Sejak dulu Jogjakarta memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi turis. Entah itu untuk keperluan menimba ilmu, bekerja, maupun sekadar untuk menikmati liburan bareng keluarga. Apapun itu, Jogja dipastikan selalu bisa menjadi tempat yang tepat bagi para wisatawan untuk mencapai tujuan mereka.

Dalam hal buah tangan, misalnya, Jogja menawarkan berbagai macam pilihan oleh-oleh berkualitas yang bisa kamu bawa pulang. Contohnya seperti 12 oleh-oleh khas Jogja berikut ini yang ternyata juga cukup populer di kalangan para wisatawan. Penasaran apa sajakah itu?n yuk, simak langsung penjelasannya di bawah ini.

1. Mamahke Jogja

mamahke jogja zaskia
Image: Kompasiana

Didirikan oleh pasangan artis Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca, Mamahke dikenal sebagai salah satu oleh-oleh dessert khas Jogja dengan rasa yang enak, manis, dan memiliki look yang kekinian. Nah, buat kamu yang suka makan cake, Mamahke Jogja ini tentunya cocok menjadi pilihan oleh-oleh yang tepat untuk kamu bawa pulang.   

Alamat:

  • Jalan Taman KT 1/329 Yogyakarta atau sebelah selatan Taman Sari
  • Pop-up di Lantai 2 Jogja City Mall (JCM) depan Food Garden
  • Terminal A Keberangkatan Domestik / Internasional Bandara Internasional Adi Sucipto
  • Plaza Ambarukmo, Lantai LG, Unit F2
  • Jl Laksda Adisucipto KM 7, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

2. Bakpia

Jika di Palembang terkenal dengan oleh-oleh pempek, maka di Jogja bakpia lah yang paling dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Bakpia merupakan salah satu jenis makanan ringan khas Jogja yang terbuat dari tepung terigu yang dipanggang dengan isian berbagai macam.

Mulai dari coklat, keju, cappuccino, green tea, bahkan durian. Meski begitu, pada awalnya bakpia justru hanya memiliki isian berupa kacang hijau. Jadi gimana? tertarik untuk membelinya?

Alamat: Dijual di hampir seluruh pusat oleh-oleh khas Jogja

Bakpia Princess Cake

bakpia princess cake syahrini
Image: Steemit

Bosan dengan bakpia yang berukuran kecil? Well, sebaiknya kamu coba deh berkunjung ke salah satu gerai Bakpia Princess Cake. Gerai oleh-oleh khas Jogja yang didirikan oleh Princes Syahrini ini terkenal menjual bakpia dengan ukuran yang besar-besar lho.

Selain itu, bakpianya juga tersedia dalam berbagai macam varian rasa; mulai dari strawberry, durian, red bean, choco banana, hingga double cheese. Nah, berkat ukurannya yang besar, bakpia ini pun otomatis bisa bikin kamu perut cepat penuh.

Alamat:

  • Stasiun Tugu, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271
  • kaki5 samping outlet bakso malang CAK MAN , Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

4. Geplak Mbok Tumpuk

geplak oleh oleh jogja
Image: Blibli

Buat kamu yang suka menyantap berbagai macam menu jajanan manis, geplak pastinya akan menjadi oleh-oleh khas Jogja yang wajib banget untuk kamu bawa pulang. Geplak merupakan salah satu jajanan khas jogja yang sedari dulu terkenal manis dan lezat.

Terbuat dari campuran parutan daging kelapa, gula, dan sedikit bahan pewarna makanan, geplak mampu membuat siapa saja yang melihatnya menjadi ngiler plus ketagihan setelah mencobanya.

Meski awalnya geplak cuman bisa kamu temukan di daerah Bantul, tetapi sekarang kamu sudah bisa kok membelinya di hampir seluruh toko/tempat yang menjual oleh-oleh khas Jogja. Namun jika kamu menginginkan geplak yang terbaik, maka sebaiknya datanglah ke Geplak Mbok Tumpuk yang berlokasi di Bantul.

Alamat (Geplak Mbok Tumpuk): Sumuran, Palbapang, Taskombang, Palbapang, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55713

5. Gudeg Kering Yu Djum

gudeg khas jogja
Image: Gudeh Yu Djum Pusat

Gudeg adalah salah satu makanan khas Jogja yang terkenal memiliki cita rasa manis dan gurih di lidah. Meski sebagian besar orang menganggap gudeg hanyalah makanan yang cocok untuk dimakan pada saat itu juga, namun sejatinya gudeg bisa juga lho dijadikan sebagai buah tangan untuk dibawa pulang.

