Siapa sih yang nggak pengen menikah dan menjalin kehidupan berumah tangga? Umumnya, setiap orang yang sudah cukup dewasa tentu menginginkan agar dirinya segera menikah. Selain karena bertujuan untuk mencari penerus, biasanya melalui proses pernikahan juga seseorang bertujuan untuk lebih mendewasakan diri lagi lewat sejumlah tanggung jawab baru yang harus diemban. Nah, supaya nanti pernikahanmu dianggap sah di mata hukum Indonesia, maka terlebih dahulu kamu perlu memenuhi sejumlah syarat nikah di KUA.

Daftar Isi:

Karena jika tidak, pernikahanmu akan dianggap tidak sah oleh hukum dan status pada KTP-mu pun tak akan berubah alias tetap ‘lajang’. Kasihan, kan? Makanya, yuk langsung aja disimak 14 syarat nikah di KUA berikut ini!

1. Surat keterangan untuk nikah

syarat nikah di KUA
Image: dokumen.tips

Pertama, luangkanlah waktu sejenak untuk pergi ke kantor desa atau kelurahan tempat kamu tinggal. Kemudian mintalah bantuan kepada pegawai yang sedang bertugas supaya membuatkanmu surat keterangan untuk nikah. Ikuti semua prosedurnya dengan baik dan tunggu sampai suratnya resmi keluar.

2. Surat keterangan asal-asul

syarat nikah di KUA
Image: kuangoromojokerto

Serupa dengan surat keterangan untuk nikah, surat keterangan asal usul juga bisa kamu dapatkan dari kantor desa atau kelurahan setempat. Surat ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui segala informasi dasar tentang kamu.  Mulai dari nama, tempat tinggal, tanggal lahir, pekerjaan kamu hingga info dasar kedua orangtuamu.

3. Surat persetujuan mempelai

syarat nikah di KUA
Image: dokumen.tips

Nah, ini surat yang terbilang penting banget untuk segera kamu bikin. Sebab jika tidak, si dia nanti keburu berubah pikiran dan gak jadi nikah dengan kamu. Bisa jadi, kan? Oleh karena itu, usahakanlah untuk mengurus surat ini terlebih dahulu agar si calon pasangan kamu cepat menandatanganinya dan sulit untuk berubah pikiran lagi.

4. Surat keterangan tentang orang tua

syarat nikah di KUA
Image: kuangoromojokerto

Untuk surat yang satu ini, kedua orangtua kamulah yang wajib mengisinya. Namun secara umum, isian yang ada pada surat ini  kurang lebih hampir mirip dengan surat keterangan asal usul, hanya berbeda pada formatnya saja.

5. Syarat nikah di KUA berikutnya adalah mengajukan surat pemberitahuan kehendak nikah di PPN setempat

syarat nikah di KUA
Image: slideshare.net

Setelah melengkapi semua dokumen diatas, maka langkah selanjutnya adalah mengajukan surat pemberitahuan kehendak nikah kepada pegawai pencatat nikah (PPN) pada KUA kecamatan setempat. Di dalam surat ini kamu akan mengisi data tentang nama kamu dan calon pasanganmu, hari/tanggal dan tempat pelaksanaan akad nikah, hingga mas kawin atau mahar.

6. Bukti imunisasi TT (Tetanus Toxoid) I bagi calon pengantin wanita, kartu imunisasi, dan imunisasi TT II dari puskesmas setempat

syarat nikah di KUA
Image: astrahealth.kinja.com

Kamu bisa meminta surat keterangan ini di Puskesmas terdekat ya. Biayanya pun murah sekitar Rp 15 ribu saja kok.

7. Membayar Rp. 30.000 untuk biaya pencatatan nikah

syarat nikah kua
Image: http://tolongshareya.blogspot.co.id/

Jangan lupa siapkan uang sejumlah Rp 300 ribu untuk mengurus biaya administrasi di KUA. Uang ini digunakan untuk biaya pencatatan pernikahanmu.

