SARJANA

Umur 22 dan 23 tahun merupakan umur emas. Bisa dibilang, kamu baru aja lepas dari tanggung jawab pendidikan, tapi juga masih belum terlalu terbebani dengan tanggung jawab finansial.

Emang nggak ada salahnya kamu langsung kerja sesaat setelah mendapatkan gelar. Tapi, nggak akan rugi juga kan mencuri satu atau dua tahun hidupmu untuk menikmati masa muda yang penuh tantangan ini?

Sebelum cari kerja, yuk rasain dulu pengalaman berikut!

Travelling

8 Momen Travelling yang Nggak Boleh Terlewatkan

Dengan travelling, kamu nggak cuma bisa lebih mengenal dirimu, tapi juga bisa lebih mengetahui dunia dan mendapatkan berbagai pengalaman baru. Dari situ, kamu bisa membentuk dirimu sendiri yang berguna saat memulai karir nantinya. Bukan hal yang nggak mungkin lho setelah kembali dari travelling, kamu malah jago berbagai bahasa. Travelling juga bakalan ngajarin kamu untuk hidup sederhana dan fokus kepada nilai-nilai yang berguna aja.

Kerja lepas

startup-photos

Menjadi pekerja lepas adalah pekerjaan yang paling efektif. Bisa bekerja dimana aja, bahkan sambil travelling pula. Dengan bekerja lepas dari rumah, kamu bisa memaksimalisasi berbagai hal yang kamu miliki. Sambil kerja, kamu juga bisa memaksimalkan hobi yang kamu miliki, atau bahkan mengambil berbagai jenis pekerjaan lepas yang bisa mengarahkanmu ke bidang yang benar-benar “kamu banget”. Buat kamu yang bertanya-tanya gimana caranya travelling walau belum punya tabungan, sambil freelance-an lah jawabannya.

Baca juga: Ini Dia 9 Fungsi Tablet yang Pasti Jarang Kamu Gunakan

Belajar bahasa baru

books-writing-reading-sonja-langford

Nah, selagi masih muda dan otakmu masih segar untuk menerima ilmu baru, nggak ada salahnya kamu menggunakan kesempatan tersebut untuk belajar hal baru, salah satunya bahasa. Di saat kamu belajar suatu bahasa, otomatis kamu juga mempelajari budayanya. Jadi, kamu bakalan tumbuh menjadi remaja yang multikultur dan lebih menghargai orang lain.

Volunteer

pexels-photo (1)

Satu tahunmu akan lebih berguna untuk diri sendiri dan bermanfaat untuk orang lain kalau kamu gunakan dengan volunteer-an. Banyak lowongan volunteer di dalam atau luar negeri. Untuk kamu yang nggak cuma ingin sekedar travelling, kamu bisa menggunakan fasilitas volunteer ini. Dengan ber-volunteer selama beberapa waktu, kamu juga bisa sambil travelling di daerahnya, terutama kalau kamu volunteer-an di luar negeri. Selain akomodasi ditanggung, kamu akan belajar berbagai pengalaman hidup agar bisa mendapatkan travelling yang berkualitas.

gdn

Baca juga: Flash Back ke 12 Momen Fenomenal Indonesia Tahun 2016 yuk!

YOLO

macbook-apple-imac-computer-39284

Nggak ada salahnya kok menjadi konsumtif saat masih muda. Yang terpenting, usaha dan pengluaranmu sebanding. Semakin mahal barang yang ingin kamu miliki, semakin besar pula upaya yang akan kamu berikan demi mendapatkan hal tersebut. Itu namanya motivasi. Meski nantinya akan nyesal membeli barang mahal, namanya juga “YOLO” untuk menikmati masa muda.

Kerja di tempat yang selama ini kamu inginkan

pexels-photo

Menjadi barista, kerja di toko buku hipster di kota besar atau bahkan menjadi pegiat seni di Jakarta merupakan pekerjaan yang ditentang oleh orang tua. Tapi, rasanya, mengalami hal tersebut untuk satu atau dua tahun akan membuat hidupmu lebih bahagia, kan?

Meski nanti kamu kembali bekerja sebagai pegawai swasta, atau bahkan PNS, tapi kamu udah punya pengalaman kerja di tempat impian semua orang yang banyak ditinggalkan atas dasar gaji yang lebih tinggi dan juga pride. Percaya deh, banyak orang di luar sana yang sudah settle tapi masih penasaran bagaimana rasanya menjadi barista atau bahkan pegiat seni.

Jadi, yang mana pilihanmu?

Featured image: pexels.com

Artikel rekomendasi lainnya:

Blog-5viral 19 desBlog-4viral 19 desBlog-2viral 19 desBlog-3viral 19 desBlog-1viral 19 des

Untuk kamu yang gemar belanja online, khusus hari ini, dapatkan kode kupon, diskon, cashback, dan promo Lazada setiap belanja di Lazada melalui ShopBack. Ikuti juga Promo Akhir Tahun yang hadir bulan ini.

gdn 14 desember