Alasannya ialah karena gudeg kini juga telah tersedia dalam bentuk kering. Sehingga lebih bisa bertahan lama dan cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Nah, buat kamu yang tertarik untuk membeli gudeg kering, kamu bisa membelinya di Gudeg Yu Djum yang salah satu tempatnya berlokasi di Jl. Kaliurang Km. 5, Jogjakarta.

Alamat:

  • Kaliurang Km 4,5 Yogyakarta (timur MM UGM)
  • Wijilan No.167 Yogyakarta (Timur alun alun utara)
  • Kaliurang Km. 5 Koncoran Gg. Sri Katon 2 Yogyakarta
  • Laksda Adisucipto KM. 9 No. 6A Jogja (dekat bandara adisucipto)
  • Dagen No. 2C (Malioboro), Yogyakarta
  • AM sangaji No.93 Monjali Yogyakarta (utara Hotel Tentrem)
  • Jl Wates Km 12 Kalakan, Bantul

Baca juga: Rekomendasi 9 Soto dan Sop, Kuliner Jogja yang Nggak Kalah dari Gudeg

6. Kaos Dagadu Djokdja

kaos dagadu jogja
Image: Bukalapak

Selain terkenal dengan berbagai macam menu makanan uniknya, Jogja juga memiliki beragam produk pakaian dan aksesoris yang cocok untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Contohnya bisa kamu temukan pada produk-produk yang dijual oleh Dagadu Djokdja.

Dagadu Djokdja sendiri merupakan sebuah merk  terkenal asal Jogja yang fokus menjual berbagai macam produk fashion dan aksesoris yang menggambarkan tentang ciri khas kota pelajar yang satu ini lho. Caranya adalah dengan memasukkan segala hal unik tentang Jogja pada desain kaos, tas, gelas, hingga gantungan kunci yang mereka produksi.

Alamat:

  • Gedongkuning No.128, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172
  • Malioboro Mall LG, Jalan Malioboro, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271
  • Pekapalan Jl. Alun-Alun Utara No.7, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131
  • Raya Solo KM 8 No. 234, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kalongan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282 (Transmart)
  • Magelang Street No.KM. 6 No. 18, Kutu Patran, Sinduadi, Mlati, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55284 (Jogja City Mall)

7. Salak Pondoh

salak pondoh khas jogja
Image: Tribunnews

Salah satu oleh-oleh khas Jogja yang populer di kalangan para wisatawan adalah buah salak pondoh. Buah salak ini memiliki ciri khas daging yang putih kering serta memiliki rasa manis yang segar. Buah ini biasanya tumbuh di daerah sekitar lereng gunung merapi yang memiliki tanah subur, seperti di Sleman, Magelang, dan Muntilan.

Rasa manis dan kualitas kelezatan yang dimiliki oleh buah salak pondoh ini membuatnya sering diekspor hingga ke Selandia Baru lho. Nah, buat kamu yang penasaran dengan rasa manis buah ini, sebaiknya sempatkanlah diri untuk berkunjung ke daerah Sleman.

Terutama di kawasan agrowisata salak pondoh yang terletak di Kampung Gandung, Bangunkerto, Sleman. Pasalnya, hanya di kawasan itulah kamu bisa memperoleh salak pondoh dengan kualitas terbaik dan harga yang lebih murah.

Alamat: Banyak ditemukan di daerah Sleman bagian utara

8. Gerabah Kasongan

gerabah kasongan
Image: Antara News

Apakah kamu sedang mencari oleh-oleh khas Jogja untuk dipakai sebagai hiasan di dalam rumah? Jika iya, maka Gerabah Kasongan sangatlah patut menjadi pilihan kamu. Pasalnya produk hasil kerajinan tangan khas Jogja yang satu ini dikenal cukup luas memiliki kualitas yang bagus dan tahan lama.

Selain itu, dari segi desain gerabah kasongan juga dinilai cukup unik. Hal ini berkat kombinasi dari bahan rotan dan tanah liat yang digunakan dalam proses pembuatannya. Nah, buat kamu tertarik dengan produk kerajinan tangan ini, kamu bisa membelinya di pusat kerajinan gerabah yang terletak di Desa Kasongan, Pedukuhan Kajen, Bangunjiwo, Kabupaten Bantul.

