Memasuki bulan ramadhan, kamu pasti akan menerima banyak undangan buka puasa bersama dari berbagai alumni atau komunitas. Hingga membuat akhir pekanmu full dengan undangan berbuka puasa ini.

Selain menjadi momentum berharga untuk silaturahim, buka bersama juga dianggap sebagai reuni yang rutin dilakukan setahun sekali. Tapi, untuk mengajak bukber bukan hal yang mudah lho ShopBackers. Pasti banyak deh drama-drama yang terjadi saat mengundang mereka. Penasaran dengan drama apa saja yang akan kamu hadapi? Coba cek di sini yuk, siapa tahu kamu pernah mengalaminya juga.

1. Saat diajak, mereka akan menjawab terserah

buka puasa bersama
Image: FeedMe

Mengajak teman-teman untuk berbuka puasa bersama memang bukan hal yang mudah. Butuh taktik yang tepat karena kamu nggak hanya mengundang 3 sampai 5 orang tapi lebih dari 10 orang. Kamu harus berusaha semaksimal mungkin agar mereka semua mau datang.

Tapi yang namanya bukber, tentunya kamu harus menyatukan banyak kepala dan itu nggak mudah. Ketika kamu mengajak mereka di grup “Bukber yuk guys. Tapi enaknya di mana, ya?” dan sudah dipastikan banyak jawaban yang akan bikin kamu geleng-geleng kepala, ”terserah, gue ikut aja.” Kalau sudah begini, kamu cuma bisa elus-elus dada dan mesti cari taktik lain!

2. Nggak ketemu deh waktu yang pas!

buka puasa bersama
Image: pexels

Undangan buka bersama biasanya nggak cuma datang dari satu alumni atau komunitas saja, terkadang lebih dari lima undangan kamu terima dan itu diadakan di akhir pekan. Hal ini yang akhirnya sulit untuk memilih tanggal yang pas untuk buka bersama.

Ketika temanmu nggak bisa bukber di minggu kedua dan meminta bukber di minggu ketiga, tapi temanmu yang lain justru bisanya di minggu kedua. Kalau sudah begini, bingung deh nentuin jadwal yang pas.

3. Nggak cuma bingung soal waktu, kadang tempat makanan pun jadi perdebatan

buka puasa bersama
Image: pexels

Ini nih drama yang sering banget terjadi, bukan cuma bingung nentuin waktu yang pas tetapi terkadang tempat makan yang akan dijadikan bukber pun masih jadi perdebatan. Misalnya, sebagian temanmu nggak suka restoran A karena makanannya, tetapi temanmu yang lain justru ingin buka di restoran A karena harganya yang murah dan lokasinya instagramable.

Baca juga: 8 Alasan Klise Malas Diajak Bukber, Mana Nih yang Jadi Andalanmu?

4. Lokasi sudah oke, tapi mendadak temanmu bilang itu terlalu jauh dan daerah macet. Jadilah mikir lagi waktu yang strategis untuk semuanya

buka puasa bersama
Image: pexels

Kalau kamu tinggal di ibukota sudah pasti jalanan dan waktu tempuh menjadi pertimbangan untuk menentukan lokasi bukber. Kamu tentunya nggak mau waktumu terbuang di jalanan hanya karena terjebak dengan kemacetan orang-orang yang ingin mencari tempat buka puasa jugal. Kalau bawa kendaraan sendiri sih mungkin nggak masalah, tapi kalau kamu yang naik kendaraan umum dan lokasi rumahmu yang harus melewati waktu berjam-jam untuk menuju lokasi bukber pasti akan mikir panjang lagi deh. Well, harus mikir lagi nentuin tempat yang paling strategis.

5. Akhirnya waktu dan lokasi sudah oke. Tapi tiba-tiba beberapa hari menjelang bukber, batal!

Gulf News

Ini dia puncak dari rencana bukber yang bikin kesal. Sudah melalui perdebatan panjang, sudah menemukan waktu dan lokasi bukber yang pas tapi ujung-ujungnya malah batal. Dengan santainya temanmu bilang, “Sorry, ada bukber dadakan di kantor bareng atasan nih,”diajak bukber bareng calon mertua” atau “ortu ajak mudik lebih cepat jadi nggak bisa ikut.

Satu per satu temanmu mendadak membatalkan dengan berbagai alasan dan hasilnya bukber yang sudah direncakana lama pun batal. Kesal banget nggak, sih?

Nah kalau kamu, drama bukber mana yang pernah kamu alami ShopBackers?

“Yuk langsung belanja untuk persiapan puasa di ecommerce kesayangan lewat ShopBack dan dapatkan cashback terbaik. Klik di sini!”

Editor: Sintya W

Featured image: Pexels