Menabung merupakan aktivitas dimana seseorang menyimpan uangnya baik di bank, celengan, atau ditempat lainnya yang sekiranya aman untuk menyimpan uang tersebut.

Selain dikaitkan dengan penyimpanan uang, menabung juga bisa dikatakan sebagai sarana menyisihkan uang untuk penghematan sekaligus berjaga-jaga. Supaya jika ada kejadian “tak terduga” terlebih berurusan dengan ekonomi, kita tidak perlu bingung harus mendapatkan uang dimana.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah menabung bisa menjadi sarana untuk seseorang menjadi kaya.

Kamu tentu ingin dong menjadi orang kaya atau bahkan miliarder? Pemikiran seperti ini pasti pernah deh terbesit di kepala kamu atau bahkan semua orang.

Tapi apakah menjadi kaya itu mudah? Tentu tidak! Apalagi kalau kamu selalu menghabiskan uang untuk berfoya-foya. Dijamin keinginan menjadi “kaya” seperti yang ada dipikiranmu nggak akan terwujud.

Lantas bagaimana sih cara menjadi orang kaya? Atau minimal memiliki banyak uang? Tenang, kamu bisa kok melakukannya dengan mengaplikasikan tips-tips mudah berikut ini.

1. Pisahkan Tabungan Untuk Sekedar Menyimpan dan Untuk Membeli Sesuatu

pisahkan tabungan
Image: Unsplash/Rawpixel

Modal awal seseorang untuk memulai menabung adalah niat. Kalau niat saja belum ada, bagaimana mungkin kamu bisa menyisihkan uangmu? Jadi tetapkan dulu niatmu.

Setelahnya tetapkan tujuan menabung kamu untuk apa? Supaya nanti kamu bisa membaginya dengan baik. Coba deh pisahkan uang tabungan antara tabungan untuk membeli sesuatu, untuk jalan-jalan dan uang tabungan yang memang difungsikan untuk masa depan kamu. Jangan digabung menjadi satu!

Dengan pembagian tabungan tersebut, dijamin deh keuangan kamu akan lebih terkontrol. Ingat ya jangan sesekali mencoba mengambil uang tabungan lain untuk keperluan yang bukan seharusnya. Contohnya seperti kamu mau membeli barang, tapi mengambil uang dari tabungan masa depan. Kalau seperti itu nggak akan pernah berhasil dan keinginan menjadi kaya hanyalah keinginan belaka.

2. Jangan Sering Meminjamkan Uang Pada Teman

jangan meminjamkan uang ke teman
Image: Unsplash/Sharon McCathon

Bukan berarti kamu menjadi orang pelit, tetapi kebaikan tidak melulu harus ditunjukkan dengan meminjamkan uang. Memberikan pinjaman tentu boleh, tapi kamu harus bisa memastikan mereka bisa mengembalikan uang kamu pada waktu dan persetujuan yang telah kalian sepakati.

Meminjamkan uang pada sembarang orang hanya akan membuat penghasilanmu tidak signifikan dan akhirnya berujung pada ketidaksuksesan. Daripada menanggung malu karena menagih uang pada sembarang orang, lebih baik meminjamkannya pada orang yang bisa dipercaya dan sudah kamu kenal baik.

Baca juga: 6 Cara Menghemat Gaji Kamu Agar Tetap Awet. Penasaran?

3. Hindari Jebakan Lifestyle Berlebih

kehidupan berlebihan
Image: Unsplash/Jackey Dylag

Selain menghindar dari jebakan lifestyle yang berlebihan, seorang yang ingin menjadi miliarder tidak pernah menaikkan standar hidup mereka hanya karena pendapat mereka naik. Mereka justru cenderung memilih tampil sederhana dan apa adanya. Nah, ini bisa menjadi contoh untuk kamu agar tabungan kamu terkumpul lebih cepat.

Selain itu, hindarilah gaya hidup yang buruk hanya untuk ingin tampil trendy di mata teman-teman kamu. Dengan demikian, uang yang kamu tabung tidak akan terbuang sia-sia hanya karena ingin terlihat wow.

4. Kurangi Menonton Televisi Kabel

kurangi tv kabel
Image: Unsplash/Charles

Cara ini mungkin terkesan berat karena televisi kabel menjadi salah satu media hiburan yang biasa digunakan ketika rasa capek atau bosan dengan segala rutinitas mulai melanda. Tapi demi keinginan menabung cepat bisa terwujud, maka cara ini harus kamu lakukan. Kenapa?

Coba kamu bayangkan deh, kamu biasa membayar Rp 1 Juta per bulan hanya untuk tv kabel yang mungkin hanya ditonton selama beberapa jam saja. Sementara uang Rp 1 juta itu nggak sedikit lho. Dengan per bulan kamu menabung 1 juta, sudah 12 juta yang kamu dapatkan dalam setahun. Masa sih kamu mau menyia-nyiakan uang 1 juta hanya untuk menonton tv yang hanya beberapa jam? Sayang, kan?

Lagipula, di jaman yang sudah serba canggih ini kamu bisa kok menonton siaran televisi melalui smartphone. Tentunya selain dengan biaya yang lebih murah, kamu bisa mengaksesnya kapan dan dimana saja.

