Setiap orang mendapatkan jumlah waktu yang sama, 24 jam dalam sehari. Namun ada orang yang bisa memanfaatkannya secara optimal dengan melakukan berbagai kegiatan bermanfaat. Ada pula yang menghabiskan waktunya dengan santai, namun tetap merasa waktunya kurang.

Bagaimana denganmu? Sangat disayangkan jika kita tidak memanfaatkan waktu dengan baik, membuang berbagai peluang ataupun kesempatan untuk menjalani hidup sukses. Untuk itu simaklah 16 cara mengatur waktu yang akan membuatmu hidup sebagai orang sukses dibawah ini.

1. Skala Prioritas

membuat prioritas
Image: Unsplash/Stil

Seringkali ketika sedang banyak perkerjaan atau kegiatan, kita dipusingkan dengan banyaknya tuntutan untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan segera. Untuk mengatasi hal ini, biasakan untuk memberi urutan prioritas pekerjaan.

Lakukan dan selesaikanlah pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu, baru kemudian pekerjaan lainnya sesuai skala kepentingan pekerjaan tersebut.

Pola pikir seperti ini akan memudahkanmu dalam mengelola pekerjaan yang dilakukan. Kamu akan terbiasa untuk me-manage waktu yang dimiliki dengan baik. Menyelesaikan pekerjaan yang telah dibuat sesuai skala prioritasnya akan memungkinkan kamu memiliki waktu yang memadai untuk menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu.

2. Katakan “Tidak”

berhenti main sosmed
Image: Unsplash/Redpelle

Kadangkala kita mudah tergoda untuk melakukan berbagai kegiatan yang tidak begitu penting,  atau bahkan membuang waktu ditengah-tengah kesibukan pekerjaan. Misalnya, melakukan stalking sosial media seseorang, menghabiskan waktu untuk browsing di dunia maya atau bergosip dengan teman.

Stop lakukan hal yang membuang-buang waktu seperti ini. Ya, mungkin kamu tetap bisa melakukannya, namun tidak di tengah waktu sibuk. Berusahalah untuk menyelesaikan perkerjaan terlebih dahulu, sebelum melakukan hal yang kurang penting. Agar waktu tidak terbuang percuma, dan kamu tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

3. Fokus dengan Apa yang Sudah Dikerjakan

fokus pada pekerjaan
Image: Unsplash/Kickstefan

Latihlah dirimu untuk fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini. Mungkin kadangkala kamu merasa suntuk dan ingin rehat sejenak. Namun pastikan pekerjaan tetap ada di pikiranmu, hindari membuang waktu terlalu lama. Cukup 5 menit untuk rehat, kemudian segera lanjutkan pekerjaan.

Hindari memikirkan hal lain atau malah melakukan hal lain ketika sedang bekerja. Fokuslah pada apa yang sedang kamu kerjakan saat ini. Hindari godaan untuk menghabiskan waktu untuk hal yang kurang penting. Selesaikan segera pekerjaanmu, agar bisa memiliki konsentrasi penuh dan mengerjakan tugas dengan teliti.

4. Selesaikan Lebih Awal

selesaikan pekerjaan lebih awal
Image: Unsplash/Miquelena

Dengan mengatur skala prioritas seperti yang disebutkan sebelumnya, kamu akan dapat mengatur agar pekerjaan yang harus diselesaikan segera dapat diselesaikan tepat waktu.

Namun akan lebih baik jika kamu mengatur agar pekerjaan tersebut diselesaikan sebelum waktu yang ditentukan, atau lebih awal. Dengan demikian kamu memiliki waktu untuk me-review kembali hasil pekerjaan. Dan jika mendapati suatu kekurangan atau kesalahan, kamu masih memiliki waktu untuk memperbaikinya.

5. Jangan Menunda

jangan menunda pekerjan
Image: Unsplash/Jeshoot

Jangan menunda untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Seringkali ketika datang rasa malas, untuk menyelesaikan pekerjaan yang terasa sulit. Kemudian kita tergoda untuk mengobrol, browsing, atau melakukan hal lainnya terlebih dahulu.

Masalahnya jika kita terlalu lama menunda, maka pekerjaan akan lama diselesaikan dan bahkan bisa jadi tidak selesai tepat waktu. Sebaiknya, segera selesaikan pekerjaan, baru kemudian beristirahat dan melakukan hal lain setelahnya.

Baca juga: Jenuh Sama Pekerjaan? Intip 5 Cara Mengatasi Rasa Bosan Saat Kerja

6. Cintai Perkerjaan

cintai pekerjaan
Image: Unsplash/True Agency

Melakukan hal yang kamu cintai dalam hidup akan sangat menyenangkan. Oleh karena itu, cintailah pekerjaanmu. Dengan begitu, melakukan pekerjaan akan menjadi aktivitas yang menyenangkan, tidak lagi terasa berat dan melelahkan.

Dengan cara ini pula, kamu bisa membuat skala prioritas. Sesuatu yang tidak kamu cintai akan tersisihkan dengan sendirinya.

