Cara PDKT memang banyak caranya nih tapi salah satu yang pasti dilakukan adalah lewat chat. Bisa lewat WhatsApp, Line, BBM, atau aplikasi messenger lainnya. Kadang kala PDKT lewat chat ini malah nggak berhasil, mungkin kamu kebanyakan kirim kode tapi gebetanmu nggak sadar atau ada saja hal lain yang menjadi penganggu.

Sebenarnya cara PDKT lewat chat ini tergolong paling aman karena ya risikonya lebih sedikit. Dibandingkan dengan cara PDKT lainnya, biar nggak gagal PDKT lewat chat coba yuk intip tips berikut ini. Cara PDKT lewat chat yang satu ini bakal membuat hubunganmu maju dan nggak diam di tempat.

1. Sabar menunggu balasan

Image: Malesbanget com

Hal yang paling bikin waswas dan baper kalau PDKT lewat chat adalah menunggu balasan. Berhubung kamu nggak bertatap muka langsung jadi kamu juga nggak tahu kan gimana keadaan gebetanmu. Makanya kamu harus lebih sabar nih, nggak semua orang selalu siap sedia pegang handphone dan langsung membalas. Mungkin gebetanmu mau tarik ulur atau mau melihat reaksimu. Jadi ya sabar aja kalau lagi nunggu balasan dari gebetan ya. Jangan terus mengejar-mengejar dengan pertanyaan “Kok nggak dibales sih?” atau “Kamu lagi sibuk banget ya?”.

2. Jangan cepat baper

Image: Hitman System

Setiap orang punya standar kedekatannya sendiri nih jadi hati-hati sama jempol kamu ya. Beberapa orang memang ada saja yang gampang baper. Misalnya dengan panggilan aku-kamu atau dia chat “Aku udah di rumah ya”. Mungkin kamu langsung baper dan berpikir yang indah-indah nih waktu dipanggil atau dapat chat gini. Tapi belum tentu si dia beranggapan yang sama, siapa tahu memang dia kebiasaan pakai aku-kamu. Intinya sih harus jaga hati dan perasaan baik-baik jangan sampai malah kamu yang terjebak sama perasaanmu sendiri.

Baca juga: Girls Ini Lho 6 Tips Menghadapi PDKT yang Nggak Maju-Maju

3. Tunjukkan keseriusanmu

Image: Keepo

Walaupun hanya lewat chat kamu tetap bisa kok menunjukkan keseriusanmu. Banyak cara menunjukkan kalau kamu memang serius PDKT sama gebetanmu. Misalnya saja dengan memperhatikan setiap chat keluh kesah dari gebetanmu. Saat seperti ini mungkin kamu bisa memberi saran untuk menunjukkan kalau kamu memang benar-benar perhatian dan serius ke dia.

4. Pilih kalimat yang menimbulkan rasa ingin membalas

Image: Malesbanget

Jangan jadi orang yang membosankan! Coba deh pilih kalimat atau topik yang menarik jadi si dia juga tertarik untuk membalas. Jangan hanya konsisten menanyakan “Udah makan belom” atau “Kamu lagi ngapain?”. Pertanyaan sederhana ini bisa membuat gebetanmu bosan ya walaupun sebenarnya kamu ingin menunjukkan perhatian. Daripada terus-terusan menanyakan hal ini coba deh buat pertanyaan lainnya. Misalnya kamu coba kirimkan link video atau artikel yang menarik dari sini topik baru bisa jadi bahan obrolan yang nggak membosankan.

5. Kepo boleh tapi jangan keterlaluan

Image: Unsplash

Biasanya nih banyak banget yang dalam masa PDKT itu super kepo. Banyak hal yang jadi pertanyaan tapi kadang kala kamu juga harus memilah-memilah nih. Nggak semua hal harus kamu kepoin atau cari jawabannya. Kalau kepo yang masih tahap wajar sih nggak kenapa-kenapa ya. Jangan sampai gebetanmu kabur karena kamu terlalu kepo pas chatting.

6. Jangan malas untuk research soal gebetan

Image: Unsplash

Balik lagi nih namanya juga lagi masa-masa pendekatan atau perkenalan ya ini saatnya kamu lebih banyak cari tahu. Jadi jangan malas untuk research soal gebetan tapi jangan terlalu kepo ya. Coba deh cari tahu hal-hal umum soal gebetanmu misalnya suka band apa atau hobi apa. Dari sini kamu bisa mengembangkan bahan obrolan biar nggak stuck di satu tempat saja. Kalau ternyata kamu punya teman yang sama juga bisa nih dimanfaatkan untuk mencari tahu soal gebetanmu ini.

7. Pakai emoticon yang nggak alay

Image: AndroidIT

Zaman sekarang chat tanpa emoticon memang terasa hampa. Tapi ya jangan sampai kamu malah terlihat alay dengan emoticon atau stiker saat chat sama gebetanmu. Pakailah emoticon dalam batas wajar jangan sampai kamu dicap alay ya. Nggak mau kan dicap alay gara-gara kebanyakan pakae emoticon nggak penting.

8. Berikan ruang sendiri

Image: Freepik

Nggak semua orang bisa dideketin dengan cara agresif jadi ya kamu harus tahu kapan dia butuh ruang sendiri. Cara ini biasanya ampuh untuk melihat seberapa serius gebetanmu. Namanya mau menjalin hubungan ya yang usaha dan sayang harus dua-duanya kan. Sesekali coba deh jangan chat dia dan lihat reaksinya seperti apa. Tapi ingat ya jangan terlalu lama memberikan ruang sendiri ini nanti malah dikira nggak serius. Kamu juga bisa bilang terlebih dahulu ke gebetan kalau bakal sibuk beberapa hari ke depan jadi slow respon atau bahkan nggak bisa dikontak.

Kalau semua cara PDKT lewat chat ini berhasil jangan lupa untuk ajak dia ketemuan ya. Biar kamu juga dilihat lebih serius, nggak mungkin kan terus-terusan berhubungan lewat chat aja ShopBackers!

“Biar lancar PDKT-nya yuk isi paket data lewat Pulsa & Produk Digital Tokopedia

lewat ShopBack dan dapatkan cashback terbaiknya. Klik di sini!”

Featured image: Unsplash