Komunikasi dalam sebuah hubungan merupakan salah satu landasan yang penting agar hubunganmu dan pasangan tetap harmonis.  Dengan adanya komunikasi, kalian tentu bisa lebih peka dan memahami satu sama lain.

Jika komunikasi tidak ada, hubungan kalian akan terasa lebih hambar. Cinta yang dirasakan pun takkan berarti banyak jika hanya tersimpan di dalam hati dan dinikmati sendiri. Hanya dengan komunikasi cinta terasa lebih berarti, bukan hanya untuk kamu tapi juga pasanganmu.

Tapi sayangnya, tidak semua pasangan sadar betul akan pentingnya arti komunikasi. Ada yang cuek banget soal kabar, bahkan menganggap komunikasi itu nggak penting bikin ribet dan akhirnya berujung dengan menghilang seharian tanpa kabar. Padahal saling berkabar bisa dikatakan komunikasi utama antara kamu dan pasangan.

Nggak melulu harus ngabarin kok. Tapi setidaknya, jangan sampai benar-benar cuek hingga menghilang tanpa kabar. Kalau kamu tengah sibuk karena urusan yang memang nggak bisa diganggu, ya selesaikan saja dulu. Tapi sebaiknya cobalah untuk berkabar dulu sebelumnya agar pasanganmu bisa mengerti dan nggak khawatir dengan hilangnya kamu.

Seringnya sih, cowok-cowok nih yang menganggap “memberi kabar” itu bikin sulit dan ribet. Nah akhirnya cewek-cewek deh yang nggak tenang, pusing, resah karena si pacar nggak ada kabar. Apalagi kalau menghilang seharian. Aduh! Nggak cuma resah, bahkan bisa bikin kesal yang berujung marah-marah dan mood berantakan seharian.

Memang, marah adalah perasaan yang wajar apalagi untuk cewek yang hatinya sensitif. Tapi kalau marah-marah terus bukannya menyelesaikan masalah, yang ada hubungan kalian jadi renggang lho. Mau?

Nah, daripada marah-marah nggak jelas ada kok cara yang lebih elegan untuk menghadapi kekesalan kamu akibat pacar yang menghilang tanpa kabar. Begini caranya

1. Tetap tenang, jangan panik

tetap tenang jangan panik
Image: Unsplash/Abigail Keenan

Menghilangnya si dia tanpa kabar bukan berarti kamu harus resah, uring-uringan sepanjang hari. Cobalah tetap tenang, nggak perlu panik. Belum tentu pacarmu melakukan hal-hal yang aneh kok. Percaya deh, tetap tenang akan membuatmu terhindar dari keputusan-keputusan yang nantinya bakal bikin kamu menyesal dan berakhir pada hubungan kalian yang tidak baik.

2. Jangan berpikir macam-macam agar terhindar dari pertengkaran

jangan berpikir macam macam
Image: Unsplash/Ben White

Nah pikiran-pikiran yang jelek biasanya sering banget jadi kebiasaan cewek. Cewek tuh biasanya suka banget berpikiran aneh-aneh seperti cowok kamu selingkuh, nggak sayang lagi sama kamu, si dia mulai bosan dan pikiran jelek lainnya yang akhirnya bikin hatimu semakin nggak tenang dan emosimu semakin memuncak.

Padahal apa yang ada dipikiranmu belum tentu benar, bisa jadi dia memang benar-benar sibuk atau ada sesuatu hal lain yang bikin dia belum bisa menghubungimu sama sekali. Jadi sebisa mungkin cobalah kendalikan pikiranmu agar tetap positif biar kamu hubungan kalian tidak berantakan nantinya.

3. Jangan menelpon dan mengirim chat berkali-kali, pasanganmu bisa jengah

jangan menelpon berkali kali
Image: Unsplash/Priscilla Du Perez

Ketika dia sama sekali nggak ada kabar kamu pasti merasa takut, panik dan khawatir. Hal inilah yang akhirnya mendorong kamu untuk menanyakan kabarnya. Namun, perlu kamu ingat ya jangan pernah melakukannya secara berlebihan.

Jangan sekali-kali mencoba menelponnya hingga berulang-ulang atau bahkan mengirimkan puluhan chat dengan nada putus asa. Dia bukannya senang dengan perhatian kamu, justru dia akan merasa jengah. Kalau sudah jengah, dia bisa benar-benar menghilang lho bahkan minta putus. Emang kamu mau?

Baca juga: Ladies, Ini Dia 4 Cara Menghadapi Cowok Cuek yang Bisa Kamu Coba!

