Fenomena ojek dan taksi online memang sudah mewabah di Indonesia. Kehadiran aplikasi mobile yang menjajakan jasa transportasi online, mengubah cara masyarakat memesan moda transportasi dengan mudah dan cepat, cukup dengan menggunakan perangkat smartphone. Bahkan ojek online bertransformasi menjadi moda transportasi andalan banyak masyarakat di Indonesia.

Riset online yang dilakukan Shopback baru-baru ini pun membuktikan, lebih dari 91% responden mengaku pernah menggunakan jasa transportasi online. Bahkan mereka yang tidak pernah menggunakan jasa transportasi online ini pun mengaku tertarik untuk mencoba memanfaatkan jasa ini.

Riset online ShopBack dilakukan di lima kota besar di Indonesia, termasuk Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar, terhadap lebih dari 1,000 responden. Responden merupakan orang-orang yang pernah melakukan transaksi belanja secara online. Riset ini dilakukan guna melihat pola perilaku konsumen sekaligus mencari tahu akan kebutuhan dan harapan konsumen  terhadap jasa transportasi online yang ada di Indonesia saat ini.

Jasa transportasi online atau yang sering dikenal sebagai taksi dan ojek online dinilai responden sebagai moda transportasi yang lebih murah, cepat dan nyaman. Bahkan, sebanyak 77,6% atau lebih dari ¾ responden mengaku keberadaan ojek dan taksii online ini dapat mengurangi kemacetan, terutama di daerah Jabodetabek yang memang terkenal dengan kemacetannya.

Tiga Pemain Utama Transportasi Online

Di Indonesia, Go-Jek, Uber, dan Grab merupakan tiga pemain utama penyedia jasa transportasi online. Kemunculan aplikasi Go-Jek pertama kali pada 2015, menjadi awal mula maraknya transportasi online di Indonesia. Tak ayal, lebih dari setengah (51,1%) responden mengaku Go-Jek sebagai transportasi online yang pertama kali mereka gunakan, diikuti oleh Grab (34,2%) dan Uber (14,4%). Booming aplikasi ojek online ini juga tidak lepas dari semakin meningkatnya penetrasi internet serta pengguna smartphone di Indonesia.

Alasan mereka memilih Go-Jek, karena ojek online ini yang pertama kali muncul di daerah mereka. Selain itu, dampak pemberitaan di media massa serta harga yang murah pun turut menjadi alasan dibalik penggunaan ojek online tersebut pertama kali.

Fakta menarik lain dari hasil riset ini juga menunjukkan, penggunaan aplikasi Go-Jek untuk kebutuhan transportasi perlahan mulai menurun, pada saat riset ini dilakukan. Saat responden ditanyakan aplikasi ojek online yang digunakan saat ini, sebanyak 44,8% memilih menggunakan Grab terpaut tipis dengan Go-Jek yang mendapatkan persentase 42,3%. Mereka menilai, saat ini Grab lebih menawarkan harga yang lebih murah ketimbang dua platform lainnya. Selain harga yang lebih murah,  kuantitas jumlah driver serta promo mingguan yang lebih banyak juga menjadi alasan responden untuk menggunakan trasnportasi online ini.

Kebiasaan Konsumen dalam Menggunakan Transportasi Online

Berdasarkan hasil riset online ShopBack, sebanyak 40.9% responden mengaku menggunakan jasa transportasi online ini sebanyak 2 hingga 5 kali dalam seminggu, 33,7% menggunakannya hanya satu kali, dan 15.9% menggunakan jasa ini 5 hingga 10 kali.

Dengan frekuensi tersebut, ternyata sebelum melakukan pemesanan, 9 dari 10 responden akan membandingkan harga terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi mana yang akan digunakan. Tidak tanggung-tanggung, 42,6% dari responden memiliki 2 aplikasi pada perangkat smartphone mereka serta 33% bahkan memiliki 3 aplikasi.

Menyadari kebiasaan pengguna transpotasi online ini, ShopBack pun menghadirkan fitur pembanding harga, baik untuk motor dan mobil. Fitur ini akan menampilkan aplikasi ojek online mana yang memberikan harga termurah pada saat itu. Pengguna diberi kebebasan untuk memilih ojek online yang akan mereka gunakan, dan ShopBack akan mengarahkan langsung ke aplikasi ojek online tersebut.

Sementara itu, terkait metode pembayaran, kurang dari 5% dari responden yang menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Sebanyak 48,8% responden lebih memilih membayar jasa transportasi online  dengan menggunakan uang tunai, dan 46,8% mengunakan digital payment dari aplikasi ojek online tersebut (Go-Pay/GrabPay).

Perbandingan yang cukup tipis antara yang menggunakan pembayaran dengan uang tunai dengan digital payment, membuktikan bahwa saat ini masyarakat Indonesia perlahan mulai memasuki cashless society.

Pelayanan Transportasi Online saat ini sudah baik, tapi…

Pelayanan transportasi online saat ini dinilai 69,4% responden sudah baik, dan bahkan 19,2% responden menilai pelayanan sudah sangat baik. Walaupun sudah dapat dikatakan baik, ternyata beberapa responden  masih merasakan keluhan yang sama, yakni 54,3 persen mengeluh atas seringnya driver membatalkan order sepihak karena tujuan yang jauh atau pengguna menggunakan promo potongan harga. Selain hal tersebut, kebersihan helm serta kelengkapan atribut (masker dan jas hujan) juga menjadi keluhan mereka.

Di samping keluhan tersebut, responden juga berharap agar jasa transportasi online ini memiliki aplikasi yang lebih user friendly, harga yang terjangkau, mengutamakan kesejahteraan driver dan penumpang, serta lebih banyak program promo atau loyalty promo bagi pengguna.

Aplikasi ShopBack tawarkan fitur pembanding harga transportasi online

Saat ini aplikasi ShopBack sudah dilengkapi fitur pembanding harga transportasi online. Kebiasaan para pengguna yang selalu membandingkan harga sebelum memutuskan menggunakan ojek atau taksi online akan dipermudah dengan fitur di aplikasi ShopBack. Fitur ini akan menampilkan aplikasi ojek online dan taksi online yang memberikan harga termurah pada saat itu.

Pengguna diberikan kebebasan untuk memilih transportasi online mana yang akan digunakan. Selain memberikan perbandingan harga yang akan menunjukkan harga termurah, ShopBack juga akan memberikan cashback Rp1.000 untuk pengguna Grab, serta cashback hingga Rp25.000 untuk pengguna Uber.

Untuk mnedapatkan fitur ini, Anda cukup mengunduh aplikasi ShopBack di Google Play dan App Store dan membuat akun Shopback mereka.  Fitur ini pun langsung dapat ditemukan di laman muka aplikasi Shopback.

“Yuk langsung bandingkan dan pesan ojek online lewat ShopBack! Klik di sini!”

Featured image: Tech in Asia