Gaya hidup sehat lagi marak di mana-mana. Selain berolahraga rutin, menjadi seorang vegetarian dengan mengonsumsi sayuran lebih dan mengurangi daging-dagingan juga menjadi salah satu alternatifnya.

Pada dasarnya, ada banyak jenis vegetarian. Ada semi-vegetarian, yaitu yang hanya mengonsumsi ayam saja atau ayam dan ikan saja. Lacto ovo vegetarian, yaitu vegetarian yang menghindari daging-dagingan tapi tetap mengonsumsi produk susu seperti es krim, keju, susu dan telur. Ada lacto vegetarian, vegetarian yang juga nggak mengonsumsi telur dan makanan yang mengandung telur tapi tetap mengonsumsi susu, yogurt dan keju. Dan yang terakhir, vegan, yaitu orang yang menghindari semua hal yang berhubungan dengan hewani, mulai dari daging hewan sampai menggunakan bahan-bahan dari hewan untuk digunakan sebagai makanan ataupun produk fashion.

Kali ini, kita bakalan bahas menu makanan vegetarian untuk kamu yang termasuk lacto ovo vegetarian. Yuk simak!

1. Oatmeal

menu puasa vegetarian

Image: pexels.com

Bukan hanya buat vegetarian, tapi Oatmeal juga jadi menu sahur favorit setiap orang karena efeknya yang bisa menahan lapar dan membuat kenyang lebih lama. Oatmeal instant bisa ditemukan di minimarket dan supermarket, kayak Quaker Oatmeal dengan berbagai varian resep oatmeal yang bisa dikreasikan sesuai selera. Kamu bisa mengkreasikan Oatmeal dengan kacang-kacangan, divariasikan dengan buah-buahan seperti resep Oatmeal pisang, buah naga, mangga atau strawberry.

2. Tempe Burito

menu puasa vegetarian

Image: vegkitchen.com

Tempe Burito bisa jadi makanan vegetarian yang jadi andalan untuk sahur. Alih-alih makan kebab, Burito yang berisikan sayur-sayuran serta tahu dan tempe ini juga bisa menggugah selera makanmu saat sahur atau bahkan untuk berbuka puasa.

3. Salad Telur

menu puasa vegetarian

Image: pexels.com

Mau menu sahur sehat? Kamu bisa memilih menu salad dengan telur untuk menu sahur andalan. Selain sehat, menu sahur yang satu ini pun juga sangat praktis untuk dibuat. Cukup campurkan berbagai sayuran kesukaan dan tambahkan dengan olive oil atau mayonnaise, trus jangan lupa sajikan dengan telur rebus deh. Salad dengan telur ini pun juga bisa menjadi menu andalan untuk berbuka puasa lho!

4. Avocado Toast

menu puasa vegetarian

Image: delish.com

Buat yang suka malas makan sahur, roti bisa jadi andalannya nih. Cukup panggang rotimu di toaster dan santap dengan cacahan buah alpukat. Untuk penambah rasa, kamu bisa tambahkan cabai bubuk dan lada atau berbagai buah-buahan lainnya.

Kalau kamu nggak suka alpukat, kamu juga bisa makan Fried Egg Toast untuk jadi menu sahur andalan.

Baca juga: 11 Inspirasi Takjil Buka Puasa Buat Pelepas Dahaga

5. Telur Balado

menu puasa vegetarian

Image: resepsedapku.com

Malas masak setiap hari? Stock aja telur balado di rumah atau kosan. Telur balado yang tahan lama ini bisa jadi makanan vegetarian lacto ovo untuk santapan sahur dan berbuka puasa. Tapi, pastikan kamu udah menyesuaikan tingkat kepedasannya biar nggak membuat perutmu bermasalah saat berbuka nanti.

6. Rendang Telur

menu puasa vegetarian

Image: tokopedia.com

Siapa bilang vegetarian nggak bisa makan rendang? Bisa kok! Rendang telur yang satu ini memang nggak terbentuk seperti telur, tapi terbuat dari telur dengan bumbu rendang asli yang sudah dikeringkan. Enaknya sih, rendang telur ini disajikan dengan nasi hangat dan sup.

7. Nasi goreng telur tahu

menu puasa vegetarian

Image: pexels.com

Nasi goreng adalah makanan favorit semua orang. Rasanya, nggak hanya untuk sahur dan berbuka puasa, nasi goreng selalu jadi masakan andalan saat lapar di tengah malam. Nah, untuk kamu yang menjadi Lacto Ovo Vegetarian, kamu bisa membuat nasi goreng dengan telur dan potongan tahu serta tempe untuk jadi santapan saat sahur maupun berbuka. Mudah, tapi mengenyangkan!

