Bisa dibilang, saat ini fenomena belanja online sedang menjadi tren dan diminati oleh banyak orang, bahkan mungkin kamu adalah salah satunya. Bayangkan saja, saat ini kamu tidak perlu lagi harus pergi ke luar negeri dulu untuk mendapatkan barang yang kamu inginkan. Hanya dengan sekali klik, kamu bisa langsung membelinya. Ya, walaupun kamu harus menunggu beberapa waktu hingga barangnya sampai, hal itu bukanlah penghalang bagi kamu untuk terus melakukan belanja online.

Hal ini rupanya tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi di beberapa negara yang ada di Asia Tenggara, bahkan seluruh dunia. Besarnya minat masyarakat akan hadirnya solusi belanja online ini akhirnya memicu munculnya berbagai online marketing atau e-commerce yang menawarkan berbagai promo menarik untuk membantu masyarakat belanja dengan lebih cermat.

Festival Belanja Online di Asia

Nah, pemberian nama promo ini juga dibuat semenarik mungkin dan disesuaikan dengan momen atau tren yang sedang terjadi di masyarakat. Salah satu promo terbesar dan kita rayakan setiap tahunnya adalah promo Hari Belanja Nasional atau yang lebih dikenal dengan nama Harbolnas yang yang diperingati setiap tanggal 12 Desember. Banyaknya promo menggiurkan di hari inilah yang membuat banyak orang menantikan kehadiran Harbolnas.

6 Hari belanja online terbesar di Indonesia

Tidak hanya Harbolnas saja, ternyata hingga saat ini masih ada lima perayaan besar hari belanja online yang terjadi, seperti Singles’ Day, Online Revolution, Festival Belanja Online, Black Friday, dan Cyber Monday. Yuk, simak perbedaan dari keenam istilah hari belanja online terbesar yang ada di Indonesia berikut ini!

Belanja Online Terbesar di Asia Tenggara

1. Singles’s Day

Istilah Singles’ Day pertama kali muncul di China pada tahun 1990 dan hanya merupakan sebuah acara sekolah bagi para jomblo untuk mencari pasangannya. Namun, pada tahun 2009 istilah ini dipopulerkan sebagai Online Sale oleh Alibaba ke seluruh dunia.

Belanja Online Terbesar di Asia Tenggara

Saking populernya, online sale yang satu ini bahkan mampu mengalahkan penjualan saat Cyber Monday di tahun 2012. Bahkan, total transaksi penjualannya mencapai angka USD 17.8 miliar di tahun 2016. Hal ini tentunya merupakan sebuah pencapaian besar bagi mereka. Hmm, kira-kira sebagian besar pembelinya masih jomblo atau tidak, ya?

2. Online Revolution

Istilah belanja online selanjutnya adalah Online Revolution yang muncul di tahun 2012 dan dengan Lazada Indonesia sebagai pelopor kampanye belanja online nasionalnya, sehingga istilah Online Revolution sendiri lebih popular jika dibandingkan dengan Singles’ Day di Indonesia. Maka tidak heran kalau dalam segi penjualannya sendiri, Online Revolution berhasil mencapai angka USD 40 miliar transaksi di tahun 2016 dan menduduki Top 10 Keywords.

Belanja Online Terbesar di Asia Tenggara

3. Festival Belanja Online

Tidak ketinggalan juga ada Festival Belanja Online yang dimulai pada tahun 2014 yang didirikan atas dasar kerjasama para penggiat industry e-commerce di Indonesia. Menariknya, acara tahunan ini turut mendapatkan dukungan dari UNICEF pada Festival Belanja Online tahun 2015.

Belanja Online Terbesar di Asia Tenggara

4. Black Friday

Awalnya, istilah Black Friday memang tidak ada hubungannya dengan belanja online. Namun, pada akhirnya istilah ini diperingati sebagai hari diskon terbesar bagi para pemilik retail, di mana umumnya akan terjadi antrian pengunjung yang sangat besar.

