Hampir bisa dipastikan kalau setiap orang (dan mungkin kamu adalah salah satunya) pasti memiliki beberapa pengalaman seru tak terlupakan yang pernah dialami saat masih muda dulu. Salah satunya adalah saat menjalani ujian nasional, baik di SMP maupun SMA. Kamu pasti masih teringat kan gimana takut, gugup, dan tegangnya saat menjelang ujian dan menghadapi banyak soal yang cukup bikin kamu pasrah saking sulitnya. Namun, namanya aja anak muda, pasti ada saja kan cara yang mereka lakukan untuk bisa melewati momen ujian dengan lancar dan bisa mendapat hasil yang lumayan hingga akhirnya lulus, contohnya adalah beberapa hal tak terlupakan berikut ini.

1. Belajar setiap hari

ujian nasional
Image: Pexels

Momen ujian nasional memang selalu berhasil menghantui setiap anak sekolah, karena hal yang terbayang di otak pertama kali adalah kenyataan bahwa mereka harus menyelesaikan sekumpulan soal ujian yang cukup memeras pikiran. Makanya nggak heran kalau ada beberapa anak yang mengatasinya dengan cara belajar dengan rajin setiap hari dengan baca buku dan mengerjakan soal, nggak lupa juga ikutan bimbingan belajar di berbagai tempat atau les dengan guru saat sore hari sepulang sekolah. Baca buku

2. Sistem Kebut Semalam (SKS)

ujian nasional
Image: Pexels

Kalau tadi ada kelompok anak rajin yang nggak pernah absen belajar dan ikutan bimbel, ada juga kelompok anak super nyantai yang menerapkan SKS alias Sistem Kebut Semalam di mana mereka hanya akan belajar sehari sebelum ujian berlangsung. Biasanya mereka bakal membuat catatan panjang mengenai materi penting yang akan dihapalkan dalam waktu satu malam saja, dengan harapan keesokan paginya mereka masih ingat dan bisa mengerjakan soalnya dengan lebih baik lagi. Baru deh setelah ujian selesai, materi yang sudah mereka hapalkan langsung menguap begitu saja. Apakah kamu salah satunya?

3. Buat rangkuman

ujian nasional
Image: Pexels

Salah satu trik belajar untuk bisa menghapal dan mengerjakan  soal ujian nasional adalah dengan membuat rangkuman yang terdiri dari materi pembelajaran mulai dari awal hingga akhir menggunakan kertas HVS atau folio. Nggak lupa juga dengan menandai bagian penting dengan menggunakan stabilo berwarna terang. Biasanya sih kalau sudah ada anak yang rajin membuat rangkuman seperti ini akan menjadi sasaran teman-teman yang malas merangkum untuk difotocopy lagi. Kalau kamu tim yang mana nih, ShopBackers?

4. Buat contekan

ujian nasional
Image: Males Banget

Namun, ada juga yang pada akhirnya menjadikan rangkuman yang sudah mereka buat atau fotocopy sebagai bahan contekan karena merasa desperate dan kesulitan saat menghapalnya. Caranya adalah dengan melipat kertas rangkumannya sampai kecil atau ada juga yang merobeknya menjadi beberapa bagian dan disimpan dalam baju seragam, dalam sepatu, tempat pensil, di balik dasi, di dalam kaos kaki, di sela-sela ikat pinggang, dan beberapa tempat tersembunyi lainnya. Ada juga yang membuat coretan di anggota tubuhnya, seperti di jari tangan, telapak tangan, kaki, dan lengan.

5. Beli kunci jawaban

ujian nasional
Image: Muslim.or

Meski jelas-jelas pemerintah melarang transaksi jual beli kunci jawaban soal ujian, namun sampai sekarang masih banyak lho yang melakukannya. Coba ngaku aja deh, kamu juga pasti pernah mengalami atau pernah melihat secara langsung teman kamu melakukannya, kan? Biasanya kunci jawaban ini dibeli atas dasar kesepakatan bersama dan akan dibagikan sehari sebelum ujian berlangsung untuk mereka yang ikut membayarnya. Hmm, lebih baik jangan ditiru, ya!