Baca Juga: 10 Tips Pernikahan Hemat yang Wajib Dicoba Para Calon Pengantin

8. Surat izin pengadilan kalau kamu tidak diizinkan oleh orangtua/wali

syarat nikah di KUA
Image: upstation.id

Biasanya ada lho orang yang pingin menikah tetapi terkendala oleh izin dari orangtua/wali-nya. Sementara salah satu syarat nikah di KUA adalah kamu butuh surat keterangan untuk nikah yang mana tidak akan dikeluarkan oleh pihak kelurahan tanpa izin dari orangtua kamu.

9. Pas foto ukuran 3 x 2 sebanyak 3 lembar

syarat nikah di KUA
Image: upstation.id

Jangan lupa juga untuk menyiapkan waktu untuk bikin pasfoto. Berhubung buku ini akan kamu miliki seumur hidup, nggak ada salahnya untuk dandan dan memakai pakaian terbaikmu ya.

10. Dispensasi dari pengadilan bagi calon suami yang belum berumur 19 tahun dan bagi calon istri yang belum berumur 16 tahun

surat nikah kua
Image: http://kuablimbingmalang.kemenagkotamalang.net

Supaya ngg akbanyak yang nikah muda, pemerintah membuat peraturan khusus ini. Ntar, mau dikasih makan apa anak istri?

11. Surat izin atasan bagi kamu yang termasuk anggota TNI/POLRI

syarat nikah di KUA
Image: akuratnews.com

Surat izin wajib disertakan saat kamu mengurus pernikahan di KUA, terutama kamu yang bekerja di TNI ataupun POLRI.

12. Pingin poligami? minta izin dulu sama pengadilan

surat kua
Image: http://krjogja.com

Yup, harus punya izin, dong. Menurut undang-undang perkawinan, ada dua jenis syarat yang harus kamu penuhi kalau ingin mendapatkan izin dari pengadilan untuk beristri dua.

Syarat yang pertama adalah jika istrimu,

  • Tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai seorang istri
  • Mengalami cacat badan atau penyakit yang tidak dapat sembuhkan
  • Atau tidak dapat melahirkan keturunan

Syarat yang kedua adalah jika,

  • Istri/istri-istrimu menyetujui niat kamu untuk poligami
  • Ada kepastian bahwa kamu sebagai suami mampu menjamin keperluan-keperluan hidup istri dan anak-anak mereka
  • Ada jaminan kalau suami akan berlaku adil terhadap istri dan anak-anak mereka

13. Akta cerai atau kutipan buku pendaftaran talak/buku pendaftaran cerai bagi kamu yang sempat cerai dengan pasangan sebelumnya saat undang-undang nomor 7 tahun 1989 belum berlaku

syarat nikah di KUA
Image: bali.bisnis.com

Jika kamu atau pasanganmu sudah pernah menikah dan bercerai, wajib hukumnya untuk menyertakan surat Kutipan Akta Perceraian.

14. Terakhir, bagi kamu yang sedang janda/duda, kamu perlu untuk menyiapkan surat keterangan kematian suami/istri

syarat nikah di KUA
Image: kuangoromojokerto

Begitu juga jika pasanganmu meninggal dan kamu berkeinginan membangun rumah tangga baru. Sertakan juga Surat Keterangan Kematian Suami / Istri saat melakukan pendaftaran di KUA.

Jika kamu masih bingung, berikut adalah video penjelasan mengenai syarat nikah di KUA Indonesia:

Nah, itulah 14 syarat nikah di KUA yang perlu kamu siapkan. Ingat, supaya rencana akad nikah kamu lancar, persiapkanlah semua dokumen yang dibutuhkan jauh-jauh hari sebelum hari H. Alangkah baiknya bila kamu mempersiapkannya tiga atau empat bulan sebelum prosesi akad nikah dilangsungkan. Selamat menempuh hidup baru, ya!

Editor: Nimas Arini

Featured image: bridestory