Belanja Online Terbesar di Asia Tenggara

Dari fenomena inilah akhirnya Black Friday diadaptasikan sebagai Online Shopping oleh para penggiat e-commerce untuk meningkatkan penjualan pada periode tersebut. Di tahun 2016, total transaksi penjualannya mencapai angka USD 3,34 miliar.

5. Cyber Monday

Istilah hari belanja online ini pertama kali dipopulerkan oleh Shop.org pada tahun 2005. Dinamakan Cyber Monday karena menurut riset yang dilakukan, hari paling popular untuk belanja online adalah hari Senin. Masih lebih unggul dari Black Friday, transaksi penjualan Cyber Monday berhasil mencapai angka USD 3,45 miliar di tahun 2016.

6. Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) lahir pada tahun 2012, dan dikenal sebagai event yang lahir di tanggal unik, yaitu 12-12-12 sekaligus dikenal sebagai puncak festival belanja online terbesar di Indonesia.

Belanja Online Terbesar di Asia Tenggara

Meskipun di awal kemunculannya event ini hanya diikuti oleh 7 e-commerce, saat ini sudah lebih dari 72 e-commerce yang ikut bergabung dalam Harbolnas. Total transaksi penjualanya sendiri berhasil mencapai angka USD 235 juta di tahun 2016.

Total transaksi penjualan

Maka, bisa disimpulkan bahwa total transaksi penjualan pada saat Singles’ Day berada di urutan paling atas jika dibandingkan dengan kelima hari belanja nasional terbesar di Asia Tenggara lainnya, yaitu mencapai USD 17.8 miliar di tahun 2016. Hal ini juga tercermin dari tabel statistik berikut ini.

Belanja Online Terbesar di Asia Tenggara

Semangat Harbolnas “12 12”

Namun, jika dilihat berdasarkan riset yang telah dilakukan, ditemukan hasil yang menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia lebih tertarik pada Hari Belanja Nasional (Harbolnas) dibanding dengan hari belanja online lainnya. Hal ini ditunjukkan dari data statistik pencarian terhadap keyword “Harbolnas” yang semakin tinggi setiap tahunnya.

Hari Belanja Online Nasional

Hingga saat ini, Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara menduduki posisi kedua dan ketiga dalam pencarian keyword “Harbolnas” di tahun 2017. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakatdi daerah memiliki animo yang lebih tinggi untuk berbelanja online saat Harbolnas.

Hari Belanja Online Nasional

Nah, untuk mempermudah berbelanja online dan menikmati semua promo menarik saat Harbolnas, kamu bisa melakukannya cukup melalui satu platform, yaitu ShopBack. Selain lebih efisien, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya berupa cashback hingga 30% setiap mengikuti promo belanja melalui ShopBack. Cashback yang didapatkan nantinya bisa dicairkan kembali dalam bentuk uang tunai ke dalam rekening bank kamu sendiri. Menarik, kan?

“Melihat tingginya antusiasme dari konsumen Indonesia untuk berbelanja online di akhir tahun, ShopBack menyediakan platform di mana penggemar belanja online bisa melihat rangkuman dari promo-promo yang ada di 6 festival belanja online ini.” ujar Indra Yonathan, Country Managing Director ShopBack Indonesia. “Kami juga akan menyediakan tips and tricks untuk berbelanja online yang baik, benar, dan aman. Ditambah lagi dengan cashback yang diberikan, kami berharap ShopBack bisa menjadi one stop solution yang menguntungkan bagi orang orang yang ingin berbelanja di akhir tahun,” tambahnya.

Lakukan transaksi pembeliannya secara langsung lewat situs web ShopBack di www.shopback.co.id atau cukup dengan mengunduh aplikasi mobile ShopBack secara gratis di smartphone melalui Google Play dan Apple App Store. Dapatkan cashback dan jadikan pengalaman belanja online Anda semakin cermat, hemat, dan menyenangkan. ShopBack, The Smarter Way to Shop!