Sudah mengeluh soal kulit wajah yang terlihat menua dan ada kerutan halus? Kalau sudah mencoba berbagai cara dengan pergi ke dokter kecantikan dan skincare tapi tidak membuahkan hasil mungkin kamu harus berpindah ke bahan alami. Yuk coba 26 bahan alami ini untuk mengencangkan kulit wajah. Bahan-bahan alami ini sangat mudah untuk ditemukan dan cara membuatnya pun nggak ribet.

1. Facial message

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Man Rappeler

Cara yang satu ini rasanya nggak terlalu sulit untuk dilakukan dan sangat murah karena kamu sama sekali tidak perlu mengeluarkan uang sepserpun. Cobalah untuk memijat wajah secara teratur sebelum tidur, cara sederhana ini bisa memperlancar sirkulasi darahmu. Caranya lakukan gerakan mememutar dan pijat kulit wajahmu secara perlahan. Ingat ya jangan terlalu kencang dan jangan juga melakukan gerakan menggosok wajah. Facial massage ini juga bisa membantu meregangkan otot-otot dan membuatnya menjadi lebih rileks. Kalau kamu rajin melakukan pijatan halus ini secara rutin setiap malam sebelum tidur kulit wajahmu akan terlihat lebih kencang dan bisa menghilangkan keriput.

2. Manfaatkan putih telur

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: The Kitchen Mc Cabe

Sudah pernah dengar dong kalau putih telur itu bisa menjaga kecantikanmu? Ya, salah satunya adalah putih telur yang bisa kamu gunakan untuk membuat kulitmu lebih kencang. Nggak perlu repot kamu hanya perlu mengoleskan putih telur langsung ke wajahmu. Setelah menggunakan mungkin kamu akan merasa kulitmu seperti tertarik atau kencang, hal seperti ini wajar terjadi. Mengencangkan wajah dengan cara ini bisa dilakukan di hampir semua jenis kulit lho jadi nggak perlu khawatir akan iritasi.

3. Jeruk nipis

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: MyRyLife

Jeruk nipis juga ternyata menjadi bahan alami untuk mengencangkan kulit wajah. Buah yang satu ini memang kaya akan anti oksidan dan vitamin C lho. Selain bisa membuat kulit terasa lebih kencang rutin menggunakan jeruk nipis juga membantumu untuk terhindar dari jearwat, mengatasi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan wajah. Untuk kamu yang berkulit sensitif sebaiknya berhati-hati ketika menggunakan jeruk nipis ya. Asam dari jeruk nipis ini juga ampuh mengencangkan wajah lho.

4. Garam laut

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Mother Earth Living

Pasti kamu langsung merasa aneh ketika membaca poin yang satu ini. Ternyata garam laut juga bisa membantu mengencangkan kulit wajah lho. Garam laut ini memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi sehingga bisa menghilangkan kotoran yang menganggu pembentukan kolagen. Tapi ingat ya jangan langsung menggunakan garam laut di wajah, caranya cukup campurkan dua sendok teh garam laut kedalam bak mandi.

5. Masker kayu cendana

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Ledisia

Kamu bisa membuat DIY masker di rumah dengan menggunakan bubuk kayu cendana. Caranya campurkan bubuk kayu cendana dengan air mawar perbandingannya 1:1. Setelah kering basuh dengan air hangat setelahnya pasti kamu akan merasakan kulit wajahmu lebih kencang.

6. Pisang

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Indowarta

Punya pisang yang hampir busuk di rumah? Jangan dibuang lebih baik kamu manfaatkan buah pisang ini untuk membuat masker alami. Kamu hanya perlu menambahkan madu untuk membuat masker pisang ini. Langsung oleskan secara merata masker buah pisang pada wajahmu dan ulangi sekali seminggu ya ShopBackers! Cara mengencangkan kulit wajah yang satu ini juga bisa membantu melembabkan kulit jadi cocok untuk kamu yang punya jenis kulit kering.

7. Teh hijau kaya akan antioksidan

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Glowpink

Selain baik diminum setiap hari teh hijau juga bisa membuat kulit wajahmu lebih kencang. Lebih hebatnya lagi teh hijau ini juga kaya akan antioksidan yang tentu saja bisa menghambat proses penuaan. Jadi bukan hanya kencang sajabisa  dengan pemakaian teh hijau ini kamu bisa menghambat tanda-tanda penuaan dini. Bertambahnya usia memang jadi musuh untuk kulit jadi memakai bahan yang mengandung antioksidan tinggi seperti teh hijau bisa membantu mengurangi tanda penuaan dini.

