Excited, bahagia sekaligus deg-degan adalah perasaa yang sering dirasain setiap kali ikut acara kumpul keluarga. Acara keluarga yang biasanya selalu dihadiri oleh anggota keluarga yang lengkap adalah Hari Raya.

Mulai dari keluarga inti sampai keluarga jauh yang tinggal di luar kota bahkan luar negeri biasanya akan berkumpul di rumah orang tua atau orang yang dituakan dalam suatu keluarga. Makanya, tak heran, Lebaran selalu menjadi waktu yang spesial bagi umat Muslim.

Namun, di balik kesenangan akan bertemu keluarga tersebut, pasti ada perasaan deg-degan, terutama bertemu dengan keluarga jauh dan takut mendapatkan pertanyaan-pertanyaan lucu dan unik yang selalu berhasil membuatmu gelagapan untuk menjawab. Padahal pertanyaan sederhana, namun bisa bikin jantung deg-degan!

Jadi, menjelang Lebaran, yuk siapkan diri dengan pertanyaan ajaib yang selalu hadir setahun sekali ini!

1. “Udah sampai mana skripsinya?”

Pertanyaan yang Selalu Bikin Kalang Kabut di Hari Lebaran

Buat anak kuliah, rasanya skakmat banget kalau sudah ditanya ini. Niatnya mau bersilaturahmi dan kumpul keluarga saat Lebaran, malah ditembak pertanyaan mengenai skripsi. Yang tadinya semangat mau makan opor ayam, bisa-bisa malah jadi nggak nafsu makan deh.

Daripada kamu bete, anggap aja pertanyaan tersebut motivasi biar lebih cepat menyelesaikan skripsi. Jadi, jangan ambil pusing. Respon aja dengan senyuman dan bilang, “doain lancar ya!”.

2. “Habis ini mau ke mana?”

Pertanyaan yang Selalu Bikin Kalang Kabut di Hari Lebaran

Yang satu ini bukanlah pertanyaan sesederhana arti harfiahnya, tapi, lebih kepada rencana jangka panjang yang akan kamu lakukan, terlebih lagi untuk kamu yang dalam waktu dekat ini akan lulus kuliah. Nggak lain dan nggak bukan, ini menyangkut soal pekerjaan.

Tapi, bukan berarti untuk kamu yang sudah bekerja bisa terlepas dari pertanyaan ini. Biasanya, buat kamu yang udah bekerja, pertanyaan ini merujuk kepada kondisi pekerjaan kamu saat ini dan rencana jangka panjang untuk peningkatannya. Hal ini bisa kamu gunakan untuk mencari link dan masukan nih. Cukup jelasin skill yang kamu miliki dan bilang kamu lagi mencari opportunity lebih di bidang kamu tersebut. Jangan ragu meminta kontak atau kenalan dari keluargamu tersebut.

Baca juga: 11 Olahan Kue Coklat Buat Jadi Ide Kue Lebaran Paling Menggoda

3. “Kok pacarnya nggak dibawa?”

Pertanyaan yang Selalu Bikin Kalang Kabut di Hari Lebaran

Nah, kalau yang ini adalah salah satu kata halus untuk pertanyaan “udah punya pacar belum?”. Setiap mau menghadiri acara keluarga, kamu wajib mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan sulit ini. Biasanya, pertanyaan ini adalah pertanyaan terbuka untuk pertanyaan-pertanyaan selanjutnya. Pun kamu jawab udah atau belum, pasti akan ditanya “ah masa sih bellum punya pacar?” atau “kok nggak dikenalin ke keluarga?” dan masih banyak lagi. Kalau ditanya kayak begini, sama kayak soal skripsi, lebih baik kasih senyum.

4. “Itu siapa yang di Facebook?”

Pertanyaan yang Selalu Bikin Kalang Kabut di Hari Lebaran

Nggak usah kaget. Walau jarang ketemu, pasti banyak keluargamu yang suka kepo dan bulak-balik update beritamu di Facebook atau bahkan Instagram. Biasanya, sama seperti pertanyaan sebelumnya sih, ini menyangkut soal pasangan. Kalau udah begini, pura-pura nggak tahu saja foto yang mana.

5. “Kapan kawin?”

Pertanyaan yang Selalu Bikin Kalang Kabut di Hari Lebaran

Image: pexels.com

Giliran datang sendiri, ditanya pacarnya ke mana. Giliran datang bawa pacar, ditembak langsung buat nikah. Jangan heran, pertanyaan ini pasti akan datang ke kamu yang sudah berumur matang untuk memulai rumah tangga atau sudah berhubungan lama dengan pasangan.

Kalau kamu menerima pertanyaan ini, bisa jadi, keluargamu sudah menaruh hati ke pasangan dan ingin segera membuatnya menjadi bagian dari keluarga secara resmi.

6. “Kok gemukan? atau “Kok kurusan?”

Pertanyaan yang Selalu Bikin Kalang Kabut di Hari Lebaran

Lagi-lagi soal berat badan. Jangan heran deh keluarga besar pasti memperhatikan setiap perubahan signifikan di dirimu. Kalau kamu memang merasa lagi hobi makan, jangan buru-buru tersinggung dengan pertanyaan menyindir yang satu ini. Jawab aja dengan, “iya nih, lagi senang-senangnya”, atau “iya nih, lagi sering lembur.”

7. “Kak, minta THR-nya dong…”

Pertanyaan yang Selalu Bikin Kalang Kabut di Hari Lebaran

Keponakan-keponakan atau adik sepupu yang kecil-kecil nggak akan pernah lupa tradisi hari Lebaran yang namanya bagi-bagi THR. Mungkin, kamu adalah satu-satunya orang yang sudah bekerja tapi belum memberikan “amplop”, makanya mereka langsung minta begitu saja.

Untuk alternatif, kamu bisa mengganti THR dengan bagi-bagi es krim atau permen ke adik-adik atau keponakanmu yang masih kecil.

Kamu paling ngeri sama pertanyaan nomor berapa, ShopBackers?

“Yuk langsung belanja untuk persiapan puasa di ecommerce kesayangan

lewat ShopBack dan dapatkan cashback terbaik saat Promo Ramadhan 2019 ini.”

Featured image: