Tinggal di Jakarta pasti membuatmu bosan dengan pilihan hiburan yang itu-itu saja. Ke mall lagi, ke mall lagi. Nggak ada variasinya. Nggak perlu jauh-jauh ke Bali untuk dapatkan variasi dalam liburan. Kamu bisa geser sedikit ke Kota Hujan, Bogor dan dapatkan segudang pilihan wisata yang pastinya akan segarkan pikiran. Dari banyak destinasi wisata yang ada di Bogor, mari kita mulai dengan wisata alamnya.

1. Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Curug Bidadari Sentul Paradise Park
Sumber gambar: instagram.com/febiollaaaaa

Bogor menjadi kota yang dikenal dengan wisata alam curug atau air terjunnya. Salah satunya adalah Curug Bidadari yang sekarang dikelola oleh Sentul Paradise Park. Sebelumnya curug ini bernama Curug Bojongkoneng karena letaknya di Desa Bojongkoneng di daerah Sentul City. Curug ini memiliki tinggi 40-75 meter dengan sumber dari sebuah mata air di hutan lindung.

Setelah dikelola oleh Sentul Paradise Park, di bawah air terjun Curug Bidadari ini dijadikan sebuah wahana permainan air yang memiliki luas kurang lebih 6.000 m2. Di wahana ini, kamu dapat merasa seperti berada di pantai berpasir putih yang didatangkan langsung dari Pulau Bangka. Wahana tersebut memiliki panjang 150 meter.

Cek juga :

2. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor
Sumber gambar: instagram.com/mkd_aan

Saat bermain ke Bogor, terutama saat singgah di Kebun Raya Bogor kamu akan singgah sebentar di tepi-tepi pagar Istana Negara Bogor karena di sana ada rusa di sana. Tinggal di kota, melihat hewan seperti rusa pasti membuat kamu gemas sehinnga ingin menyentuhnya dan memberiknya makan, bukan? Namun sayangnya, kamu tidak bisa berinteraksi dengan mereka sampai puas karena keterbatasan waktu dan tempat.

Sebagai solusi, kamu mungkin bisa berkunjung ke Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor. Tempat yang sudah berdiri sejak 26 tahun lalu memiliki luas sampai dengan 5 hektar.

Di penangkaran ini, kamu bisa melihat beberapa jenis rusa seperti Rusa Jawa, Rusa Cheetal dan Rusa Bawean. Di sini Kamu bisa bebas memberikan makan serta berfoto bersama rusa-rusa itu. Selain bersama rusa, kamu juga bisa menemukan spot foto epic lainnya di sebuah jembantan gantung yang terbentang di atas Sungai Cibeet.

Penangkaran rusa ini pun menyediakan wahana permainan outbound yang perlu kamu coba agar tidak bosan hanya bermain rusa seharian. Jika kamu suka berkemah bersama teman-teman dan ingin menikmati api unggun, kamu pun bisa melakukannya di sana. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor memiliki sebuah lapangan kemah yang cukup hingga untuk 200 orang, lho!

Bila kamu tertarik untuk mengunjungi rusa-rusa manis tersebut, kamu bisa datang langsung ke Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari. Selamat bermain bersama rusa.

3. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas
Sumber gambar: instagram.com/ocepic_life

Ingin membuktikan sejauh mana keindahan bunga sakura tapi belum memiliki budget yang cukup untuk bisa terbang ke Negeri Sakura? Tak perlu khawatir. Indonesia juga punya pohon sakura kok! Nggak perlu jauh-jauh, kamu hanya perlu pergi ke Kebun Raya Cibodas yang hanya berjarak sekitar 3 jam dari Jakarta. Beneran nggak jauh kan? Oke lah jika dibandingkan kamu harus ke Jepang.

Di Kebun Raya Cibodas kamu bisa menemukan lebih dari 435 pohon sakura. Namun kamu tidak bisa melihat bunganya setiap saat. Musim mekar pohon sakura yaitu di antara bulan Januari-Februari atau pada bulan Juli-Agustus. Mekar selama dua kali dalam setahun, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat sendiri kecantikan bunga sakura merah muda tersebut! Kalau kamu mau menjadikannya sebagai lokasi foto pre-wedding juga boleh banget kok. Nggak sedikit juga kok pasangan yang melaksanakan sesi foto pre-wedding di sana.