5. Membuat Daftar Kebutuhan dan Pengeluaran

daftar kebutuhan dan pengeluaraan
Image: Unsplash/Glenn Carstens

Ini mungkin cara lama, tapi cara ini selalu digunakan untuk mereka yang ingin mengontrol uang agar tidak boros.

Kamu bisa menggunakan cara ini untuk memantau aktivitas yang dilakukan dengan uang yang kamu miliki, sehingga nantinya masih memiliki sisa uang yang bisa disimpan untuk menabung. Meski terkesan rumit, tetapi cara ini bisa digunakan untuk mengatasi lemahnya semangat menabung.

Dengan adanya daftar kebutuhan dan pengeluaran, kamu tentu bisa melihat sesuatu yang telah dibeli dengan uang yang dikeluarkan. Jika telah mengeluarkan uang dengan berlebihan dan melihat hasil daftar catatan pengeluaran, kamu bisa sadar dengan apa yang telah diperbuat bahwa menghabiskan seluruh uang itu tidak baik.

6. Mengubah Paket Data Smartphone Kamu

mengubah paket data
Image: Unsplash/Fancycrave

Berapa sih uang yang biasa kamu keluarkan untuk membayar tagihan telepon per tahunnya? 5 juta? 6 juta? Atau bahkan lebih? Pernah berpikir nggak sih kalau sayang banget uang sebanyak itu hanya untuk membayar tagihan telepon?

Padahal, jaman sekarang sudah banyak aplikasi yang memungkinkan kamu menelepon secara murah atau bahkan gratis juga.

Coba deh mulai sekarang, ubah paket data smartphone kamu. Carilah paket data yang harganya masuk akal. Nggak perlu membeli pulsa terlalu banyak karena kini sudah bisa menelepon menggunakan aplikasi seperti line, skype, whatsapp, dan aplikasi lainnya.

Bahkan kini provider juga banyak kok yang menawarkan telepon gratis ke sesame provider. Lebih hemat lagi, kan?

7. Menabung dengan Uang Receh

menabung receh
Image: Freepik

Punya banyak uang receh di rumah tapi bingung mau ditaruh mana? Tabung aja yuk dicelengan kamu.

Nominalnya mungkin kecil banget sekarang, namun kalau kamu rajin untuk menabungnya kamu tentu bisa membeli apapun yang kamu butuhkan. Sekarang udah banyak lho orang yang sukses beli barang berharga cuma dengan uang receh.

Nggak melulu harus celengan sih, kalau kamu punya kaleng bekas susu, botol bekas minuman atau apapun yang sekiranya bisa dijadikan tempat untuk menaruh uang receh maka gunakan. Kamu bisa memulainya dengan wadah yang kecil dahulu. Kalau sudah terisi penuh kamu bisa menggantinya dengan wadah yang lebih besar lagi. Begitu seterusnya. Percaya deh cara ini akan membuatmu semangat untuk terus menabung.

8. Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

gunakan kartu kredit
Image: Unsplash/Rawpixel

Kartu kredit sebenarnya bisa menguntungkan bahkan merugikan si pemakai. Semua tergantung bagaimana kamu menggunakannya.

Nah supaya kamu nggak rugi dalam pemakaiannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti pembayaran yang tepat waktu, pemilihan kartu kredit dengan fitur dan keuntungan yang sesuai kebutuhan kamu, serta mencari suku bunga yang rendah jika kamu memang terpaksa membayar minimum setiap bulannya.

9. Buat Anak Rantau, Mencari Roomate Itu Penting

cari teman sekamar
Image: Freepik

Bekerja atau kuliah di luar kota yang jauh dari rumah? Solusinya pasti kamu akan menyewa rumah atau tinggal di kost, benar? Daripada harus bolak-balik dengan biaya yang jauh lebih mahal, menyewa atau kost jauh lebih efektif untuk menghemat uang dan tenaga.

Tapi terkadang ada biaya sewa yang mahal sehingga membuatmu berpikir dua kali untuk menyewa di tempat tersebut. Alhasil kamu akan mencari biaya sewa yang lebih murah, namun fasilitas yang didapatkan seperti tidak layak.

Daripada mencari tempat sewa murah yang berujung dengan ketidaknyamanan, kenapa nggak mencoba untuk mengakalinya dengan mencari roommate? Dengan demikian biaya sewa tentu akan lebih murah karena dibagi menjadi dua.

10. Jika Diperlukan, Lakukan Saja Refinancing

refinanceing
Image: Freepik

Kamu pasti paham dong kalau kini semua serba mahal? Salah satu contohnya dana pendidikan.

Nah, untuk kamu yang masih mengemban pendidikan saat ini, tentunya ini akan berpengaruh pada rencana menabung kamu.

Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan refinancing, alias memindahkan kredit ke lembaga keuangan atau bank dengan penawaran lebih baik.

Nanti kamu pasti bakal kaget melihat berapa banyak uang yang bisa kamu hemat dari perbedaan suku bunga yang tipis tersebut.

Mau berencana semaksimal apapun, kalau tidak dibarengi dengan “aksi” tentu nggak akan mendapatkan hasil. Jadi mulai sekarang ayo menabung cepat seperti tips di atas. Ingat jangan malas!

“Ingin terus hemat dan untung saat belanja online? Yuk daftar di ShopBack dan dapatkan cashback hingga 30% tiap belanja di e-commerce kesayangan. Daftar di sini!”

Featured image: Freepik