8. Buah pepaya

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: HowToXP

Sama seperti teh hijau, pepaya juga mengandung banyak antioksidan dan zat papain. Kamu bisa nih membuat masker wajah dengan buah pepaya yang harus kamu perhatikan adalah gunakan pepaya yang sudang matang. Lakukan rutin minimal 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

9. Cuka apel

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: cuka apel

Cuka apel memang rasanya asam tapi banyak manfaat yang dikandung lho. Kalau selama ini terkenal bisa menjaga kesehatan tubuh, rupanya cuka apel juga bisa mengencangkan kulit wajah. Caranya kamu cukup mencampurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air lalu aplikasikan dengan menggunakan kapas.

10. Lidah buaya

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: perawatan kulit wajah

Lidah buaya juga punya banyak manfaat untuk kecantikan mulai dari menyembuhkan sun burn sampai mencerahkan kulit wajah. Mengencangkan kulit wajah juga bisa menggunakan gel dari lidah buaya. Kalau kamu malas membuatnya, kamu bisa kok menggunakan gel lidah buaya yang ada di pasaran. Nggak ada salahnya nih untuk menjaga kulit wajah dengan mengaplikasikan lidah buaya setiap malam secara rutin sebagai masker sebelum tidur.

11. Tomat

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Bon Appetit

Tomat yang kaya akan likopen ini juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah. Senyawa antioksidan yang ada di dalam buah tomat ini bisa menangkal radikal bebas di sel kulit. Hal inilah yang membuat kulit wajah lebih kencang dan mengurangi dampat kerusakan kulit yang diakibatkan sinar UV. Seperti yang kamu tahu sinar matahari memang jadi musuh utama kulit, jadi coba juga pakai skincare yang mengandung SPF ya!

12. Air rendaman beras

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: kesehatan kulit

Produk kecantikan SK2 pasti kamu sudah kamu kenal lebih dahulu. Tapi tahu nggak sih kandungannya ternyata terbuat dari beras. Makanya nih air rendaman beras juga bisa membuat kulit wajah terlihat kencang karena ada asam feruulic dan allantoin-nya. Kedua kandungannya inilah yang membuat air beras mampu membuat kulit wajah lebih kencang.

13. Campuran kol + telur + tepung beras

 

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: interkini

Walaupun 3 bahan ini bisa menjadi bahan yang enak untuk dijadikan bakwan, tapi nyatanya campuran bahan ini bisa mengencangkan kulit wajah. Nggak percaya? Coba deh buat campuran kol, telur, dan tepung beras ini. Aplikasikan seperti kamu sedang menggunakan masker. Lakukan satu seminggu sekali voila kulit wajahmu akan terasa lebih kencang.

14. Masker arang aktif

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Twitter

Masker hitam yang satu ini sempat jadi tren di tahun 2017 yang lalu. Selain bisa menjadi antioksidan untuk kulit, masker arang aktif ini bisa juga mengencangkan kulit lho. Walaupun akan terasa sedikit sakit masker arang aktif ini juga sangat efektif dan hasilnya bisa dilihat langsung. Masker ini juga efektif mengangkat sel sel kulit mati yang kadang susah untuk dibersihkan, selain itu masker arang ini bisa membantu meregenarasi kulit wajah dengan cara alami.

15. Castor oil

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Diamond herbs

Walaupun agak susah untuk ditemukan castor oil juga bisa membantu mengencangkan kulitmu lho. Caranya dengan melakukan pijatan ringan di wajah. Castor oil ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit super sensitif. Mengencangkan wajah dengan pijatan lembut ini terbilang efektif dan tentu saja jauh dari efek samping.

16. Yogurt + telur putih + gula

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Rose and Lea

Seperti yang kamu tahu nih kalau telur putih itu memang jadi bahan paling baik untuk mengencangkan kulit wajah yang memiliki pori-pori besar. Apalagi kalau ditambah dengan putih telur dan gula. Yogurt ternyata bisa mengurangi jerawat dan membersihkan kulit wajah. Sedangkan gula bisa menjadi exfoliator alami yang bisa membersihkan pori-pori dan mengangkat kulit mati.

17. Kentang

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Mata Jurnal

Siapa sangka kentang bisa mengencangkan wajah. Kandungan yang ada pada kentang ternyata bisa menjadi antibiotik alami dan antioksidan. Kedua kandungan inilah yang bisa menghambat penuaan wajah dan mempercepat regenari kulit mati pada wajah. Tumbuk halus kentang rebus dan campurkan dengan 2 sdm susu lalu oleskan secara merata pada kulit. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

18. Kapsul minyak ikan

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: manfaatminyakikan

Selama ini suka mengonsumsi minyak ikan? Minyak ikan memang sangat baik untuk kesehatan di dalam tubuh. Nah ini saatnya kamu menggunakan kapsul minyak ikan untuk wajahmu. Caranya gampang banget kamu tinggal mengaplikasi minyak ikan ini ke dalam kulit wajahmu saja. Ulangi pemakaiannya setiap hari sebelum tidur. Tapi kalau kamu alergi terhadap ikan atau seafood sebaiknya kamu jangan meggunakannya minyak ikan ini ya.