7. Buat Target

buat target
Image: Unsplash/Matt Ragland

Tentukan estimasi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dan buat target kapan pekerjaan tersebut akan diselesaikan. Tentukan tenggat waktu pekerjaan sesuai kemampuan, jangan terlalu longgar atau pun terlalu cepat. Hal ini akan membantumu untuk mengatur waktu secara lebih efektif dan efisien.

8. Atur Waktu dengan Jeli

Image: Unsplash/Estee Jansses

Manajemen waktu sangat penting untuk dilakukan. Buatlah daftar atau jadwal pekerjaan yang akan dilakukan dalam sehari, serta prioritas dan tetapkan target waktu penyelesaiannya.

Atur waktu dengan jeli, agar waktu yang dimiliki dapat dihabiskan secara efektif dan efisien. Buat pula, pekerjaan apa yang akan diselesaikan di bulan ini, bulan depan dan tahun depan.

9. Rapi dan Terorganisir

to do list
Image: Unsplash/Glen Carstens-Peters

Ketika menyusun jadwal pekerjaan, selain memperhatikan prioritas kepentingan penyelesaiannya. Perhatikan pula keterkaitan tiap pekerjaan. Lakukan pekerjaan yang saling terkait secara berurutan, dengan demikian kamu bisa lebih berkonsentrasi, lebih rapi, dan lebih cepat dalam menyelesaikannya. Dengan cara ini pula, kamu tidak akan kebingungan menyelesaikan pekerjaan mana yang sebaiknya kamu kerjakan lebih dahulu.

10. Buat Komitmen

buat komitmen
Image: Unsplash/Isaac Smith

Memiliki komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan adalah sangat penting. Jika memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan berbagai pencapaian dalam hidup; tidak mustahil kamu akan berhasil mencapai kesuksesan yang diharapkan dalam hidupmu.

11. Manfaatkan Waktu Menunggu

manfaatkan waktu menunggu
Image: Unsplash/Linkedin Sales Navigator

Kadangkala kita memiliki waktu kosong ketika menunggu. Misalkan ketika menunggu pekerjaan dari divisi lain dikirimkan atau menunggu ketika dalam perjalanan menuju kantor. Jangan habiskan waktu menunggu dengan diam dan percuma.

Lakukan hal bermanfaat, seperti membaca berita, menambah pengetahuan, atau melakukan berbagai hal bermanfaat lainnya untuk pengembangan dirimu.

12. Tidur Minimal 7-8 Jam Sehari

tidur 7 jam
Image: Freepik

Seringkali, karna dikejar target pekerjaan, kamu jadi mengorbankan waktu tidur. Hal ini sangat tidak baik, jika melakukannya terlalu sering. Pastikan memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu 7-8 jam sehari, untuk kesehatanmu.

Jika waktu tidur sedikit, kamu memang akan memiliki waktu lebih lama untuk mengerjakan sesuatu. Tetapi mungkin tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan fokus. Hasilnya mungkin malah jadi berantakan. Yang penting, jangan pula terlalu banyak menghabiskan waktu untuk tidur.

13. Berolahraga dan Mengkonsumsi Makanan Sehat

olahraga dan makan sehat
Image: Freepik

Satu lagi hal yang perlu diperhatikan agar memiliki tubuh yang sehat, sehingga dapat berkonsentrasi penuh dengan pekerjaan adalah dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Perbanyak makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan, minimalisir makanan berkorestelor tinggi, dan hindari junk food.

14. Manfaatkan Akhir Pekan

bekerja di akhir pekan
Image: Unsplash/Thought Catalog

Mungkin akan terasa menyebalkan jika kita tetap bekerja di akhir pekan. Namun menyisihkan sedikit waktu di akhir pekan untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai atau sekedar melakukan review pekerjaa, akan membantu mengurangi beban pekerjaan di hari kerja.

15. Me Time

me time
Image: Unsplash/Hannah Olinger

Setelah menghabiskan sebagian besar waktu yang dimiliki untuk menyelesaikan pekerjaan, kamu perlu memiliki waktu untuk diri sendiri. Sisihkan waktu untuk pribadi, baik untuk merenung – berpikir dan mereview kembali kegiatan yang telah dilakukan serta target yang telah dicapai atau untuk sekedar bersantai dan menikmati hidup.

16. Taruh Gadget

simpan gadget
Image: Unsplash/Tim Bennett

Terakhir agar cara mengatur waktumu berhasil dengan baik, taruhlah gadget. Ada waktu dimana kamu harus meletakkan gadget. Misalnya ketika sedang bersama orang-orang terdekat, sedang melakukan pekerjaan penting dan lainya. Pastikan kamu lebih menghargai apa yang ada di depan, bukan apa yang jauh di sana.

“Suka belanja online? Yuk belanja lewat ShopBack dapatkan promo dan cashback hingga 30%, klik di sini untuk untuk mendapatkan promo eksklusif ShopBack!”

Featured image: Freepik