Kalau kamu serius ingin melamar kekasihmu, maka dekatilah kedua orang tuanya. Seperti itulah kata mereka yang sudah berpengalaman. Dan yup, hal ini memang ada benarnya. Sebab orang tua selama ini mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap setiap keputusan yang akan diambil anaknya.

Termasuk dalam hal keputusan pendamping hidup. Oleh karena itu, kamu perlu untuk menempuh berbagai cara deketin orang tua pacar supaya nanti keinginan kamu untuk dapat berumah tangga bisa berjalan lancar. Nah, penasaran gimana cara deketin orang tua pacar? Yuk, langsung aja disimak.

1. Ketahui dulu sifat dan perangai dari orang tua pacar kamu

cari tahu sifat camer
Image: Unsplash/Shane Rouce

Sebelum kamu mulai sok akrab, mengobrol dan bercanda dengan orang tua pacar kamu, alangkah baiknya kalau kamu cari tahu dulu sifat mereka. Sebab tidak semua orang tua mempunyai sifat yang luwes dan ramah. Kalau kamu tiba-tiba seperti itu dan kebetulan orang tua pacarmu memiliki sifat yang kurang ramah, maka bisa-bisa kamu akan dimarahi dan diceramahi oleh mereka. Alhasil, bukannya menjadi dekat dengan orang tua sang kekasih, kamu justru disuruh menjauh dari mereka dan juga anaknya. Hmm, sial banget, kan?

2. Cari tahu apa saja kesukaan orang tua pacar kamu

cara mendekati camer
Image: Unsplah/APx90

Baik itu makanan, hobi, hingga topik pembicaraan, sebaiknya kamu ketahui semua dan gunakan informasi tersebut untuk menyusun berbagai strategi pendekatan. Kalau si dia punya orang tua yang suka main badminton, maka sekali-sekali minta mereka main bersamamu. Jika orang tuanya suka membicarakan hal-hal yang berbau politik, maka cobalah untuk berdiskusi tentang topik itu. Dan jangan khawatir kalau kamu nanti bakal berbeda pendapat dengan orangtuanya. Tidak perlu takut rencana pendekatanmu gagal, dan tetaplah pada pendirianmu. Lagipula toh yang penting kamu tetap membahas topik yang disukai oleh orangtuanya. Bener nggak?

3. Seringlah datang ke rumah untuk bersilaturahim sambil membawa bingkisan tentunya

Remove term: cara deketin orang tua pacar cara deketin orang tua pacar
Image: Freepik

Berikutnya, salah satu cara deketin orang tua pacar bisa kamu tempuh dengan rutin berkunjung ke rumah orang tuanya. Pasalnya, sikap ini secara tidak langsung menandakan bahwa kamu itu peduli dengan hubungan yang kamu jalin dengan keluarga pacarmu. Kalau sudah begini, pasti orang tuanya gak akan ragu lagi untuk merestui hubunganmu dengan si dia. Oh ya, jangan lupa ya untuk membawa bingkisan setiap kali kamu berkunjung, ya. Biar dapat nilai plus!

4. Tunjukkan kalau kamu punya tata krama yang baik

tata krama di depan camer
Image: Unsplash/Sharina Mae Agellon

Percaya atau tidak, tata krama adalah salah satu aspek yang sangat diperhatikan oleh setiap orang tua ketika hendak menilai calon mantunya. Juga sebagai penentu apakah kamu bisa diterima oleh mereka atau tidak. Makanya, tunjukkanlah sikap sopan dan santun baik itu saat kamu sedang berada di sekitar mereka atau tidak. Kalau kamu punya tata krama yang baik, masa iya sih orangtuanya akan menjauhi kamu?

5. Cara deketin orang tua pacar dengan mengenalkannya dengan orang tuamu sendiri

tips deketin orang tua pacar
Image: Unsplash/Ethan Hu

Yup, ini memang cara yang tergolong efektif. Sebab kalau orangtuamu dan orangtuanya sudah saling mengenal, maka tidak ada alasan lagi bagi orangtua pacarmu untuk tidak menerima kamu. Alhasil, kamu bisa dengan mudah dong dekat dengan orangtua si doi.

6. Kalau keluargamu bikin acara, sebisa mungkin undanglah pacarmu dan juga orang tuanya

tips mendekati orang tua pacar
Image: Unsplash/Priscilla Du Preez

Nah, jika orangtuamu belum mengenal orangtua dari pacar kamu, manfaatkanlah acara tertentu sebagai kesempatan untuk mengenalkan mereka. Undanglah pacarmu dan orangtuanya untuk datang ke acara yang diadakan oleh keluargamu. Kemudian, luangkanlah sedikit waktu untuk mengenalkan mereka kepada orangtuamu.

Kalaupun seandainya sudah saling mengenal, maka undangan kamu ini akan menjadi pertanda bahwa kamu ingin menjalin hubungan yang baik dengan orangtua pacarmu. Sehingga mau tidak mau, sebagai wujud penghargaan, mereka pun akan menerima kamu. Dan kamu akan jadi semakin dekat dengan keluarga dari sang kekasih. Yeay!

Baca juga: Ini 15 Alasan Kenapa Orang Tua Tidak Merestui Hubungan Kamu

7. Tidak ragu memberikan bantuan pada orang tua pacar saat mereka membutuhkannya

Remove term: cara deketin orang tua pacar cara deketin orang tua pacar
Image: Freepik

Ini sudah pasti ampuh membuat kamu jadi semakin dekat dengan orangtua si dia. Kalau sewaktu-waktu pacarmu curhat sampai tak sadar memberitahu kesulitan yang tengah dialami orang tuanya, maka disini cobalah kamu menjadi pahlawan bagi orang tuanya. Berikanlah bantuan sebisa kamu baik itu bantuan berupa tenaga, waktu, hingga mungkin finansial. Ingat, jangan langsung nyerocos memberikan bantuan, ya! Tetapi, tawarkan bantuanmu terlebih dahulu dengan baik dan sopan tanpa ada kesan rasa kasihan.

Terlihat sederhana memang, tetapi sebenarnya berbagai cara deketin orang tua pacar termasuk cukup sulit untuk dipraktekkan. Sebab kamu membutuhkan hati yang tulus dan sungguh-sungguh agar semuat trik diatas bekerja. Apabila kamu hanya sekedar pura-pura, percayalah orang lain akan mengetahuinya. Dan itu ditunjukkan lewat bahasa tubuhmu pada saat dimana kamu tidak benar-benar sadar. Jadi, lakukanlah ketujuh cara deketin orang tua pacar tadi dengan baik, disertai hati yang tulus dan sungguh-sungguh.

“Cara lain mendekati orang tua pacarmu adalah dengan mentraktir makan. Biar lebih hemat yuk lihat voucher makan di Fave lewat ShopBack dan dapatkan cashback terbaiknya. Klik di sini!”

Editor: Nimas Arini

Featured image: Pexel/Daria Shevtsova