Baca Juga: 7 Masker Alami untuk Wajah Agar Terlihat Makin Awet Muda

19. Kopi

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Koffee Scrub

Coba campurkan bubuk kopi, gula merah, minyak kelapa, dan kayumanis bubuk. Ramuan alami ini bisa menjadi masker wajah yang akan mengencangkan wajah. Gunakan scrub kopi ini 2 minggu sekali saja, terlalu sering menggunakannya malah bisa merusak kulit wajah.

20. Alpukat

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Cewek Banget ID

Ternyata buah alpukat juga bisa mengurangi tanda-tanda penuaan dini karena banyak mengandung karotenoid, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E yang banyak terkandung di alpukat ini lah yang bisa membantumu mencegah penuaan dini termasuk mengencangkan wajah. Sedangkan vitamin C bisa membuat kulit menjadi elastis dan menjaga kolagen dalam kulit wajah. Jadi alpukat ini bisa membantu produksi kolagen dalam kulit menjadi lebih baik, sedangkan vitamin C yang terkandung bisa membuat kulit terlihat jauh lebih cerah.

21. Jus buah lemon

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Tokopedia

Untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif lebih baik tidak menggunakan lemon ya. Sedangkan kamu yang memiliki kulit berminyak bisa menggunakan jus buah lemon untuk mengencangkan kulit wajah. Caranya mudah kamu tinggal mengaplikasikan perasan lemon ini dengan menggunakan kapas. Tapi hati-hati ya setelah mengaplikasikan buah lemon ini jangan sampai kamu langsung terkena paparan sinar matahari.

22. Kulit jeruk

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Creem Magazine

Kelit buah jeruk juga ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk menjaga kulitmu tetap kencang, bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan dalam tubuh saja nih. Caranya jemur kulit jeruk hingga kerung lalu tumbuk hingga halus. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta setelahnya kamu langsung bisa mengaplikasikan ke wajah. Tunggu 30 menit lalu langsung bilas dengan air hangat.

23. Madu

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Alis Madu

Madu yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit ini juga bisa dijadikan bahan alami untuk mengencangkan kulit lho. Selain kaya antioksidan, madu juga mengangkat sel kulit mati plus mengencangkan kulit wajah juga. Nggak perlu bahan yang mahal kamu hanya tinggal membeli madu dan langsung oleskan ke wajahmu saja deh. Jangan lupa bilas dengan air hangat untuk mendapatkan kulit wajah

24. Buah peach 

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Merdeka

Siapa sangka buah peach juga bisa dijadikan bahan alami untuk mengencangkan kulit. Kombinasi buah peach dan madu efektif untuk mengencangkan kulit. Campurkan kedua bahan ini dan buatlah seperti purelangsung aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit.

25. Baking soda

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: Care 2

Baking soda juga sering digunakan untuk bahan kecantikan, walaypun beberapa orang ada yang mengalami efek samping. Jadi sebelum menggunakannya ada baiknya untuk melakukan tes di bagian kulit lain ya ShopBackers. Kalau sudah yakin tidak mengalami efek samping atau alergi kamu hanya perlu mencampur baking soda dengan air untuk membuat pasta. Baking soda ini bisa mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit.

26. Kulit semangka

Cara Mengencangkan Kulit Wajah
Image: khasiat

Jangan buang kulit semangkamu! Kulit semangka ini sangat baik untuk kulit wajah lho. Cobalah menggosok kulit wajah langsung ke wajah. Tunggu 20 menit setelah itu bilas dengan air dingin.

Bahan alami ini dijamin bisa mengencangkan kulit wajahmu tanpa efek samping. Tapi tetap ingat ya sesuaikan bahan alami ini dengan jenis kulitmu, apalagi kalau kamu punya kulit yang cukup sensitif. Sebelum menggunakannya ke seluruh wajahmu coba dulu di bagian kulit lain misalnya punggu tangan.

Selain itu kamu juga bisa menjaga pola hidupmu nih seperti jangan merokok dan minum-minuman keras. Jangan lupa juga untuk berolahraga plus mengonsumsi makanan sehat. Kamu juga bisa nih mengganti rangkain produk skincare-mu dengan kandungan anti penuaan. Jadi nggak perlu lagi deh keluar budget lebih mahal untuk ke dokter kulit atau melakukan operasi.

Kamu hanya perlu rajin melakukan perawatan dengan bahan alami ini ditambah dengan olahraga dan konsusmis makanan sehat. Jangan lupa untuk minum air putih yang banyak ya!

Yuk langsung saja beli bahan alami ini di Honestbee lewat ShopBack dan dapatkan cashback terbaiknya!

Featured image: Career Girl Daily