Buat kamu yang suka dengan kegiatan travelling, mengunjungi tempat wisata tentunya masuk sebagai salah satu daftar agenda yang wajib kamu lakukan. Apalagi di saat kamu baru saja membeli kamera dengan harga yang cukup menguras kantong. Pasti sayang dong kalau nggak digunakan buat foto-foto atau vlogging seperti para traveller lain yang eksis di sosial media.

Nah bagi kamu yang tidak ingin menyianyakan kamera tersebut, dan sedang punya rencana untuk pergi ke Semarang dalam waktu dekat ini, maka disini ShopBack akan berikan kamu 20 pilihan rekomendasi wisata di Bandungan, Semarang yang wajib untuk kamu kunjungin buat menambah lists foto kamu di sosial media. Penasaran apa saja itu? Monggo dicatat!

1. New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort

new bandungan indah
Image: Instagram/@newbandunganindah

Mengisi daftar pertama ada objek wisata New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort. Objek wisata ini sangatlah cocok buat kamu yang sedang berpergian dengan teman atau keluarga. Pasalnya di tempat ini tersedia fasilitas seperti outbond, kidcastle, hingga waterpark, yang mana paling seru digunakan jika kamu datang bersama rombongan. Nah buat kamu yang kebetulan datang bersama keluarga, disini juga terdapat fasilitas resort dan sajian kuliner untuk kalian gunakan bersantai setelah lelah seru-seruan mencoba sejumlah wahana di waterpark dan outbond.

New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort sebelumnya merupakan bekas dari hotel PJKA yang menjadi tempat menginap para pelancong. Karena lokasinya yang berdekatan dengan gunung, tempat ini pun otomatis memiliki udara yang sejuk. Sehingga membuat suasana liburan kamu bersama keluarga menjadi semakin nyaman dan adem.

Nama: New Bandungan Indah Waterpark & Family

Alamat: Jl. Veteran No. 3 Bandungan, Kabupaten Semarang

Biaya masuk: Rp. 10.000 – Rp. 20.000

Fasilitas: Playground, family resort, outbond, waterpark, pemancingan, kidcastle, convention hall, sanctuary butterfly, cafe dan live music

2. Taman Bunga Celosia Bandungan

taman bunga celosia
Image: Instagram/@evadiannaaa

Memiliki beragam spot foto yang menarik, Taman Bunga Celosia patut menjadi salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di kawasan Bandungan. Di sini kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam replika ikon terkenal dari suatu negara, seperti Menara Eiffel di Paris, Patung Merlion di Singapura, hingga jejeran Kincir Angin di Belanda. Ditambah dengan suguhan pemandangan deretan bunga cantik warna-warni, Taman Bunga Celosia tentu menjadi satu tempat wisata yang layak untuk melakukan panen foto kece buat Instagram. Jadi, jangan lupa siapkan kamera terbaikmu ya!

Alamat: Jl. Wisata Gedong Songo KM 05, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Jam Operasional: 08.00 – 18.00

Tiket Masuk: Rp. 10.000

3. Mawar Camp Area

camp mawar ungaran
Image: Instagram/@nianurdiansyah

Bagi kamu yang suka dengan nuansa liburan di alam terbuka, maka Mawar Camp Area adalah tempat yang tepat untuk kamu. Berlokasi di bawah kaki Gunung Ungaran, tempat ini menawarkan kamu pengalaman camping dengan pemandangan alam yang menawan dan udara yang sejuk. Kendati berlokasi di alam terbuka, Mawar Camp Area tetap menyediakan kamu fasilitas penting seperti kamar mandi, masjid, warung kelontong, sampai persewaan berbagai alat keperluan camping. Nah buat kamu yang ingin bermalam di sini, biayanya termasuk sangat terjangkau lho! Kamu cukup membayar Rp. 7.000 saja per orang untuk dua hari satu malam dan Rp. 12.000 per orang untuk lima hari empat malam. Nggak bakal bikin dompet kamu menipis kan?

