Hampir bisa dipastikan kalau memiliki perut buncit adalah hal yang sangat menyebalkan, terutama bagi kaum perempuan. Selain akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri, perut buncit juga ternyata memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh lho, ShopBackers. Tentunya kamu nggak mau kan kalau perut buncit ini membuatmu jadi terlihat kurang menarik di foto atau saat bertemu dengan teman?

tips menghilangkan lipatan perut
Image: Brilio

Well, lipatan pada perut ini sesungguhnya merupakan tumpukan lemak berlebihan yang berpusat pada perut. Jenis lemaknya pun berbeda dengan lemak yang ada di bagian tubuh lainnya. Sebagai langkah awal, kamu harus mengenali beberapa pemicunya. Biasanya, perut yang berlipat ini banyak dialami oleh kaum perempuan yang disebabkan oleh adanya tekanan atau stres akibat padatnya aktivitas yang harus dilakukan setiap harinya. Nah, stres inilah yang konon bisa mengundang kawanan lemak tersebut untuk turun ke bagian perut. Selain itu, stres juga memicu banyak orang untuk mengonsumsi makanan berlebih, terutama makanan berlemak, kolesterol tinggi, dan nggak kalah seringnya adalah kebiasaan nyemil makanan ringan.

tips menghilangkan lipatan perut
Image: Republika

Kurangnya olahraga dan gaya hidup yang nggak sehat juga merupakan penyebab lain timbulnya tumpukan lemak pada perut. Apalagi jika kamu menghabiskan banyak waktu dengan duduk di kantor dan melakukan pekerjaan termasuk makan sambil bekerja. Wah, makin cepat aja nih lemak mengendap di perut. Kalau diteliti dari sini, hal mana aja yang sering kamu lakukan? Bisa jadi itulah yang menjadi awal timbulnya lipatan pada perutmu.

Meskipun banyak praktisi kesehatan mengatakan perlu waktu yang cukup lama untuk menghilangkan lemak di perut, bukan berarti kamu harus menyerah begitu saja, kan? Ada banyak cara kok yang bisa kamu lakukan secara rutin untuk mendapatkan bentuk perut yang ideal. Bahkan, nggak perlu harus ngegym atau sedot lemak, karena kamu juga bisa melakukannya di rumah. Penasaran? Yuk, simak tips jitu menghilangkan lipatan pada perut berikut ini.

1. Niat

tips menghilangkan lipatan perut
Image: Pexels

Percayalah, kalau segala sesuatu yang diawali dengan niat pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan. Hal ini juga berlaku dalam hal menghilangkan lemak di perut. Sebelum melakukannya, mantapkan niatmu untuk mewujudkannya terlebih dahulu. Tentukan apa motivasi kamu untuk mengecilkan perut ini. Kalau sudah mantap, kamu pasti bisa melaksanakannya dengan baik. Nikmati prosesnya, ya!

2. Sit up

tips menghilangkan lipatan perut
Image: Pexels

Sepele sih, tapi tahu nggak sih kamu kalau kegiatan yang satu ini akan sangat membantu kamu dalam menghilangkan lemak pada perut? Yup, gerakan sederhana sit up dan planking yang bisa kamu lakukan di rumah ini membantu mengencangkan otot perut, plus membakar kalori yang bersarang di sana. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa melakukannya di pagi hari setelah bangun tidur atau malam sebelum tidur sebanyak dua kali repetisi, di mana setiap repetisi terdiri dari 15 hitungan sit ups. Atau, kamu juga bisa melakukan metode Russian twist yang gerakannya hampir sama dengan sit ups, hanya saja kamu harus mengombinasikan gerakan memutar atau mencondongkan badan ke kanan dan kiri. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat banyak tutorialnya di YouTube. Jangan anggap remeh gerakan ini dan rasakan otot perut yang semakin mengencang saat kamu melakukannya.