Kalau kebetulan kamu kesana dan sedang nggak berbunga, jangan kecewa dulu. Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas tetap cantik kok! Kamu bisa melihat koleksi tanaman-tanaman langka lainnya, seperti pohon-pohon yang telah berusia sangat tua atau menikmati lapangan rumput yang luas. Rasanya kamu bisa berguling di sana atau membuat piknik bersama pasangan dan keluarga. Ada juga rumah kaca dan air terjun serta air mancur dan kolam di dalamnya.

Untuk tiket masuknya sendiri, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp9.500. Kamu bisa masuk ke Kebun Raya yang berlokasi di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur ini.

4. Gunung Pancar

Gunung Pancar
Sumber gambar: instagram.com/gunungpancar

Penat dengan kesibukan, kamu pasti membutuhkan relaksasi kan agar bisa kembali berfungsi dengan baik dan segar seperti sebelumnya? Bogor, tepatnya di Gunung Pancar yang terkenal itu bisa menyediakannya untuk kamu. Perkampungan sekitar Gunung Pancar akan menenangkanmu karena berudara segar dari hutan pinus alami. Semua ketegangan yang bergelut dalam dirimu pasti akan terusir. Atau kalau belum puas, kamu bisa merasa semakin relaks lagi dengan berendam di pemandian air panasnya.

Kalau kamu suka berolahraga, gunung ini juga cocok untuk kamu jelajahi lebih jauh lagi. Berada di ketinggian 300 – 800 mdpl, kamu bisa melakukan downhill yang menantang adrenalin di sini. Kamu juga bisa hiking, jogging atau bahkan trail. Di sini juga ternyata menyediakan fasilitas untuk berkuda lho. Lengkap sekali, ya!

Kalau kamu ingin berada di sini lebih lama dan menikmati alam serta menyatu di dalamnya, kamu bisa juga berkemah di sini bersama teman-teman. Menikmati pemkampungan hutan pinus yang menjulang tinggi dan indah menjadi hal yang perlu dicoba. Jangan lupa untuk saling berbagi cerita dan menyanyi bersama di api unggun, ya!

5. Curug Cigamea

Curug Cigamea
Sumber gambar: instagram.com/nabillaalp_

Bogor memang memiliki banyak curug. Salah satunya adalah yang terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan. Ia disebut-sebut sebagai curug paling indah yang ada di Bogor. Hal ini disebabkan keunikannya di mana terdapat dua air terjun kembar di sana. Serupa tapi tak sama!

Curug pertama memiliki ketinggian 50 meter dan berada di celah tebing. Aliran air yang ada di sana terlihat seperti membelah batu lama yang berwarna hitam kecokelatan. Aliran air dari curug ini cukup deras dengan kolam air di bawahnya yang juga cukup luas. Airnya pun berwarna biru kehijauan yang artinya memiliki kedalaman yang cukup tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai tempat berenang. Namun, jangan lupa untuk tetap berhati-hati, ya!

Curug lainnya, memiliki ciri khas yaitu tebing curam berbentuk seperti dinding dan didominasi oleh bebatuan hitam. Lokasi curug yang kedua ini berada di dekat pintu masuk Curug Cigamea. Namun berbeda dengan curug yang pertama, kolam yang berada di bawah curug ini tidak lah dalam dan tidak begitu luas. Akibatnya, kamu berserta pengunjung lainnya tidak dapat berenang di sana.

6. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo
Sumber gambar: instagram.com/alwanhakim19

Satu lagi curug yang terkenal dari Bogor yaitu Curug Leuwi Hejo. Disebut Leuwi Hejo karena warna airnya yang hejo atau hijau dalam Bahasa Indonesia. Curug yang satu ini rupanya ramai dikunjungi oleh kaum milenial lho!

Apa sih yang membuatnya menarik milenial untuk pergi ke sana? Nggak lain dan nggak bukan karena keindahannya. Cocok sekali untuk milenial yang mementingkan konten visual Instagramnya. Padahal, air terjun yang berada di sana pun tidak tinggi seperti Curug Cigamea. Meski begitu, kamu tetap bisa berendam di kolam air terjunnya sambil menikmati kesejukan air hijaunya.

