Lakukan 6 Hal ini Kalau Passpormu Hilang di Luar Negeri

Paspor hilang saat berada di luar negeri adalah bencana yang paling menyebalkan. Mulai dari rencana harianmu berantakan, jalan-jalan nggak tenang, sampai menyita waktu rela bulak balik KBRI dan mengumpulkan berkas demi menyelesaikan masalah paspor tersebut.

Jangan panik, ini dia hal yang bisa kamu lakuin kalau tiba-tiba paspormu hilang saat sedang traveling ke luar negeri.

Hubungi pihak kepolisian terdekat

Image: marlborough-ma.gov

Hal pertama yang harus kamu lakuin begitu sadar kalau paspormu hilang, entah karena dicuri ataupun jatuh, kamu harus langsung melapor kepada pihak kepolisian untuk menceritakan kronologis kejadian. Kalau kamu yakin paspor tersebut dicuri, kamu harus mengisi formulir kehilangan dari pihak kepolisian tersebut sebagai data yang penting.

Baca juga: 8 Museum Makanan Di Dunia yang Wajib Dikunjungi Foodies

Hubungi pihak kedutaan Indonesia di negara tersebut

wikimedia.org

Image: wikimedia.org

Setelah melaporkan berita kehilangan ke pihak kepolisan, sebaiknya kamu langsung mengunjungi kedutaan untuk melaporkan kehilangan paspor dan meminta ganti yang baru. Jika dalam waktu dekat kamu harus pulang ke Indonesia atau bahkan traveling ke negara lain lagi, kamu harus segera mengurus SPLP atau Surat Perjalanan Laksana Paspor yaitu paspor sementara yang bisa kamu gunain untuk terbang dari negara asing tersebut.

Siapin berbagai berkas

e-ktp.com

Image: e-ktp.com

Nah, untuk mendapatkan SPLP, sama halnya kayak membuat paspor baru atau memperpanjang paspor, kamu wajib siapin berbagai berkas. Mulai dari kartu identitas kayak KTP, akta lahir, buku nikah atau KK, lalu surat keterangan kehilangan yang udah kamu urus sebelumnya di kantor polisi, formulir permohonan SPLP sebagai paspor sementara yang udah dilengkapi, serta foto untuk paspor sementaramu.

Karena kehilangan paspor bisa aja jadi hal yang terjadi oleh setiap orang, makanya usahain untuk selalu bawa KTP atau kartu identitasmu untuk jadi pegangan jikalau paspormu hilang.

GDN GDN 5000 17 Feb

Siapin uang untuk membuat SPLP

pexels-photo-164560

Image: pexels.com

Emang sih, paspor hilang udah jadi musibah yang nyebelin banget. Tapi tetap aja, untuk bisa keluar dari negara tersebut secara legal, kamu wajib ngurus SPLP dengan biaya tertentu. Untuk di Malaysia, harganya RM 15 dan USD5 di beberapa negara. Nggak begitu mahal memang, tapi tetap aja untuk kamu para traveler yang tight budget pasti jadi pertimbangan. Makanya, usahain untuk jaga dengan baik paspormu tersebut.

Baca juga: Berani Travelling Ke 5 Negara Paling Berbahaya Di Dunia?

Beritahu kapan penerbanganmu selanjutnya

pexels-photo-69866

Image: pexels.com

Saat ngurus SPLP, kamu bakalan melalui berbagai runtutan dan menunggu, salah satunya wawancara. Nah, saat wawancara tersebut, pastiin kamu kasih informasi kapan penerbanganmu selanjutnya, entah untuk pulang ke Indonesia atau untuk melanjutkan perjalanan ke negara lain. Hal ini bakalan ngebantu KBRI untuk menentukan deadline kapan harus ngeluarin SPLP untukmu.

gdn january

Jaga SPLP sampai tiba di Indonesia

http-::tukangjalanjalan.blogspot.co.id:

Image: tukangjalanjalan.blogspot.co.id

SPLP itu nggak bisa kamu miliki selamanya. Namanya juga paspor sementara, jadi fungsinya hanya untuk perjalananmu sekarang sampai pulang ke Indonesia. Oleh karena itu, pastiin kamu jaga dengan baik SPLP tersebut dan langsung urus pembuatan paspor baru saat udah sampai di Indonesia.

Untuk ShopBackers yang lagi cari tiket murah, khusus hari ini kamu bisa dapetin cashback s/d 40% setiap bertransaksi melalui ShopBack. Yuk langsung daftar jadi member ShopBack di sini

Featured image: unsplash.com

Artikel rekomendasi lainnya:

Blog-1Blog-5Blog-4Blog-3Blog-2Blog-6

Untuk ShopBackers yang gemar belanja online, khusus hari ini, dapatkan kode kupon, diskon, cashback, dan Promo Pegipegi setiap melakukan transaksi di Pegipegi melalui ShopBack.  Nikmati juga berbagai promo terbaru ShopBack, mulai dari Promo Kartu Kredit  dan promo Bank yang hadir bulan ini.

Yuk follow sosial media ShopBack untuk info, promo, dan kuis berhadiahnya!

Socmed-LINE

fb

IG

Socmed-4rev

 

Travel gdn kategori 9 february