. Cara ini bisa menghemat waktu perusahaan karena enggak perlu mengunduh file terlebih dahulu. Isi body juga mencegah email-mu masuk ke kotak spam.

3. Isi alamat email perusahaan

Isi alamat email perusahaan
Ikon alamat email – Sumber Gambar: pixabay.com

Kamu harus mengetahui alamat email perusahaan tujuan sebelum mengirim lowongan. Jangan sampai salah mengetik dan malah masuk ke email yang enggak seharusnya. Perhatikan tanda baca dan angka yang mungkin ada pada alamat email perekrut.

4. Lampirkan berkas persyaratan

Lampirkan berkas persyaratan
Ikon lampiran email – Sumber Gambar: pixabay.com

Sesudah melengkapi dokumen yang disyaratkan, waktunya melampirkan ke dalam email. Sesuai pembahasan sebelumnya, jangan melampirkan berkas berukuran besar. Sebagian perusahaan meminta pelamar untuk memisahkan setiap berkas. Namun, ada pula perusahaan yang menginginkan semua file digabung dalam satu folder compress.

5. Periksa ulang dan kirim

Periksa ulang dan kirim
Keyboard, email – Sumber Gambar: pixabay.com

Periksa semua bagian email sebelum mengirimkannya. Cermati dan pastikan enggak ada kesalahan dan bagian persyaratan yang kurang. Apabila telah lengkap, kirimkan lamaran dengan cara mengeklik tombol “Kirim”. Cek apakah email berhasil tersampaikan pada kotak terkirim.

Nah, begitulah cara mengirim lamaran via email dan hal-hal penting yang perlu ShopBackers perhatikan. Jadi, sudah enggak perlu jauh-jauh lagi ke tempat yang membuka lowongan pekerjaan deh. Tinggal pakai PC, laptop, maupun smartphone untuk mengirimkan lamaran kerja lewat surel pribadimu.

Sebelum mengirim lamaran lewat email, jangan lupa beli kuota internet terlebih dahulu. Apabila malas keluar rumah, beli online di e-commerce pilihanmu melalui ShopBack aja! Ada banyak promo menarik berupa cashback yang tentunya bikin kamu jadi lebih hemat.

Beli Pulsa Lewat ShopBack Dapat Cashback