Alamat: Dusun Kluwihan, Desa Sidomukti, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah

Jam Operasional: 24 Jam

Harga fasilitas:

  1. Sewa tenda = Rp. 45.000 per malam
  2. Matras = Rp. 5.000 per malam
  3. Sleeping bag = Rp. 8.000 per malam

4. Setiya Aji Flower Farm

setiya aji flower farm
Image: Instagram/@tiwik_barerr

Lagi travelling berdua bareng pasangan? Sempatkanlah waktu untuk mampir ke objek wisata Setiya Aji Flower Farm. Pasalnya, perkebunan bunga yang berlokasi di kecamatan Bandungan ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan sarat dengan nuansa romantis. Sehingga dijamin mampu menambah rasa kasih dan sayang yang terjalin antara kalian berdua. Uum, So sweet…! Tapi ingat, jangan sekali-kali kalian merusak bunganya atau meninggalkan sampah di sana. Kalau kenangan sih boleh-boleh aja.

Alamat: Jln. Kendalisodo, Dusun Ngasem, Desa Jetis, Bandungan, Semarang, Provinsi Jawa tengah

Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 – 18.000

Tiket masuk: Rp. 7.500

5. Pondok Wisata Umbul Sidomukti

kolam umbul sidomukti
Image: iNews

Merasa lelah dengan kehidupan kota yang serba cepat dan penuh stress? Segera obati rasa lelahmu itu dengan berkunjung ke Pondok Wisata Umbul Sidomukti. Terletak di ketinggian ±1200 mdpl, Umbul Sidomukti memiliki udara yang sejuk serta hawa yang segar karena berada di antara kawasan perbukitan. Kamu yang ingin keluar sejenak dari hiruk pikuk perkotaan akan sangat merasa bersyukur bila datang ke tempat ini. Apalagi setelah kamu berendam di salah satu fasilitas kolam air bebatuan yang sudah disediakan oleh pengelola Pondok Wisata Umbul Sidomukti.

Bahkan jika kamu ingin merasakan pengalaman yang seru, kamu juga bisa menggunakan berbagai fasilitas outbond yang ada di sini. Seperti jembatan jaring, marine bridge, rapeling, flying fox, hingga ATV. Dan seandainya kamu sudah merasa capek, kamu tidak usah khawatir! Sebab di sini kamu juga bisa menikmati berbagai macam menu kuliner tradisional yang lezat dan mampu menambah rasa kecintaan kamu terhadap Indonesia. Duh jadi ngiler !

Alamat: Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Jam Operasional: 24 Jam

Tiket masuk:

  1. Hari biasa: Rp. 8.000
  2. Akhir pekan/hari libur: Rp. 10.000

Tiket masuk wahana: Rp. 15.000 – Rp. 50.000

Baca juga: Masih Berada di Wilayah Kabupaten Semarang, Inilah 8 Tempat Wisata di Ungaran yang Patut Dikunjungi

6. I’AMpelgading Homeland

I'AMpelgading Homeland
Image: Instagram/@dulaz_wickson

Berlokasi di ketinggian 1.300 mdpl, kawasan wisata I’AMpelgading Homeland sudah pasti akan menawarkan kamu pengalaman berlibur dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang menarik. Selain itu, tempat wisata yang masih terletak di kecamatan Bandungan ini juga memiliki beberapa area yang cantik dan Instagrammable sehingga pas banget dijadikan tempat untuk melakukan sesi foto manja. Nah serupa dengan Mawar Camp Area, di sini kamu juga diperbolehkan untuk melakukan camping lho! Dan harganya murah kok, cuman Rp. 10.000 saja. Jadi kapan kesini?

Alamat: Dusun Ampelgading, Desa Kenteng, Bandungan, Semarang, Provinsi Jawa Tengah

Tiket masuk: Rp. 5.000

Kontak WA: 0838 3883 8668

7. Candi Gedong Songo

candi gedong songo
Image: Detik Travel

Terletak pada ketinggian 1.200 mdpl lereng gunung ungaran, udara di sekitar kompleks wisata Candi Gedung Songo ini sangatlah sejuk. Kendati namanya Gedung Songo alias ada sembilan bangunan, di tempat ini tinggal lima (5) buah candi saja yang masih terlihat utuh. Berhubung jarak antar lokasi candinya yang cukup berjauhan, maka di sini juga disedikan fasilitas penyewaan kuda buat kamu yang ingin mengelilingi seluruh kompleks candi tersebut. Kamu yang suka dengan pengalaman wisata sejarah, tentu dapat memasukkan destinasi wisata Candi Gedung Songo ke dalam daftar trip kamu selanjutnya.