7. Curug Ciburial

Curug Ciburial
Sumber gambar: instagram.com/aditpw23

Curug di Bogor benar-benar nggak ada habisnya, ya? Masih ada satu lagi nih, Curug Ciburial yang berada di Desa Cibeurem Sentul. Ternyata, curug ini disebut sebagai curug kembar lho! Ada dua air terjun di sana yang letaknya saling bersampingan.

Pemandangan yang indah dan unik dari air terjun kembar akan memanjakan mata kamu. Begitu juga dengan suara gemercik air ketika bersentuhan dengan kolam yang berada di bawahnya, pasti kamu merasakan efek yang menenangkan. Ditambah lagi dengan udara pegunungan yang sejuk dan dingin, semakin membuat kamu relaks dan lupa sejak dengan semua beban dan masalah yang ada.

Sebenarnya, kamu juga bisa berendam dan berenang di kolam curug kembar ini. Namun, kamu harus sangat berhati-hati dan berani karena aliran arus di kolam ini cukup deras. Jangan sampai kamu terbawa arus dan membahayakan diri sendiri. Ingat! Keluarga masih menunggu di rumah.

8. Leuwi Lieuk

Leuwi Lieuk
Sumber gambar: instagram.com/anisaaprini

Mau destinasi wisata alam lainnya selain curug. Nih, ada Leuwi Lieuk. Apa tuh Leuwi Lieuk? Kok namanya agak susah ya?

Leuwi, kalau dalam Bahasa Sunda itu artinya lubuk atau bagian terdalam dari sungai. Nah, Leuwi Lieuk ini karena kedalamannya memiliki air yang berwarna hijau tosca dan kolamnya dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Untuk mencapai ke Leuwi Lieuk ini, kamu perlu trekking sedikit di tepi sungai dan melewati Leuwi Cepet selama lima menit saja. Cepat kan? Seperti namanya, Leuwi Cepet.

Mungkin jalur yang ditempuh untuk menuju ke Leuwi Lieuk ini cukup sulit dan agak rumit ya menurut kamu. Tapi patut disyukuri lho! Akses yang cukup menantang ini membuat banyak orang belum mengetahui keberadaannya, sehingga tempat ini masih sangat terasa alami dan asri.

Oleh sebab itu, kamu saat bermain di sana jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungan supaya orang-orang yang datang setelah kamu tetap bisa merasakan keaslian dari Leuwi Lieuk ini. Untuk menjaga kebersihan dan keaslian Leuwi Lieuk, kamu bisa membawa kantong sampah atau membawa makanan dari tempat makan sehingga tidak perlu membuang sampah sembarangan dan mengotori lingkungan yang ada. Kamu bisa mendapatkan semua itu dengan sangat mudah di ShopBack. Kamu akan menemukan kantong sampah dalam berbagai ukuran bahkan yang ramah lingkungan dan yang dapat mengurai dengan cepat sekali pun. Langsung aja dipesan agar kamu bisa jalan-jalan dengan tenang dan tetap menjaga kebersihan.

9. Danau Quarry

Danau Quarry
Sumber gambar: instagram.com/laxmii_sbdr

Curug sudah. Leuwi sudah. Apa lagi nih? Oh ya, danau! Ada sebuah danau yang juga ramai dikunjungi para wisatawan karena warnanya yang unik yaitu hijau tosca. Ia adalah Danau Quarry yang berada di Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg.

Dulunya, danau ini bernama Danau Jayamix Rumpin dan merupakan sebuah lokasi pertambangan pemecah batu beton. Namun, ia ditutup karena dinilai mengganggu ketenangan warga setempat. Lama terbengkalai, tempat ini menampung air selama bertahun-tahun sehingga sekarang nampak seperti danau alami.

Hijaunya danau ini menjadi daya tarik untuk mereka yang senang berfoto. Meski begitu, perlu usaha ekstra untuk mencapai kesana karena akses jalan yang sulit dan belum rapi.

10. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta
Sumber gambar: instagram.com/mister.chickenbutt

Spot hunting foto lainnya yang bisa mewarnai feed Instagram kamu adalah Pura Parahyangan Agung Jagatkartta. Pura berukuran cukup besar ini akan membuat kamu merasakan atmosfer seakan sedang berada di Bali. Gunung Salak yang menjadi latar belakang pura ini pun membuatnya tidak kalah indah dengan yang ada di Bali.

Untuk menjaga kenyamanan jemaat dalam beribadah, kamu tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam. Meski begitu, kamu tetap bisa berfoto di depan pura sambil menikmati pemandangan indah ini beserta dengan udara segar pegunungan.

11. Bukit Alesano

Bukit Alesano
Sumber gambar: instagram.com/rahmameimei

Kalau kamu suka dengan suasana pegunungan atau perbukitan, mungkin akan penasaran dengan Bukit Alesano yang berada di Cipelang, Kecamatan Cijeruk. Dari atas bukit kamu bisa menikmati pemandangan kota pada siang hari atau juga pemandangan langit penuh bintang di malam hari. Selain itu, kamu juga bisa melihat kemegahan Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak dari sini.

Bukit Alesano dinobatkan sebagai salah bukti yang menawarkan pemandangan terbaik. Meski begitu, ia belum memiliki fasilitas yang lengkap karena kehadirannya yang masih baru. Kamu perlu persiapan yang matang sebelum naik ke sini, namun semua akan terbayar saat melihat indahnya pemandangan dari atas sana kok!

12. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Sumber gambar: instagram.com/satasuke

Untuk kamu yang memiliki konsen terhadap kesehatan dan mencari pengobatan-pengobatan yang alami langsung dari alam, bisa banget mengunjungi Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng di Kecamatan Parung. Pemandian air panas ini dipercaya mengandung belerang alami sehingga ia ramai didatangi mereka yang ingin berobat. Belerang diyakini memiliki kandungan yang dapat mengobati penyakit kulit dan tulang. Ia juga mengandung garam yang dapat membuat kulit kamu menjadi lebih halus dan mulus.

Selain pemandian itu sendiri, di sini kamu bisa bermain bersama anak-anak maupun keluarga di fasilitas pemainan anak-anak dan juga outbound. Tak lupa, mereka pun menyediakan terapi tradisional seperti bekam maupun terapi dengan menggunakan atau lintah yang berguna untuk mengeluarkan zat-zat negatif dari dalam tubuh.

Untuk menikmati semua fasilitas ini, kamu hanya perlu membayar Rp50.000. Murah meriah, kan? Cocok banget nih buat kamu yang butuh penyegaran tapi sudah mentok di akhir bulan dengan dana yang pas-pasan.

13. Pemandian Air Panas Ciparay

Sumber gambar: instagram.com/yogarieff

Selain pemandian air panas di Parung, ada juga Pemandian Air Panas Ciparay yang terletak di Kawasan Taman Nasional Halimun, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan. Di pemandian ini terdapat dua buah kolam yang ukurannya tidak terlalu besar. Kamu dapat berendam di sana dan melemaskan tubuh dari segala kepenatan yang membuat kamu tegang dan nggak nyaman.

Namun, sebelum bisa melemaskan tubuh kamu perlu sedikit berolahraga karena harus melewati 400 anak tangga setiap mengunjungi pemandian tersebut. Kalau bolak-balik, ya kamu sudah melewati 800 anak tangga lah dalam sehari. Banyak juga ya kalori yang terbakar dari trekking itu saja. Semangat!

14. Curug Hordeng

Curug Hordeng
Sumber gambar: instagram.com/begz_bagyo

Jadi, ada satu lagi nih curug yang ada di Bogor dan bisa kamu datangi sebagai destinasi wisata alam lainnya. Kata hordeng di Curug Hordeng berasal dari kata gorden. Dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, gorden berarti tirai. Air terjun ini dinamai Curug Hordeng karena bentuknya yang memanjang seperti tirai di rumah-rumah.

Curug Hordeng ini cukup digemari oleh masyarakat karena di sana batu-batunya tidak terlalu curam. Selain itu, air yang mengalir pun jernih dan bening sehingga banyak yang berenang dan bermain di kolam air terjun tersebut.