3. Lari

tips menghilangkan lipatan perut
Image: Pexels

Taukah kamu kalau olahraga yang paling jitu untuk membakar kalori dalam tubuh, terutama perut adalah olahraga lari. Selain mudah dan murah, kamu juga bisa melakukannya di mana saja. Cukup lakukan olahraga ini secara rutin selama kurang lebih 30 menit per harinya. Waktu paling ideal untuk melakukannya adalah pagi hari setelah bangun tidur dan sore hari. Sebagai catatannya, coba tingkatkan kecepatan dan pace saat berlari untuk membakar kalori lebih banyak. Karena kalau nggak begitu, maka tubuh akan terbiasa dengan kecepatanmu yang itu-itu saja dan bisa memperlambat pembakaran kalori dalam tubuh.

Baca juga: Anak Suka Berenang? Inilah 3 Cara Ampuh Melawan Efek Kaporit!

4. Berenang

tips menghilangkan lipatan perut
Image: Pexels

Selain olahraga lari, kamu juga bisa berenang untuk mengurangi bahkan menghilangkan lipatan pada perut. Berenang sendiri merupakan latihan kardiovaskular yang akan membantu pembakaran kalori dalam tubuh. Cukup lakukan olahraga ini tiga kali dalam seminggu secara rutin selama kurang lebih satu jam lamanya. Selain untuk melatih kardiovaskular, berenang juga memiliki efek menenangkan dan terbukti bisa mengurangi kadar stres yang merupakan salah satu pemicu munculnya lemak pada perut. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui kan, ShopBackers?

5. Junk food is a big NO, guys!

tips menghilangkan lipatan perut
Image: Pexels

Imbangi juga pola hidup kamu dengan mengonsumsi makanan sehat setiap harinya. Pastikan kalau kebutuhan nutrisi kamu mencukupi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, buat kamu yang hobi banget mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji, coba deh perlahan-lahan kurangi atau bahkan berhenti untuk mengonsumsinya. Seperti namanya, junk food merupakan makanan yang dianggap ‘sampah’ dalam tubuh, karena nggak mengandung zat atau nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, melainkan mengandung berbagai zat kimia (pengawet) yang akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras dan lama untuk mencerna makanan. Inilah yang akhirnya membuat perut menjadi buncit dan timbul lipatan pada perut.

6. Hindari tidur setelah makan

tips menghilangkan lipatan perut
Image: Informat

Biasanya, kebanyakan orang (mungkin termasuk kamu salah satunya) akan merasa ngantuk dan tertidur setelah makan karena kekenyangan. Nah, ini juga yang menyebabkan timbulnya lipatan pada perut. Maka, ada baiknya untuk langsung beraktivitas setelah makan agar lemak nggak menumpuk di perut. Bentuk pencegahan lainnya adalah usahakan untuk nggak makan di kamar, apalagi di atas tempat tidur. Hal inilah yang membuat kamu akan semakin mengantuk setelah kenyang.

7. Kurangi begadang

tips menghilangkan lipatan perut
Image: AskMen

Siapa diantara kamu yang suka sekali begadang? Entah untuk mengerjakan tugas atau hanya sekedar menonton film atau sepakbola. Coba kurangi kebiasaan buruk ini agar lipatan perut kamu nggak semakin parah, karena saat begadang kita akan cenderung lebih mudah makan saat tengah malam. Makan atau menikmati camilan saat tengah malam tentunya memiliki efek yang kurang baik terhadap tubuh, maka dari itu segera kurangi kebiasaan ini, ya. Masih ada hari esok kok untuk menyelesaikan tugas dan menikmati film kesukaan kamu.

Kunci utama agar beberapa tips di atas berhasil dilakukan adalah konsistensi diri. Jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukanlah secara rutin dan lawan rasa malas serta bosanmu. Jangan sampai lipatan pada perutmu ini justru jadi penghalang kamu untuk beraktivitas ya, ShopBackers!

“Suka belanja online? Yuk belanja lewat ShopBack dan dapatkan cashback menariknya! Nikmati juga promo menarik lainnya dari kami, ya! Klik di sini untuk mendapatkan promonya

Featured image: Pinterest