4. Nggak sabar nunggu kabar? Kepoin aja via medsos

kepoin medsos untuk tahu kabarnya
Image: Unsplash/Erik Lucatero

Daripada menunggu kabar dia yang tak kunjung tiba, coba aja stalking media sosialnya. Siapa tahu dia sempat mengupload kegiatannya pada hari itu atau minimal ada orang yang tag foto kebersamaannya dengan pasanganmu.

Di fitur Instagram kini bisa kan melihat siapa saja orang yang tag foto ke kita? Nah kamu bisa tuh manfaatin buat cari tahu info tentang si dia. Bisa juga stalking langsung akun keluarga atau temannya. Darisana siapa tahu kamu dapat clue yang bisa bikin hatimu sedikit tenang dan nggak uring-uringan lagi.

5. Setelah dia sudah bisa dihubungi, jangan langsung banyak bertanya

jangan langsung banyak bertanya
Image: Unsplash/Rawpixel

Percaya deh, ada momen dimana si dia pasti bakal menghubungimu. Dan disaat momen itu terjadi jangan pernah sekalipun mencecarnya dengan berbagai pertanyaan. Kenapa? Karena dia sudah pasti akan merasa jengah layaknya seorang pesakitan yang tengah diinterogasi. Jadi, yang perlu kamu lakukan hanya diam. Tunggulah sampai dia menjelaskan mengapa belum bisa menghubungimu.

6. Jangan langsung marah-marah, dengarkan alasannya dulu

cara menghadapi pacar yang nggak ngasih kabar
Image: Unsplash/Ben White

Marah dan ngambek nggak akan pernah bisa menyelesaikan masalah. Justru hal itu yang akan memicu masalah baru  yaitu pertengkaran hebat dan mencerminkan sikapmu yang kekanakan. Jadi, langkah bijak yang perlu kamu lakukan adalah diam, dengarkan dulu alasannya dengan tenang dan usahakan untuk tidak memotong setiap kalimatnya ketika dia belum selesai bicara. Jadilah pendengar yang baik.

7. Bicarakan baik-baik supaya kamu lega

saat pacar menghilang
Image: Unsplash/Yolanda Sun

Meski tidak perlu marah dan ngambek, kamu tetap harus tegas padanya. Supaya pasangan tahu bahwa kamu tidak suka diperlakukan demikian. Bicaralah dari hati ke hati. Sampaikan ke dia tentang perasaanmu yang menunggu kabar dia seharian.

Bilang padanya apa yang kamu mau, lalu carilah solusi agar kalian berdua sama-sama enak menghadapi situasi seperti ini. Carilah cara agar permasalahan ini tidak terulang kembali di kemudian hari. Misalnya saja membuat kesepakatan bahwa masing-masing pihak wajib mengabari dulu sebelum sibuk dan menghilang seharian.

Tapi jangan sampai kamu menuntut dia untuk terus ngabarin kalau semisal dia benar-benar nggak bisa ya. Minimal yang terpenting adalah dia sempat mengabari kamu dulu sebelum benar-benar nggak bisa diganggu. Kalau kamu menuntut begitu sih dia bisa jengah dan akhirnya malah pergi ninggalin kamu.

Menjalin sebuah hubungan itu kan tentang menyelaraskan langkah, memahami satu sama lain. Nah supaya hubungan kalian berjalan sebagaimana mestinya, maka pandai-pandailah berkompromi termasuk hal seperti ini.

8. Belum ada kabar juga? Sabar! Menunggu adalah pilihan terbaik

cara menghadapi pacar cuek
Image: Unsplash/Rawpixel

Setelah mencoba berbagai cara mencari kabar, tapi dia belum ada kabar sama sekali cara terakhir yang bisa kamu lakukan hanyalah menunggu. Iya kan? Apalagi cara yang bisa kamu lakukan selain menunggu? Mau tanya ke keluarganya atau teman-temannya? Bisa sih, tapi percaya deh kamu akan dianggap sebagai pacar yang terkesan insecure. Mau dicap kek gitu? Bisa-bisa temannya suruh dia untuk ninggalin kamu lho. Kalau sudah begini, kamu bakalan nyesel dengan keputusanmu sendiri.

Hubungan itu nggak hanya bicara soal hati dan kepercayaan namun juga komunikasi antar dua arah. Maka penting untuk saling membuka komunikasi agar terciptanya hubungan yang lebih baik, selaras, dan harmonis. Komunikasi yang baik tentu bisa membuat kalian berdua saling memahami dan mengerti satu sama lain.

So, mulai sekarang yuk terus mencoba untuk saling mengabari meskipun hanya sekali saja agar tidak ada timbul pikiran-pikiran negatif yang berujung pada kandasnya hubungan kalian ya ShopBackers!

“Ingin terus hemat saat belanja di e-commerce favorit? Jangan lupa belanja lewat ShopBack dapatkan promo dan cashback terbaiknya. Klik di sini untuk daftar!”

Featured image: Freepik