15. Curug Cilember

Curug Cilember
Sumber gambar: instagram.com/dea.kariza

Satu lagi curug yang terkenal di Kota Seribu Curug, Bogor yaitu Curug Cilember. Curug yang satu ini memiliki keunikan yaitu memiliki tujuh lapis air terjun dimana satu aliran sungai utama dibagi menjadi tujuh aliran air terjun yang indah dan memukau.

Dari ketujuh air terjun dari Curug Cilember, curug ketujuh adalah yang paling mudah diakses oleh wisatawan. Inilah yang menyebabkan ia menjadi air terjun yang paling ramai dikunjungi. Sementara untuk curug keenam dan kelima membutuhkan usaha yang lebih banyak dengan rute yang lebih sulit.

Untuk bisa menikmati keindahan Curug Cilember ini kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp12.000 per orang. Curug Cilember ini terletak di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua.

Sudah puas wisata alam dari curug ke curug, kamu juga bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata keluarga di Bogor.tempat-tempat ini adalah tempat-tempat yang tidak hanya menyenangkan tapi juga ramah bagi anak-anak. Yuk disimak!

16. Little Venice Kota Bunga Puncak

Little Venice Kota Bunga Puncak
Sumber gambar: instagram.com/dinibudiarti

Kota Bunga merupakan kompleks villa dan perumahan yang ada di daerah Puncak. Ia sudah terkenal sejak dulu. Namun, akhir-akhir ini kembali menarik perhatian khalayak ramai karena adanya sebuah wahana baru yang disebut dengan Little Venice.

Sesuai namanya, konsep wahana ini meniru kota Venice yang ada di Italia. Terdapat kanal-kanal dengan di antara bangunan-bangunan dengan gondola yang didayung menjadi alat transportasinya. Untuk pengalaman yang lebih riil, kamu pun dapat mendayun gondolamu sendiri. Seru sekali pastinya!

Nggak hanya gondola yang bisa kamu naiki, kamu juga bisa merasakan nuasansa berada di atas sebuah kapal dengan nuasansa Barat dengan Mississipi Boat Ride. Selain itu, ada juga permainan lainnya seperti sepeda untuk anak-anak atau perahu bebek yang bisa juga kamu coba.

Di samping mirip dengan Venice di Italia, Little Venice juga menampilkan bangunan-bangunan dengan desain khas dari negara-negara di berbagai kawasan di dunia. Mulai dari rumah bergaya Asia, Eropa, Amerika sampai dengan Australia.  Rumah dengan desain-desain khas ini menjadi daya tarik tersendiri dan ramai dijadikan tempat foto bagi kamu yang menyukai fotografi atau pejuang konten. Anak-anak pun menyukai bangunan-bangunan ini karena desainnya yang menarik dan juga lucu.

Untuk menikmati semua wahana yang ditawarkan oleh Little Venice, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp20.000 untuk tiket masuk tiap orangnya. Kamu pun bisa masuk dan menikmati bangunan-bangunan tersebut, mencoba gondola dan menikmati pemandangan bunga yang indah.

17. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari
Sumber gambar: mekarsari.com

Untuk kamu yang menyukai buah-buahan rasanya cocok untuk datang ke Taman Wisata Mekarsari. Di sana kamu bisa merasakan sensai untuk memetik buah sendiri, memakannya langsung dari pohon atau bahkan membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk tetangga di rumah.

Taman Wisata Mekarsari sendiri adalah taman buah terbesar yang ada di Indonesia. Di dalamnya terdapat 100.000 pohon dengan 1.470 jenis tanaman buah. Berkunjung ke Taman Wisata Mekarsari bisa menjadi sarana edukasi yang menyenangkan dan interaktif untuk mengenalkan jenis-jenis buah dan sayuran serta sistem penanamannya kepada anak.

Taman yang berada di Jalan Raya Cileungsi, Jonggo KM 3 ini juga mengusung tema reboisasi yang menekankan perbaikan hutan kepada anak-anak, begitu juga dengan tema konservasi yang menjaga keberlangsungannya. Meski begitu, konsep rekreasinya tetap hadir dan dapat dirasakan dengan nyata. Sebab di sana juga terdapat wahana outbound yang menghadirkan banana boat, perahu bebek, floating doughnut serta wahana lainnya yang bisa kamu coba bersama keluarga.

