Di era new normal, tidak hanya beberapa perusahaan dan perkantoran saja yang kembali beroperasi, tapi juga fasilitas umum lainnya, seperti mall, restoran, dan juga hotel. Untuk kamu yang rencana mau staycation di hotel, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang peraturan new normal di hotel yang berlaku.

Simak di sini protokol kesehatan new normal di hotel yang dirangkum dari Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Aturan New Normal di Hotel untuk Pihak Pengelola Hotel

new normal untuk pengelola hotel
Sumber gambar: pexels.com

1. Memperhatikan informasi terkini serta himbauan pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait COVID-19 di wilayahnya. Informasi ini secara berkala dapat diakses pada laman https://infeksiemerging.kemkes.go.id, www.covid19.go.id, dan kebijakan pemerintah daerah setempat.

2. Memastikan seluruh pekerja hotel memahami tentang pencegahan penularan COVID-19.

3. Memasang media informasi di lokasi-lokasi strategis untuk mengingatkan pengunjung agar selalu mengikuti ketentuan jaga jarak minimal 1 meter, menjaga kebersihan tangan dan kedisplinan penggunaan masker.

4. Menyediakan hand sanitizer di pintu masuk, lobby, meja resepsionis, pintu lift, dan area publik lainnya.

5. Menjaga kualitas udara dengan mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari, serta melakukan pembersihan filter AC.

6. Melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala (paling sedikit tiga kali sehari) menggunakan pembersih dan disinfektan pada area atau peralatan yang digunakan bersama seperti pegangan pintu dan tangga, tombol lift, pintu toilet dan fasilitas umum lainnya.

7. Larangan masuk bagi karyawan yang memiliki gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan sesak nafas. Karyawan mengisi formulir self assessment risiko COVID-19 sebelum masuk bekerja  dan dilakukan pemeriksaan suhu.

Pihak pengelola perlu menerapkan aturan-aturan di tiap ruangan hotelnya. Berikut ini protokol kesehatan new normal di hotel yang diterapkan di lobby, kamar dan kolam renang hotel yang perlu kamu tahu.

Protokol Kesehatan New Normal di Lobby Hotel:

New Normal di Lobby Hotel
Sumber gambar: pexels.com

1. Melakukan pengukuran suhu tubuh di pintu masuk tamu dan karyawan. Apabila ditemukan suhu > 37,3 derajat celcius (2 kali pemeriksaan dengan jeda 5 menit), tidak diperkenankan masuk.

2. Petugas menanyakan dan mencatat riwayat perjalanan tamu dan diminta mengisi self assessment risiko COVID-19. Jika hasil self assessment memiliki risiko besar COVID-19, agar diminta melakukan pemeriksaan kesehatan ke fasilitas pelayanan kesehatan terlebih dahulu atau menunjukan hasil pemeriksaan bebas COVID-19 yang masih berlaku.

3. Menerapkan jaga jarak yang dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengatur antrian di pintu masuk, di depan meja resepsionis dengan pemberian tanda di lantai, mengatur jarak antar kursi di lobby, area publik dan lain sebagainya.

4. Menyediakan sarana untuk meminimalkan kontak dengan pengunjung misalnya pembatas atau partisi mika di meja resepsionis, pelindung wajah (faceshield), penggunaan metode pembayaran non tunai, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Hotel Bintang 4 di Jakarta yang Terbaik, Harga di bawah 1 Juta

Protokol Kesehatan New Normal di Kamar Hotel:

 New Normal di Kamar Hotel
Sumber gambar: pexels.com

1. Melakukan pembersihan dan disinfeksi pada kamar sebelum dan sesudah digunakan tamu meliputi pegangan pintu, meja, kursi, telephone, kulkas, remote TV dan AC, kran kamar mandi dan fasilitas lain yang sering disentuh tamu.