8. Semur Tahu

menu puasa vegetarian

Image: asri78.wordpress.com

Semur tahu adalah makanan vegetarian yang juga bisa disimpan dalam jangka waktu lama selama Ramadhan ini. Bumbu semur nggak hanya bisa dijadikan semur ayam atau semur daging aja, tapi, bumbu semur daging atau bumbu semur ayam itupun bisa dijadikan semur tahu tempe juga lho. Jadi, tinggal ganti daging atau ayam tersebut dengan tahu, tempe dan telur. Dengan membuat semur telur, kamu bisa jadikan ini menu sahur dan berbuka yang praktis yang bisa tahan lama.

9. Tumis Capcay Jamur

menu puasa vegetarian

Image: resepolahan.wordpress.com

Sayuran makanan vegetarian yang wajib jadi hidangan sehari-hari. Untuk sahur, kamu bisa memasak Tumis Capcay Jamur yang mengenyangkan dan juga bermanfaat untuk kesehatan selama berpuasa. Biar lebih menggugah selera, kamu bisa tambahkan perasa-perasan lain dan juga telur orek di dalamnya.

10. Kentang rebus dan telur

menu puasa vegetarian

Image: pexels.com

Kalau kamu suka menu sahur yang sederhana, kamu bisa menyantap kentang rebus dengan telur serta sayur-sayuran untuk sahur. Kentang rebus dan telur ini cocok banget untuk kamu yang malas makan. Biar lebih menggugah selera, boleh juga tambahkan parutan keju atau parmesan dan juga taburan cabai bubuk.

11. Mushroom Pasta

menu puasa vegetarian

Image: pexels.com

Pecinta pasta? Coba deh bikin Mushroom Pasta untuk menu sahur dan berbuka puasa yang praktis selama Ramadhan ini. Kamu bisa pakai bumbu carbonara untuk jadi teman sahur sehari-hari. Tapi, nggak perlu pakai daging asap atau potongan ayam, kamu cukup pakai jamur dan tempe aja. Sama enaknya, kan?

Baca juga: 8 Menu Buka Puasa Tradisional Khas Indonesia

12. Sup krim jagung

menu puasa vegetarian

Image: naturallyella.com

Buat kamu yang terbiasa makan sahur dengan santapan kecil, kamu bisa mengisi perut dengan sup krim jagung yang hangat untuk jadi menu sahur makanan vegetarian. Sup krim jagung ini bisa kamu tambahkan dengan potongan tahu dan potongan sayuran kesukaan. Apalagi saat sahur, rasanya nikmat banget kalau makan yang hangat-hangat.

13. Gado-gado

menu puasa vegetarian

Image: taste.com.au

Buat variasi, kamu juga bisa tuh bikin gado-gado untuk menu sahur atau berbuka puasa. Gado-gado pun juga gampang banget dibuatnya. Tapi, kalau untuk sahur, usahakan kamu udah menyiapkan bumbu kacang sejak malam biar nggak perlu repor-repot menyiapkan bumbu lagi di tengah malam.

14. Sambal Goreng Kentang

menu puasa vegetarian

Image: zonareseponline.blogspot.co.id

Sambal goreng kentang adalah menu lain yang juga sangat bersahabat untuk para vegetarian. Ada banyak resep sambal goreng kentang yang bisa kamu coba untuk jadi menu sahur dan berbuka puasa. Biasanya, sambal goreng kentang ini dipadukan dengan ati dan ampela. Tapi, kalau kamu, kamu bisa mengkombinasikan resep sambal goreng kentang ini dengan tempe dan tahu.

15. Selalu sedia smoothies

menu puasa vegetarian

Image: pexels.com

Walaupun puasa, kamu tetap harus menjaga kandungan sayur dan buah-buahan. Usahain untuk tetap mengonsumsi buah saat sahur. Kalau kamu malas, smoothies bisa jadi jawabannya!

16. Susu

menu puasa vegetarian

Image: pexels.com

Nah, selain berbagai makanan vegetarian di atas yang bisa jadi andalan sahur dan buka puasa, jangan lupa juga untuk mengonsumsi susu di setiap jadwal makan sahurmu untuk menjaga tenaga selama berpuasa seharian.

Editor: Sintya W

Featured image: Potato Goodness