Alamat: Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang

Jam Operasional: 06.00 – 17.00

Tiket Masuk: Rp. 5.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp. 25.000 untuk wisatawan asing

Fasilitas: Penyewaan kuda (Rp. 80.000), pemandian air panas, dan area perkemahan

8. Wisata di Desa Nglarangan Bandungan

desa nglarangan bandungan
Image: Qupas

Berdekatan dengan kawasan wisata Candi Gedung Songo, terdapat Desa Nglarangan Bandungan yang juga patut untuk kamu singgahi sebentar untuk menikmati pemandangan kawasan hijau dan suasana pedesaan yang senantiasa mampu mengingatkan kita tentang masa kecil. Bahkan tak hanya itu, di sini kamu juga dapat berswafoto bersama kuda-kuda peliharaan penduduk yang cantik dan terawat. Namun ingat, kamu harus tetap bergantian dengan pengunjung yang lain ya.

Alamat: Dusun Nglarangan, Desa Candi, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

9. Taman Pemancingan Suharno

taman pemancingan suharno
Image: Google Maps/Jaka Wijanarka

Buat kamu yang memiliki hobi memancing, di daerah Bandungan terdapat banyak pilihan wisata memancing yang bisa kamu kunjungi. Nah salah satu tempat yang populer di kalangan para wisatawan adalah Taman Pemancingan Suharno. Di sini kamu dipersilahkan untuk menyalurkan hobi memancing kamu sepuasnya tanpa interupsi. Bahkan kamu juga diperbolehkan lho untuk membawa pulang hasil pancingan kamu. Keren kan? Dan jika kamu sudah merasa lapar, di sini kamu pun dapat menikmati sajian kuliner ikan air tawar yang masih segar dan lezat untuk disantap.

Alamat: Desa Jimbaran, Bandungan, Kapupaten Semarang, Jawa Tengah

Jam Operasional: 07.00 – 20.30

Tiket Masuk: Rp. 20.000

Fasilitas: Kuliner ikan air tawar, memancing, dan membawa pulang ikan.

10. Susan Spa & Resorts

susan spa resort semarang
Image: Susan Spa Resort

Usai lelah menjelajahi berbagai macam destinasi wisata di Bandungan, kamu bisa sejenak mampir di lokasi wisata Susan Spa untuk beristirahat dan memanjakan diri kamu. Sehingga tubuh kamu pun dapat kembali segar dan siap menjalani segala aktivitas penting keesokan harinya. Di Susan Spa terdapat fasilitas kolam renang air hangat dan paket Spa on the sky dimana kamu dapat melakukan spa sambil menikmati pemandangan alam dan kabut dari ketinggian. Tak lupa, di sini juga disediakan fasilitas restoran dan cafe untuk mengisi perut kamu dikala merasa lapar.

Alamat: Dusun Piyoto, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 22.00

Tiket masuk: Rp. 25.000 (tanpa menginap)

Fasilitas: Kolam renang, spa, penginapan, restoran, dan taman

Jadi, itulah 10 tempat wisata di bandungan yang patut untuk kamu kunjungi saat tengah berada di kota lumpia alias Semarang. Dan supaya tidak terjadi masalah, alangkah baiknya bila kamu mempersiapkan fisik, mental, serta seluruh perlengkapan yang dapat mendukung suksesnya kegiatan travelling kamu dari jauh-jauh hari ya. Selamat berlibur!

“Ingin terus untuk saat belanja di e-commerce favorit? Jangan lupa belanja lewat ShopBack dapatkan promo dan cashback terbaiknya. Klik di sini untuk daftar!”

Featured image: Liputan 6