Pernahkah kamu merasa sulit beradaptasi dengan lingkungan baru? Jika iya, mungkin artikel ini akan cocok untuk kamu. Sering kali kita merasa canggung memulai pembicaraan atau mengakrabkan diri dengan orang yang baru dikenal. Padahal itulah yang menjadi kunci untuk cepat beradaptasi.

Dalam kehidupan, tidak mungkin kita hanya berdiam diri dan stuck di satu tempat. Maka, kita perlu mengetahui cara berinteraksi dengan orang lain. Karena mau tidak mau kita akan berkenalan dengan orang yang baru di tempat yang baru. Lalu bagaimana cara mudah untuk cepat akrab  dengan orang yang baru dikenal?

1. Bawa cemilan atau makanan ringan

Image: Pixabay

Kedengarannya simple banget kan ya, tetapi memiliki dampak yang sangat kuat lho. Sebungkus makanan ringan dapat membantu dalam memulai pembicaraan atau mencairkan suasana di lingkungan baru. Pasti terasa kikuk dong kalau harus memulai pembicaraan tanpa ada prolog. Nah, makanan ini dapat dijadikan sebagai basa-basi awal untuk mengakrabkan.

Selain itu, rekan baru kamu akan nyaman dan memberikan respon positif atas kebaikan yang kamu berikan. Sambil makan ajaklah ngobrol hal-hal ringan yang kiranya dapat menyamakan perspektif kalian. Nggak terlalu berat kan ya untuk berbagi makanan dengan yang lain, simple tapi sangat bermanfaat kok. Nggak percaya? Cobain aja.

2. Tanya hal-hal yang terlihat sesuai dengan kepribadian mereka

Image: Pixabay

Kamu tidak harus menanyakan ini pada pertemuan pertama. Perhatikan saja bagaimana dia dalam berpenampilan selama beberapa kali bertemu denganmu. Lalu gimana kalo cuma sekali ketemunya? Ya, tanyain aja deh setelah agak lama berbincanag. Coba cari topik yang cocok dengan tampilan lawan bicaramu. Contohnya ya, dia berpenampilan trendi dengan hijab modisnya, bisa banget tanya merek hijab apa yang paling dia suka. Dengan begiu kamu juga dapat menilai kepribadiannya dengan mudah.

Mungkin untuk hal ini kamu bisa memakai prinsip ‘Let judge book by its cover’. Agaknya melenceng dari yang seharusnya ya. Tapi itu bisa menjadi langkah mudah untuk mencari tau sesuatu dari orang lain. Setidaknya kamu dapat menglarifikasi semua dugaanmu setelah bertanya. Wanna try?

3. Tetap jaga komunikasi

Image: Pixabay

Hal ini menjadi hal yang cukup penting dalam fase perkenalan. Jika kamu telah menjalin obrolan dengannya, usahakan saat bertemu dengannya tetap menyapa. Pun jika memungkinkan jagalah komunikasi dengan obrolan singkat saat momen tak sengaja bertemu itu.

Sekali lagi, berusahalah untuk menyapa sekalipun hanya dengan anggukan kepala dan senyuman kepadanya. Dengan begitu, orang akan merasa lebih dikenal dan diapresiasi keberadaannya. Coba kalo kita ketemu orang lain yang udah kenal pasti kan pengennya disapa kan, nah sama aja. Jadi jangan malu untuk menyapa. Siapa tau dengan kita menyapa, dia jadi terus ingat dengan kita.

4. Beri ucapan selamat atau hadiah di hari spesialnya

Image: Pixabay

Beri dia ucapan dan apresiasi di harinya, itu akan membuatnya merasa dihargai. Contohnya saat hari dimana ia diberi promosi kenaikan jabatan, hari wisuda, hari memenangkan perlombaan, hari ulang tahun, atau yang lainnya, beri ia penghargaan dengan hadiah ataupun hanya sekadar ucapan selamat. Mengapa hal ini penting? Penting, karena mayoritas orang akan melihat dan mengingat siapa saja orang yang ada untuk menghargai dan mengapresiasinya. Jadi pastikan kamu ada di deretan orang-orang yang dia anggap mengapresiasi kamu, jika kamu memang ingin akrab dengannya.

Baca juga: Lakukan 12 Cara Agar Tidak Menjadi Pemalu Ini Supaya Kamu Lebih Percaya Diri

5. Memahami cara pandang dan pola pikir orang lain

Image: Pixabay

Langkah kelima, ini adalah cara yang harus disadari oleh setiap orang untuk mengakrabkan diri dengan orang lain, yaitu dengan memahami dan membuat orang lain merasa dipahami. Kamu dapat mengajaknya berdiskusi dan mengobrol hal yang cocok untuk dibicarakan. Tanyakan apa pendapatnya dan bagaimana ia berfikir dengan sudut pandangnya. Lalu sampaikanlah pula apa yang menjadi pikiran dan sudut pandangmu. Ciptakan diskusi yang sehat sehingga kalian dapat lebih mengenal satu sama lain. Tersebab diskusi adalah langkah paling ampuh untuk menilai siapakah lawan bicara kita. Jika kita telah menemukan partner diskusi yang cocok percaya deh obrolan kalian bakal lebih seru.

Nah, itulah langkah-langkah membuat kita cepat akrab dengan orang lain. Simpel kan, mungkin beberapa diantara kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas secara tidak sadar. Nyatanya mudah kan untuk mengakrabkan diri dengan orang lain, cukup pahami dan hargai apa yang menjadi jalan pikirannya, maka dia juga akan melakukan hal yang sama pada kalian.

Perubahan itu pasti guys, jadi yang terpenting adalah bagaimana kita menyiapkan diri dengan perubahan itu. Gimana caranya?  Utamanya dengan adaptasi yang pastinya harus dilakukan segera. Jangan buat orang lain menunggu untuk mengenalmu. Tapi kenalkanlah pada mereka siapa dirimu.

Jadi, penasaran ingin mencoba? Coba deh terapkan langkahnya dan lihat bagaimana respon mereka!

“Ingin terus hemat dan untung saat belanja online? Yuk daftar di ShopBack dan dapatkan cashback hingga 30% tiap belanja di e-commerce kesayangan. Daftar di sini!”

Featured image: Freepik

Editor: Nimas Arini