Bahagia mungkin jadi salah satu hal yang selalu didambakan setiap orang. Tapi banyak juga yang malah nggak tahu bagaimana cara menjadi bahagia karena sibuk mencari tahu bahagia itu apa. Sebenarnya banyak kok yang bisa menjadikan bahagia, mulai dari hal-hal kecil dalam kehidupan bisa jadi hal yang menyenangkan.

Selain bingung mencari arti kebahagian mungkin selama ini kamu dekat dengan orang yang nggak bahagia sama hidupnya. Kalau kamu pikir ini hal yang nyebelin sebenarnya kamu bisa lho belajar bahagia lewat orang-orang ini. Caranya gampang coba deh perhatikan lima hal ini dari orang yang nggak bahagia ini . Lima hal inilah yang bisa membuatmu belajar bahagia setiap hari!

1. Terusan-terusan komplain

Satu hal yang pasti bisa kamu ketahui dari orang yang nggak bahagia adalah dia sering banget komplain. Hampir setiap saat dia komplain soal segalanya mulai masalah terkecil di hidupnya seperti salah dibuatin minuman sampai masalah besar. Nah dari hal ini kamu bisa belajar arti bersyukur nih hal-hal kecil yang selama ini kamu anggap angin lalu bisa jadi hal yang membahagiakan untuk kehidupan sehari-harimu.

2. Bergosip tentang orang lain

Siapa sih yang nggak suka sama gosip, mungkin kamu juga salah satu orang yang suka gosip. Bedanya orang yang nggak bahagia terlalu sering gosipin orang bahkan orang-orang yang nggak dikenal secara personal. Kamu yang ingin lebih bahagia bisa mengurangi kadar gosip nggak penting kayak gini nih. Daripada ngegosipin orang coba deh hal lain misalnya membicarakan ide seru bareng teman, siapa tahu ide-ide ini bisa menjadi usaha yang menguntungkan.

Baca juga: 4 Tips Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Bahagia

3. Terlalu kritis dalam menilai orang atau suatu kejadian

Ok jadi orang yang kritis memang baik tapi jangan kebablasan ya! Nggak semua hal di dunia ini harus dikritisi dengan keras atau dinilai secara berlebihan. Cara ini nggak akan membuatmu bahagia sama sekali, terlalu kritis malah akan membuatmu membanding-bandingkan dan jatuhnya malah akan membebani kamu.

4. Terus menerus menyesal

Ingat apapun yang sudah kamu lakukan tidak bisa ditarik kembali. Makanya jangan terus menerus menyesal, hal ini lah yang membuat dirimu nggak bahagia. Coba deh perhatikan pasti ada saja orang yang punya kebiasaan menyelahkan diri sendiri atau menyesal, orang-orang ini biasanya terlihat lebih gloomy atau sedih. Jadi jangan terus-terusan menyesal dengan apa yang sudah kamu lakukan ya! Coba untuk menerima dengan lapang dada semua kesalahan yang pernah kamu buat.

[promotion_banner id=”595416″ title=”Promo Belanja Online, Kode Voucher Toko Online, Diskon, dan Kupon” image_url=”https://content.shopback.com/id/wp-content/uploads/2017/12/28181700/847×100.png”]

5. Bersikap sangat berlebihan pada keadaan yang sulit atau nggak baik

Setiap orang memilki cara yang berbeda untuk menghadapi permasalahan. Orang yang cenderung nggak bahagia dengan hidupnya selalu berlebihan menyikapi setiap masalah. Kalau lagi senang jatuhnya pamer dan kalau lagi sedih jatuhnya minta dikasihani. Nah sikap yang begini bisa membuatmu malah nggak bahagia. Jadi mulai sekarang cobalah untuk selalu bersikap netral, senang boleh asal nggak berlebihan begitu juga saat kamu terkena masalah.

Sebenarnya nggak susah untuk menjadi orang yang bahagia, kamu bisa mengindari lima hal ini jika ingin bahagia. Jangan lupa juga untuk bersyukur ya ShopBackers!

“Kalau kamu lagi merasa nggak bahagia coba deh untuk traveling. Langsung saja pesan penginapan di Booking.com lewat ShopBack dan dapatkan cashback terbaiknya. Klik di sini!”

Featured image: Freepik

All image: Freepik