18. Taman Safari Indonesia

taman safari indonesia
Sumber gambar: GNFI

Sudah belajar mengenai buah dan sayuran, rasanya perlu juga nih belajar mengenai jenis-jenis hewan. Di Bogor terdapat sebuah kebun binatang yang sangat terkenal dan menjadi pilihan pertama masyarakat untuk berekreasi dan bertemu hewan-hewan liar di habitatnya. Yap benar! Apalagi kalau bukan Taman Safari Indonesia.

Taman Safari Indonesia berada di Jalan Raya Puncak No. 601 dan merawat lebih dari 2.500 spesies satwa dunia. Di sana kamu tidak hanya bisa bertemu dengan hewan-hewan saja, kamu juga memiliki kesempatan untuk memberikannya makan serta berinteraksi dengan mereka pada saat pagi atau sore hari. Uniknya, Taman Safari Indonesia juga menyediakan Safari Night atau melakukan safari pada malam hari.

Bersafari di malam hari akan menjadi pengalaman tersendiri bagi kamu. Kamu akan menemukan hewan-hewan nokturnal yang aktif beraktifitas pada malam hari seperti burung hantu atau kelelawar. Binatang-binatang ini cenderung bersembunyi dan beristirahat di sarangnya masing-masing pada saat pagi dan sore hari.

Selain program safari pada dua waktu yang berbeda, di siang dan malam hari, kamu dan keluarga juga bisa bertemu dan berinteraksi juga dengan hewan-hewan mungil yang lucu. Dengan memilih program Baby Zoo, kamu bisa bermain bersama mereka bahkan berfoto bersamanya.

Taman Safari Indonesia memang dikenal memiliki harga tiket yang cukup tinggi jika dibandingkan destinasi wisata yang lainnya. Namun, dengan segala kegiatan yang ditawarkannya, harga tersebut sangatlah sebanding. Terbukti juga dengan tidak pernah sepinya kebun binatang ini.

Untuk bisa merasakan liburan yang dekat dengan satwa-satwa liar ini, kamu bisa memesan tiket masuknya langsung dari ShopBack! Kamu bisa mengelilingi taman dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jenis tiketnya pun berbeda, ya. Jadi jangan sampai salah, ShopBackers!

19. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara
Sumber gambar: instagram.com/sulistiyo_aji

Untuk kamu yang menyukai tanaman terutama bunga-bunga dalam berbagai warna, rasanya perlu untuk berkunjung ke Taman Bunga Nusantara yang terletak di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Taman bunga ini menghadirkan beragam jenis tanaman yang dibuatkan konsep dengan tema-tema unik dan menarik yang terinspirasi dari kota-kota besar yang ada di dunia. Selain menikmati bunga-bunga, kamu pun bisa belajar mengenai cara menanam dan melestarikan mereka.

Saat berjalan-jalan di sana, kamu akan menemukan sebuah danau yang terletak di tengah Taman Bunga Nusantara. Ia dikenal sebagai Danau Angsa karena di dalam danau ini terdapat dua ekor angsa yaitu satu angsa putih dari Australia dan satu angsa hitam dari Eropa.

Tidak hanya danau, kamu juga bisa bermain petak umpet bersama anggota keluarga yang lain di Secret Labyrinth. Ia adalah taman yang dibuat dengan berberapa lorong-lorong, ada yang berliku dan memiliki ujung, adapula yang buntu. Seperti namanya, taman tersebut sengaja dibuat seperti itu agar menjadi labirin. Namun tak usah takut kalau kebingungan dan tersasar di dalam taman tersebut, akan ada pemandu yang membantu kamu keluar dari labirin rahasia tersebut.

20. The Highland Park Resort

The Highland Park Resort
Sumber gambar: instagram.com/elrikadwimarsya

The Highland Park Resort merupakan sebuah hotel yang mengusung tema kemah-kemah Mongolia. Dengan konsep yang unik ini, The Highland Park Resort menjadi hotel dengan tema yang jarang ditemukan tak hanya di Bogor dan Indonesia tapi sampai di seluruh kawasan Asia Tenggara.