2. Memastikan proses pembersihan dan disinfeksi kamar dan kamar mandi, serta peralatan yang telah digunakan tamu.

3. Pastikan mengganti sarung bantal, sprei, hingga selimut dengan yang telah dicuci bersih.

4. Penyediaan handsanitizer di meja.

 

Protokol Kesehatan New Normal di Ruang Makan Hotel:

New Normal di Ruang Makan Hotel
Sumber gambar: pexels.com

1. Mewajibkan setiap orang yang akan masuk ruang makan untuk mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

2. Pengaturan jarak antar kursi minimal 1 meter dan tidak saling berhadapan. Dalam hal tidak dapat diterapkan pengaturan jarak dapat dilakukan upaya rekayasa teknis lain seperti pemasangan partisi antar tamu berhadapan di atas meja makan.

3. Tidak menggunakan alat makan bersama-sama. Peralatan makan di atas meja makan yang sering disentuh diganti dalam bentuk kemasan sekali pakai.

4. Mewajibkan semua pekerja yang kontak langsung dengan makanan untuk mengenakan alat pelindung diri seperti penutup kepala, sarung tangan, celemek, dan masker. Sarung tangan harus segera diganti setelah memegang barang selain makanan.

5. Tidak menerapkan sistem prasmanan atau buffet. Apabila menerapkan sistem tersebut agar menempatkan petugas pelayanan pada stall yang disediakan dengan menggunakan masker serta sarung tangan, pengunjung dalam mengambil makanan dilayani oleh petugas dan tetap menjaga jarak minimal 1 meter. Semua peralatan makan wajib dibersihkan dan didisinfeksi sebelum digunakan kembali.

6. Untuk meminimalisasi pelayanan makanan secara buffet (prasmanan), juga dapat dilakukan dengan menggunakan opsi nasi kotak atau take away, dan variasi lainnya dengan jenis makanan yang tidak banyak namun kualitas lebih baik.

 

Protokol Kesehatan New Normal di Kolam Renang Hotel:

new normal di kolam renang hotel
Sumber gambar: pexels.com

1. Memastikan air kolam renang menggunakan desinfektan dengan clorin 1-10 ppm atau bromin 3-8 ppm sehingga pH air mencapai 7.2 – 8 dilakukan setiap hari dan hasilnya diinformasikan di papan informasi agar dapat diketahui oleh konsumen.

2. Pengelola melakukan pembersihan dan disinfeksi terhadap seluruh permukaan disekitar kolam renang seperti tempat duduk, lantai dan lain-lain.

3. Menerapkan jaga jarak di ruang ganti.

4. Pastikan tamu yang akan menggunakan kolam renang dalam keadaan sehat, dengan mengisi form self assesment risiko COVID-19. Bila dari hasil self assesment masuk dalam kategori risiko besar tidak diperkenankan untuk berenang.

5. Batasi jumlah pengguna kolam renang agar dapat menerapkan jaga jarak.

6. Gunakan semua peralatan pribadi masing-masing.

7. Gunakan masker sebelum dan setelah berenang.

Baca juga: 10 Pilihan Hotel Dekat Malioboro Jogja, dari yang Murah Hingga Mewah

Aturan New Normal di Hotel untuk Tamu yang Menginap:

New Normal di Hotel untuk Tamu
Sumber gambar: pexels.com

1. Memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum keluar rumah, Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas tetap di rumah dan periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila berlanjut.

2. Selalu menggunakan masker selama perjalanan dan saat berada di area publik.

3. Menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan handsanitizer.

4. Hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut.

5. Tetap memperhatikan jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

6. Membawa alat pribadi termasuk peralatan ibadah sendiri seperti alat sholat.

Sudah tahu, kan apa saja yang perlu kamu perhatikan jika ingin menginap di hotel saat era new normal berlangsung ini. Prinsip umum dari protokol kesehatan  new normal di hotel yang telah dipaparkan di atas intinya adalah selalu gunakan masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, dan tingkatkan imunitas tubuh. 

Kalau kamu mau menginap di hotel, kamu bisa pesan kamarnya di Agoda, Booking.com, atau Tiket.com melalui ShopBack untuk dapat tambahan cashback. Selamat staycation, ya ShopBackers!

Pesan Hotel Lewat ShopBack di Sini