Meskipun selalu terlihat bersih, tapi pada dasarnya keyboard laptop banyak menyimpan debu-debu, lho. Bentuknya yang kecil dan juga banyak selipan bisa menjadi sarangnya para debu.

Persoalan debu mungkin persoalan sepele. Tapi, kalau debu tersebut dibiarkan bisa jadi bertumpuk, sumber kotoran dan bukan hal yang nggak mungkin malah bisa bikin laptopmu jadi nge-hang atau korslet.

Jadi, yuk bersihin keyboard laptop dengan cara berikut ini!

1. Matiin laptop terlebih dahulu

pexels-photo
Image: pexels.com

Sebelum kamu mulai membersihkan keyboard laptop, kamu wajib mematikan laptopnya terlebih dahulu agar nggak korslet saat kamu memencet-mencet keyboard. Jangan sampai lupa mematikan laptop ya karena ini sangat penting untuk keselamatanmu ShopBackers!

2. Posisikan laptop dalam keadaan terbalik

cara membersihkan keyboard
Image: blogcdn.com

Karena sisi-sisi laptopmu agak sulit untuk dibersihkan dari kotoran yang tersembunyi, untuk memudahkanmu mengeluarkan kotorannya adalah dengan memosisikan laptopmu dengan keadaan terbalik. Dengan begitu, kotoran dari keyboard laptopmu akan jatuh dengan mudahnya.

Baca juga: 12 Perubahan Agresif Teknologi Dulu dan Kini

3. Tekan keyboard laptop seperti sedang mengetik

cara membersihkan keyboard laptop
Image: youtube.com / about.com

Tetap dalam posisi terbalik, untuk memudahkan kotoran untuk keluar adalah dengan menekan-nekan keyboard laptop seperti sedang mengetik. Dengan begitu, kamu akan membantu kotoran-kotoran atau debu diantara keyboardmu itu untuk keluar lebih mudah.

4. Gunakan brush make up

cara membersihkan keyboard laptop
Image: pexels.com

 

Setelah memosisikan laptopmu dalam keadaan terbalik, kamu juga bisa coba membersihkan sisa-sisa debu diantara keyboard laptop dengan menggunakan brush yang lembut. Salah satu brush yang direkomendasikan adalah brush make up yang sudah tak terpakai. Guna brush tersebut akan menyapu debu-debu yang menyelip diantara keyboardmu.

5. Sedot debu dengan vacuum cleaner

cara membersihkan keyboard
Image: http://listado.mercadolibre.com.co/

Tentunya, alat yang satu ini berbeda dengan peralatan lainnya. Coba cari vacuum cleaner yang berukuran kecil yang bisa menjangkau sudut-sudut di keyboardmu. Usahakan juga gunakan vacuum cleaner yang bertekanan rendah agar nggak mengganggu fungsi keyboard laptopmu itu.

6. Gunakan hair dryer

cara membersihkan keyboard
Image: Unsplash/Element5Digital

Sebelum membersihkan keyboard laptop dengan menggunakan hair dryer, pastiin dulu kalau kamu udah membersihkan bagian keyboard laptop dengan cukup bersih agar dorongan dari hair dryer tersebut nggak malah membuat kotorannya semakin mendalam.

Baca juga: 6 Tips Merawat Baterai Laptop Biar Nggak Bocor

7. Cabut keyboard laptop

membersihkan keyboard
Image: ytimg.com

Yang terakhir ini nggak disaranin untuk kamu yang nggak berpengalaman. Cara ini emang udah paling ampuh tapi juga beresiko tinggi, bisa bikin keyboard kamu nggak berfungsi atau malah jadi eror. Jadi, sebelum kamu menyabut keyboard laptop sendiri, pastiin kamu udah browsing terlebih dahulu caranya dengan cari video di YouTube atau bahkan minta bantuan teman yang ahli komputer. Biar kalau ada kesalahan bisa langsung diperbaiki. Kalau udah jago, baru deh kamu praktekin sendiri.

Mudah banget kan membersihkan keyboard? Coba deh lakukan secara teratur untuk menghindari salah satu bagian keyboard mati. Cara ini juga bisa membuat laptop atau keyboard lebih awet nih, apalagi kamu yang menggunakannya setiap hari dalam waktu yang lama. Jadi enggak ada salahnya untuk menjadwalkan bebersih laptop setiap bulan ShopBacker!

“Ingin terus hemat dan untung saat belanja online? Yuk daftar di ShopBack dan dapatkan cashback hingga 30% tiap belanja di e-commerce kesayangan. Daftar di sini!”

Featured image: unsplash/wasdrew