The Highland Park Resort kemudian dikenal juga sebagai Mongolian Camp Bogor. Perkemahan ini menawarkan akomodasi yang terbilang mewah. Kamu bisa tidur di dalam sebuah tenda ala Mongolia, namun di dalamnya terdapat fasilitas lengkap seperti pada hotel umumnya seperti sofa, tempat tidur, toilet, dan pendingin ruangan semuanya akan tersedia di dalam tenda.

Mongolian Camp Bogor ini terletak di daerah yang cukup strategis yaitu di Jalan Curug Nangka Kampung Sinarwangi, Taman sari yang terletak di Gunung Salah, Gunung Nangka dan juga wisata Kuil Buddha. Jadi, selain kamu bisa menikmati sensasi bermalam yang berbeda dan unik, kamu juga bisa singgah di beberapa tempat tersebut.

Di samping itu, kamu juga dimanjakan dengan fasilitas lainnya. Ada flying fox yang dapat memacu adrenalin kamu, ada juga fasilitas berkuda bagi kamu yang ingin merasakan berkuda bagai pangeran di dongeng-dongeng. Jangan lupa, ada juga kolam renang yang bisa membuat kamu relaks sejenak.

21. Fly Indonesia Paragliding

Fly Indonesia Paragliding
Sumber gambar: instagram.com/rahmi_jamilah

Kalau flying fox di Mongolia Camp Bogor masih kurang menantang, kamu bisa mencoba yang benar-benar menantang. Yuk coba paragliding, salah satu jenis olahraga udara dimana kamu akan memakai parasut dan terbang dari puncak bukit. Pasti cocok nih untuk kamu pecinta adrenalin.

Kamu bisa datang ke Fly Indonesia Paragliding yang memiliki ketinggian 1,3 kilometer dari atas permukaan laut. Tertantang nggak kamu? Masih berani? Langsung coba! Tenang saja, kalau masih ragu-ragu, kamu bisa ditemani oleh instruktur yang professional kok. Jadi, kamu nggak perlu takut untuk terbang sendirian. Untuk peralatan paralayang yang digunakan pun adalah peralatan dengan kualitas yang baik, jadi aman untuk keselamatan kamu.

Jika kamu sudah siap untuk terbang di atas langit Bogor, kamu bisa langsung datang ke Jalan Raya Puncak KM 87, Bukit Paralayang, Puncak. Jangan lupa kenakan pakaian yang nyaman untuk digunakan serta kamera untuk mengabadikan momen terbang dengan parasut pertama kamu.

Belum punya kamera untuk memotret Bogor dari atas langit atau merekam ekspresi deg-degan kamu di udara? Rasanya kamu perlu cek ShopBack untuk bisa abadikan momen yang jarang dilakukan ini. ShopBack menyediakan berbagai jenis kamera yang cocok untuk kegiatan semacam ini!

22. Rafting Sungai Cisadane

Rafting Sungai Cisadane
Sumber gambar: instagram.com/rafting_cisadane

Satu lagi olahraga air yang juga menantang adrenalin adalah rafting di Sungai Cisadane, Bogor yang berada di Kecamatan Caringin. Sungai ini memiliki panjang sekitar 80 kilometer yang berawal di Bogor dan berakhir di Tangerang, Banten.

Kalau kamu mau ingin mencoba rafting di sini akan ada dua area yang bisa kamu pilih, yaitu area mudah untuk pemula dan area sulit untuk profesional. Meski kedua arena memiliki kesulitan yang berbeda, biasanya setiap satu track rafting akan memakan waktu selama 1,5 – 2 jam.

Selama rafting, kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat indah ditambah dengan udara yang sejuk. Jangan lupa juga ya dengan alur arung jeram yang seru dan menantang adrenalin. Untuk menikmati rafting ini, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp200.000 – Rp225.000.

23. The Jungle Water Adventure

Sumber gambar: instagram.com/thejunglebogor

Kalau ingin bermain air tapi nggak berani yang ekstrim-ekstrim, kamu bisa main ke The Jungle Wate Adventure yang lebih ramah pada anak-anak. Taman bermain air di Kota Hujan ini memiliki banyak variasi wahana permainain seperti Slide Pool, Kiddie Pool, Race Slide, Tube Slide dan Spiral Slide. Meski ramah anak, tetap harus disesuaikan dengan usia masing-masing ya, demi aspek keselamatan dan kenyamanan bersama juga.