6. Bawa handphone ke dalam ruangan

cara mencontek saat ujian
Image: Pexels

Selain bawa contekan dan membeli kunci jawaban, ada juga yang sampai berani membawa handphone ke dalam ruangan untuk mendapatkan jawaban ujian, baik dari internet maupun kunci jawaban dari teman. Biasanya handphone yang dibawa adalah handphone dengan ukuran kecil dan disimpan di dalam sepatu atau diselipkan di bagian perut.

Baca juga: 10 Kesalahan Simpel Ini Tanpa Disadari Bisa Merusak Mood

7. Bikin kode contekan pakai jari tangan

cara mencontek saat ujian
Image: Hipwee

Nah, yang satu ini sih sudah sangat umum dilakukan oleh anak sekolah yang sedang ujian. Sebelum ujian berlangsung, biasanya anak-anak sekolah akan berkumpul dan membuat kesepakatan untuk menentukan kode jari tangan atau anggota tubuh yang akan merepresentasikan jawaban soal ujian. Misal jawaban “A” ditunjukkan dengan 1 jari tangan, dan seterusnya. Atau bisa juga dengan menunjukkan beberapa bagian di wajah, misal alis untuk jawaban “A”, bibir untuk “B”, pipi untuk “C”, dan masih banyak lainnya. Gerakan ini dilakukan dengan sangat perlahan agar nggak ketahuan oleh sang pengawas ujian. Menegangkan tapi cukup seru!

8. Tengok kanan kiri

cara mencontek saat ujian
Image: Pexels

Tengok kanan kiri adalah hal yang akan dilakukan oleh mereka yang sama sekali nggak belajar dan nggak ada persiapan untuk menghadapi ujian. Biasanya mereka hanya akan mengandalkan bantuan dari teman-temannya saja. Makanya, nggak heran deh kalau mereka akan tengok kanan kiri sambil mencari jawaban untuk soal ujiannya.

9. Ambil lembar jawaban teman

cara mencontek saat ujian
Image: Zenius Education

Selain tengok kanan kiri, ada juga yang sampai berani mengambil lembar jawaban temannya secara langsung dan menyalin semua jawabannya tanpa ketahuan oleh pengawas ujian. Wah, kalau murid seperti ini sih sudah sangat ahli dalam urusan contek-mencontek, ya?

10. Doa bersama

ujian nasional
Image: Radar Malang

Salah satu rutinitas yang dilakukan oleh setiap sekolah menjelang ujian nasional adalah menggelar doa bersama untuk memohon kemudahan bagi siswa-siswinya dalam mengerjakan soal ujian dan bisa mendapatkan hasil terbaik sehingga bisa lulus dan membanggakan banyak orang. Doa bersama ini biasanya dilakukan di lapangan atau aula sekolah dan dihadiri oleh semua warga sekolah tersebut.

11. Dibantu oleh guru

ujian nasional
Image: Youthmanual

Didorong oleh rasa khawatir seorang guru pada muridnya, biasanya beberapa guru kita sendirilah yang akan menjadi penyelamat saat ujian nasional. Mereka nggak segan-segan untuk membantu muridnya mengerjakan soal, mulai dari memberikan jawaban atau mengajak pengawasnya ngobrol untuk mengalihkan perhatiannya, sehingga muridnya punya kesempatan untuk saling memberikan jawaban satu sama lain. Ada yang pernah mengalami hal seperti ini?

12. Ketahuan mencontek

cara mencontek saat ujian
Image: Males Banget

Wah, kalau ini sih pasti benar-benar hal yang tak akan terlupakan seumur hidup. Yup, saat ketahuan mencontek oleh pengawas sehingga lembar jawab diambil dan diharuskan keluar ruangan. Kalau sudah begini, kemungkinan terpahit yang akan kamu hadapi adalah kenyataan bahwa kamu bisa saja nggak lulus ujian.

Nah, dari beberapa hal di atas, hal tak terlupakan mana yang pernah kamu alami saat menjalani ujian nasional nih, ShopBackers?

“Agar penampilan makin menarik, mending belanja koleksi baju terbaru dari Zalora ini. Jangan lupa belanja di Zalora lewat ShopBack dan dapatkan cashback menariknya. Klik di sini!”