Setiap memasuki bulan Februari banyak orang ramai membicarakan hari Valentine. Buat yang punya pasangan pasti mereka sibuk merencanakan acara romantis seperti makan malam berdua, nonton film cinta, dan menyiapkan hadiah spesial. Nah, buat kamu yang masih jomblo nggak usah galau karena pada dasarnya hari Valentine atau kasih sayang itu bukan perayaan khusus untuk yang punya pasangan aja kok.

Kamu bisa menyatakan kasih sayangmu pada anggota keluarga, teman akrab bahkan orang-orang yang belum kenal tapi membutuhkan perhatian seperti pengemis jalanan. Apa saja hal seru yang bisa kamu lakukan untuk merayakan Valentine sehingga kamu tidak merasa kesepian lagi? Yuk, simak ide-ide berikut ini.

1. Membuat kartu ucapan buat teman, saudara atau kakek nenek

Image: lovepanky

Kapan lagi kamu bisa memiliki kesempatan untuk menyatakan kasih pada orang-orang terdekat dengan kamu. Memang tradisi Valentine nggak terlalu terasa di Indonesia karena banyak menimbulkan pro dan kontra, tapi nggak ada salahnya kamu mencoba menyatakan kasih sayang lewat kartu ucapan. Kamu juga bisa banget membuat kartu ucapan sendiri yang unik.

2. Membuat sendiri hadiah untuk orang yang kamu sayangi

 

Image: Pixabay

Belum punya pacar atau pasangan bukan berarti kamu nggak bisa kasih kado di hari Valentine. Cobalah buat hadiah yang bisa kamu bikin sendiri, misalnya kue, masakan spesial buat mama atau scrapbook buat adikmu pasti mereka akan senang dengan pemberianmu di hari itu.

3. Berdoa minta Tuhan hadirkan pasangan

Image: Crosswalk

Tak perlu galau berkepanjangan jika kamu masih jomblo, berdoalah pada Tuhan agar kamu mendapatkan kekasih yang tepat dan terbaik. Jangan iri sama teman yang sudah punya pacar atau bahkan menikah. Anggaplah saat ini merupakan kesempatan untuk mengembangkan diri demi masa depan yang lebih baik sehingga saat kamu nanti bertemu dengan jodohmu kamu menjadi lebih siap menghadapi bahtera rumah tangga.

4. Berbagi kasih untuk sesama

Image: Pixabay

Mungkin inilah saatnya kamu berbagi kasih dengan sesama. Caranya sederhana dan mudah dilakukan kok, misalnya kamu bisa memasak dan membagikan buat tetangga kurang mampu, tukang becak, pengamen yang ada di sekitarmu. Atau kamu bisa mengunjungi tetangga yang sudah lanjut usia namun tinggal sendiri, kunjungan kamu bisa menghibur mereka, lho!

Baca Juga: Jomblo di Awal Tahun 2018? 4 Alasan ini Bisa Menjadi Penyebabnya

5. Memasak bareng mama

Image: Freepik

Selama ini kamu sibuk dengan aktifitas harian kamu yang menumpuk atau kamu terlalu asyik sama duniamu sampai melupakan mama yang setiap hari memasak untuk kamu. Di hari Valentine daripada galau kenapa tidak ambil waktu memasak bersama mama. Alternatif yang lain kamu bisa pergi ke rumah makan bersama keluarga jika kamu memang malas memasak.

6. Menonton film keluarga bersama saudara

Image: Freepik

Kembalikan semangat kamu dengan menonton film keluarga favorit bersama saudara, pasti seru nih! Kamu juga bisa memilih genre film yang lain jika kamu sedang nggak mood sama hal-hal yang berbau romantis.

7. Merayakan Valentine bersama teman-teman

Image: Freepik

Percaya deh, pasti diantara teman-teman kamu ada yang statusnya masih jomblo sama seperti kamu. Ajak mereka merayakan Valentine bareng dengan tukar kado, pakai baju kembaran warna pink, luluran bareng, jalan-jalan, karaoke bersama atau sekedar makan-makan. Dijamin acaramu nggak kalah seru sama mereka yang sedang merayakan Valentine bersama pasangan.

8. Membuat foto keluarga yang tematis

Image: Freepik

Bulan penuh cinta ini bisa kamu manfaatkan buat bikin foto keluarga yang seru lho! Misal bikin foto bareng keluarga yang semuanya mengenakan warna baju bernuansa pink, merah dan putih. Carilah tempat-tempat romantis untuk berfoto. Dijamin deh, kamu bakal mengenangnya seumur hidup. Jangan lupa upload ke social media ya, supaya dunia tahu kamu bangga sama kekompakan keluargamu di hari Valentine.

9. Makan malam bareng keluarga

Image: Freepik

Bosan pergi kemana-mana sendiri karena kelamaan menjomblo? Ajaklah anggota keluargamu untuk makan malam bersama. Masaklah makanan istimewa seperti makanan favorit mama atau kue-kue yang lezat. Percayalah anggota keluargamu pasti akan suka dengan ide seru mengisi hari Valentine meskipun kamu masih jomblo.

10. Menghias rumah

Image: Freepik

Masih merasa nggak ada yang istimewa di hari Valentine? Ide yang satu ini wajib kamu coba biar kamu nggak galau lagi. Hiaslah rumah dengan suasana yang berbeda. Bisa dengan bunga hias, wallpaper, balon, boneka atau pernak-pernik yang bisa kamu dapatkan dari toko.

Nah itu tadi ide seru merayakan hari Valentine yang bisa kamu coba sehingga kamu tidak punya alasan untuk bersedih atau merasa kesepian sampai mengasihani diri sendiri. Percayalah saatnya akan tiba di mana kamu akan memiliki pasangan hidup yang tepat. Siapa tahu kamu justru akan cepat mendapat pasangan karena kamu selalu menebarkan cinta kasih terhadap sesama. Penerapan ide di atas juga tak terbatas pada saat bulan Februari saja ya, karena menebar kasih sayang pada sesame dan keluarga layak dilakukan setiap hari.

“Yuk cari voucher makan untuk traktir teman di Fave lewat ShopBack dan dapatkan cashback menariknya.”

Featured image: Freepik

Editor: Nimas Arini