Kalau kamu tidak sudah terlalu lelah dan tidak ingin banyak bergerak, kamu bisa bersantai ria sambil menikmati pemkamungan dengan berendam di kolam renang Leisure Pool. Di kolam ini, kamu bisa bersantai sambil cemal-cemil di tengah kolam yang memang diperuntukkan untuk makan dan minum.

Kalau kamu sudah selesai berenang dan masih punya cukup tenaga, rasanya kamu juga bisa bermain ke arena Fountain Futsal. Di sana kamu dan keluarga bisa menonton film empat dimensi yang berupa teater. Fountain Futsal ini merupakan sinema empat dimensi kedua yang hadir di Indonesia setelah Dufan.

Jika kamu ingin menikmati semua wahana tersebut, kamu bisa langsung datang ke Jalan Bogor Nirmawana Boulevard Dreded Pahlawan, Perumahan Bogor Nirwana Residence. Untuk harga tiket masuknya sendiri dihargai Rp80.000 untuk hari biasa dan Rp95.000 untuk akhir pekan dan hari libur.

24. Jungleland Adventure Theme Park

Jungleland Adventure Theme Park
Sumber gambar: instagram.com/jungland_indo

Satu lagi taman bermain yang ada di kawasan Bogor yang patut kamu kunjungi bersama keluarga, Jungleland AdventureTheme Park. Meski namanya agak mirip dengan The Jungle Water Park, Jungleland yang satu ini mengusung konsep taman bermain yang mirip seperti Dufan di Ancol. Bedanya, Jungleland berada di dataran tinggi, tepatnya di Kawasan Sentul Nirwana. Sementara Dufan berada di dataran rendah, lebih tepatnya di dekat pantai.

Selain itu, ukuran Jungeland pun memang lebih kecil dibandingkan dengan Dufan. Jumlah wahana yang dihadirkan pastinya lebih sedikit yaitu 31 wahana. Wahana-wahana tersebut dibagi ke dalam empat tema yang berbeda yaitu Mysteria, Carnivalia, Tropicalia dan Explora.

Meski wahananya lebih sedikit, antrian yang ada di taman bermain seluas 35 hektar ini pun tentunya jauh lebih sedikit dibandingkan jika kamu bermain dan mengantre wahana di Dufan.Jungleland pun lebih nyaman karena letaknya di dataran tinggi, maka cuaca dan udaranya pun cenderung lebih sejuk dan nyaman untuk dibawa bermain di luar ruangan. Mau coba? Langsung saja datang sekarang!

25. Rumah Air Bogor Nirwana

Rumah Air Bogor Nirwana
Sumber gambar: instagram.com/ysychrist

Sudah semua destinasi wisata dicoba, pasti kamu lapar kan? Butuh asupan untuk mengganti energi dan tenaga yang telah habis untuk mengitari sekeliling Bogor dan singgah ke semua tempat wisatanya yang asik-asik. Kamu bisa singgah untuk makan malam dan beristirahat di Rumah Air Bogor Nirwana Residence.

Rumah Air Bogor merupakan pusat kuliner di daerah Bogor yang menawarkan berbagai jenis makanan yang lezat, tentunya khas Nusantara, sambil memanjakan kamu dengan alunan musik. Dengan konsep saung di atas danau, suasanya mendukung sekali untuk membuat kamu merasa santai sambil menikmati senja dengan segelas kopi.

Jadi, kamu butuh apa lagi nih? Sudah semua destinasi wisata terbaik di Bogor ShopBack beri tahukan ke kamu. Mulai dari wisata alamnya yang asri dan alami sampai dengan wisata keluarga yang bervariasi dan ditutup dengan makan malam dengan asik di Rumah Air Bogor. Cukup ya? Tinggal kamu aja nih yang tentukan kapan tanggal berangkatnya. Biar nggak jadi wacana terus. Yuk berangkat!

Lihat juga daftar tempat wisata di tempat lainnya: