Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba nih, artinya umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Pasti sudah semangat dan enggak sabar banget untuk menyambut bulan puasa tahun ini. Nostalgia sedikit nih biasanya kamu pasti mendengar atau malah pernah melakukan 9 alasan klise batal puasa ini. Ayo ngaku aja kamu pernah melakukan yang mana?

1. Cuaca panas terik

alasan klasik batal puasa
Image: Pexels

Kalau liburan ke pantai pasti senang banget kan sama matahari yang terik dan panas. Kalau pas puasa panasnya matahari bisa jadi musuh terbesarmu. Rasanya enggak kuat banget kalau harus panas-panasan pas puasa, makanya banyak orang yang menyalahkan cuaca panas sebagai alasan batal puasa. Kamu pernah enggak menggunakan alasan klise yang ini?

2. Kepala pusing

alasan klasik batal puasa
Image: sheknows.com

Pusing juga jadi salah satu alasan batal puasa yang paling sering digunakan orang. Sebenarnya pusing saat puasa wajar banget sih karena kita enggak minum jadi bisa kekurangan oksigen. Tapi si sakit kepala ini sering jadi kambing hitam kamu batal puasa.

3. Ngeliat temen batal

alasan klasik batal puasa
Image: Pins Daddy

Nah, ayo ngaku siapa nih yang suka ngajakin temen-temennya batal puasa. Biasanya pasti ada satu orang yang lebih dulu membatalkan puasa dengan makan atau minum setelah itu baru deh teman-teman yang lain plus kamu juga ikutan batal. Alasan ini juga jadi salah satu alasan super klise yang sering pakai untuk cari-cari alasan pas ditanya orang tua.

4. Capek

alasan klasik batal puasa
Image: Pexels

Harus bagun lebih pagi dan sorenya menghadapi jalan yang super macet atau pelajaran di kampus atau sekolah terasa berat banget. Pasti energi langsung menurun dan berasa capeknya kalau sudah gini kamu biasanya tergoda untuk buka puasa. Alasan capek ini mungkin pernah kamu pakai pas jaman sekolah dulu.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Efektif Selama Puasa

5. Enggak sahur

alasan klasik batal puasa
Image: Pexels

Sahur memang jadi poin yang krusial banget selama bulan Ramadan, ya walaupun kadang malas banget untuk bagun pagi-pagi sahur itu sangat penting. Enggak sahur karena telat bangun juga jadi alasan paling sering digunakan orang yang batal puasa di tengah hari. Biasanya karena panas banget atau kegiatan yang lagi banyak jadi benar-benar lemas.

6. Ngeliat orang makan dan minum

alasan klasik batal puasa
Image: Huffington Post

Walaupun warteg dan restoran udah pakai jilbab alias penutup tetap aja kamu bisa tergoda untuk buka puasa pas lihat orang makan atau minum. Sebenarnya sih di Indonesia sudah enak banget karena semua warung dan restoran menutup warungnya jadi orang dijaga biar enggak tergoda makan. Tapi kamu tetap bisa melihat orang makan ya misalnya di kantor ada teman yang bawa bekel dan makan di dekatmu. Kalau sudah begini biasanya kamu mulai masuk ke jam-jam rawan mau buka puasa.

7. Enggak sengaja nyicipin makanan

alasan klasik batal puasa
Image: Playbuzz

Punya kebiasaan-kebiasaan saat masak? Biasanya kebiasaan-kebiasaan ini masih terjadi saat bulan puasa. Ya misalnya langsung nyicipin makanan saat masak atau bikin minuman. Alasan yang satu ini pasti juga pernah kamu dengar atau malah pernah kamu lakukan?

8. Air wudhu keminum

alasan klasik batal puasa
Image: http://dakwah1slam.blogspot.com/

Coba diingat-ingat pas masih kecil pernah enggak sengaja minum air wudhu pas puasa? Kalau pernah kamu enggak sendiri kok pasti banyak juga yang melakukan hal ini. Saat lagi haus-hausnya air wudhu itu memang terasa begitu menggoda dan kamu kadang jadi lupa kalau lagi puasa.

9. Marah

alasan klasik batal puasa
Image: Pexels

“Aduh, tadi gue habis marah nih sama nyokap. Puasa gue sudah batal nih jadinya. Minum, ah!”

Nah ini dia kasus yang juga sering terjadi di kalangan masyarakat (mungkin kamu adalah salah satunya). Emosi atau marah pada seseorang seringkali dijadikan alasan untuk membatalkan puasa. Setelah marah, mereka merasa kalau puasanya sudah nggak sempurna lagi dan akhirnya memutuskan untuk minum.

Gimana nih setelah baca 9 alasan klise batal puasa kamu pernah melakukan yang mana?

“Yuk langsung belanja untuk persiapan puasa dan lebaran di ecommerce kesayangan lewat ShopBack dan dapatkan cashback terbaik. Klik di sini!”

Editor: Sintya W

Featured image: Pexels