Di sana kamu bisa menemukan berbagai macam pilihan produk gerabah mulai dari guci, vas bunga, hingga lampu hias dengan harga yang murah. Jadi bungkus gak nih?

Alamat: Jl. Kasongan No.223, Kajen, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184

9. Cokelat Monggo

cokelat monggo asli indonesia
Image: Jamelatour

Siapa bilang coklat yang enak hanya bisa kamu temukan di Belgia saja? Buktinya, di Jogja kamu juga bisa lho menikmati berbagai produk coklat berkualitas dari Cokelat Monggo. Yakni sebuah produsen coklat asal Jogja yang didirikan oleh seorang warga negara asing bernama Thiery Detournay.

Di Cokelat Monggo tersedia berbagai macam rasa coklat, seperti durian, cokelat putih, mangga, jeruk, hingga cabai merah. Meskipun pemiliknya adalah orang asing, setiap produk dari Cokelat Monggo tetaplah hanya mengambil biji-biji coklat pilihan yang berasal dari tanah air, seperti pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Alamat: Jl. Dalem KG III No.978, Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55173

10. Yangko

yangko pak parto
Image: Tokopedia

Di samping bakpia, ada juga yangko yang merupakan satu diantara sekian banyak oleh-oleh khas Jogja yang tidak boleh untuk kamu lewatkan. Terbuat dari tepung ketan dengan isian tertentu di dalamnya, yangko dikenal memiliki tekstur yang kenyal dan lembut saat disantap.

Sehingga tak heran jika sebagian masyarakat justru sering menganggap yangko sebagai makanan yang mirip dengan kue mochi asal Jepang. Meski pada awalnya yangko hanya memiliki isian berupa campuran dari cincangan kacang dan gula, tetapi kini yangko sudah bisa kamu nikmati dengan berbagai macam varian rasa.

Seperti strawberry, durian, coklat, melon, hingga nangka. Nah, buat kamu yang penasaran dengan rasa dari yangko, sebaiknya datanglah ke Kotagede yang mana merupakan kota asal dari kue kenyal yang satu ini.

Alamat: Yangko Pak Prapto, Jl. Pramuka No.82, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163

11. Jadah Tempe

jadah tempe khas jogja
Image: Travelingyuk
Jadah tempe merupakan salah satu makanan khas Jogja yang berasal dari Kabupaten Sleman. Makanan dengan tampilan yang sederhana ini terbuat dari olahan tepung kentan yang dilengkapi dengan beberapa buah cabe hijau, tempe, dan tahu bacem.

Meski tampilannya sederhana, jadah tempe ternyata merupakan salah satu makanan favorit dari Sri Sultan Hamengkubowono IX lho. Jadi, kalau kamu mempertanyakan soal rasanya, maka bisa dijamin pasti enak deh ya guys. Namun kalau kamu masih belum yakin, sebaiknya coba lah dulu sendiri dengan membeli satu porsi jadah tempe ini di berbagai tempat yang menjualnya. Contohnya seperti di kedai Jadah Tempe Mbah Carik yang terletak di sekitaran jalan Kaliuarang.

Alamat: Warung Jadah Tempe Mbah Carik, Kaliurang Street KM.12,5, Candi Karang, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55281

12. Tasuba (Tahu Susu Bakso)

tasuba jogja
Image: Tokopedia

Terakhir, salah satu oleh-oleh khas jogja yang juga cukup populer di kalangan para wisatawan adalah Tasuba, alias Tahu Susu Bakso. Tasuba ini memiliki tekstur tahu yang lebih padat daripada tahu bakso pada umumnya.

Di Jogja sendiri, tasuba biasanya dijual dengan harga Rp32 ribu per kotak dengan isi 5 -10 buah tahu bakso. Nah, buat kamu yang penasaran dengan oleh-oleh Jogja yang satu ini, kamu bisa langsung mengunjungi gerainya di Jl. Laksda Adisucipto KM 7,6.

Jadi, itulah tadi 12 oleh-oleh khas Jogjakarta yang paling populer di kalangan para wisatawan. Nah, diantara semua daftar oleh-oleh di atas, kalau boleh tahu yang mana sih yang ingin kamu bawa pulang?

“Yuk langsung belanja untuk persiapan puasa di ecommerce kesayangan

lewat ShopBack dan dapatkan cashback terbaik saat Promo Ramadhan 2019 ini.”

Featured image: Bakpia Kurnia Sari