Dengan jumlah penduduk yang besar dan penetrasi pasar yang kurang menyebar, Indonesia masih menjadi pasar yang menjanjikan untuk pasar ponsel pintar. Namun, dengan banyaknya vendor yang bersaing di pasar dalam negeri membuat persaingan bisnis ponsel menjadi tidak mudah.

Industri ponsel pintar di Indonesia semakin menjadi ketat dengan banyaknya brand lokal yang masuk juga ke industri ini, tercatat dalam data yang dikeluarkan IDC (International Data Corporation), total penjualan smartphone di Indonesia pada kuartal pertama 2017 mencapai 7,3 juta unit, angka tersebut naik 13% dari tahun sebelumnya.

Posisi lima besar ponsel teratas di Indonesia secara berurutan adalah Samsung, Oppo, Asus, Advan, dan Lenovo (plus Motorola). Banyak yang tidak menyangka dengan masuknya vendor lokal macam Advan bisa meraih penjualan yang cukup besar di pasar ponsel tanah air. Mengingat ekspansi yang besar-besaran dari para vendor global untuk memenangkan persaingan penjualan.

Pencapaian Advan ini tidak terlepas dari strategi yang tidak biasa dilakukan pabrikan ponsel dalam negeri, yaitu mementingkan kuantitas penjualan dan produksi daripada banyaknya tipe yang dikeluarkan. Tidak heran jika banyak konsumen tidak lagi menyukai smartphone lokal karena tipenya yang begitu beragam tapi dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Tahun ini, Advan hanya akan mengeluarkan sembilan jenis perangkat berupa empat smartphone dan lima seri tablet. Hal ini ditujukan agar pihak manajemen bisa fokus terhadap kampanye dan pemasaran di pasar.

Spesial Buat Kamu!

Kembali ke data IDC, di tahun ini market share produk pabrikan Tiongkok mencapai market share sebesar 31%, yang naik dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 23%. Hal ini tak lain disebabkan promosi dan pemasaran yang besar dilakukan oleh vendor Tiongkok macam Oppo, Vivo, Lenovo, bahkan Huawei juga memiliki metode pemasaran yang meluas dan merata hampir disetiap kota besar di Indonesia.

Berikut ini 5 besar vendor dengan penjualan terbanyak di Indonesia tahun 2017

Samsung

vendor penguasa pasar smartphone
Image: http://www.mobile88.com/

Samsung masih menjadi primadona pengguna smartphone di Indonesia tahun ini. Seri J, A, dan flagship seri S masih menjadi pilihan utama pencari smartphone di dalam negeri. Samsung terbukti berhasil membagi segmen di seri J untuk segmen menengah kebawah, seri A untuk konsumen yang menginginkan bentuk yang cantik dan ketahanan ekstra, dan tentu saja yang terutama seri S untuk smartphone terbaik yang dikeluarkan Samsung.

Dan jangan lupa bahwa Samsung juga meuncurkan seri C yang ditujukan bagi para profesional yang menginginkan pengalaman kerja yang terbaik. Namun, dominasi Samsung di Indonesia terus dikejar oleh pabrikan asal Tiongkok macam Oppo dan Vivo yang sangat gencar melakukan promosi baik offline maupun online. Jika terus terlena dan tidak mencari solusi terbaik, bukan tidak mungkin di akhir tahun 2017 ini pasar Samsung akan disalip oleh pabrikan Tiongkok.

Oppo

vendor penguasa pasar smartphone
Image: http://www.gsmarena.com/

Dapat dikatakan kalau 2 tahun belakangan adalah tahunnya Oppo. Di Tiongkok, Oppo berhasil menjadi vendor yang menjual smartphone terbanyak, di Indonesia pun Oppo tidak kalah berjaya, pangsa pasar Oppo tercatat berada di angka 16% dari penjualan smartphone nasional.

Gencarnya promosi online dan offline yang dilakukan Oppo menjadi faktor utama produknya begitu dikenal oleh masyarakat. Oppo tidak sungkan – sungkan untuk menjadikan beberapa artis papan atas di Indonesia untuk menjadi brand ambassador produk mereka. Selain itu, menjawab kebutuhan akan fotografi (terutama foto selfie) menjadi nilai tambah utama berbagai produk Oppo yang dipasarkan di Indonesia.

Seperti diulas diatas, jika Oppo masih konsisten menggunakan cara yang sama untuk berinovasi dan promosi yang gila – gilaan, bukan tidak mungkin tahun depan persaingan pasar ponsel pintar di Indonesia akan dimenangkan oleh Oppo.

Asus

vendor penguasa pasar smartphone
Image: http://vr-zone.com/

Asus masih membuktikan eksistensinya di pasar smartphone global dan tentunya di Indonesia. Brand Zenfone yang terkenal dengan spesifikasi yang lumayan, desain yang cantik, tapi ada di rentang harga yang tidak terlalu tinggi membuat Zenfone mempunyai basis pendukung yang setia. Selain itu produsen asal Taiwan ini juga sukses membangun brand imagenya sebagai smartphone yang mempunyai kualitas kamera yang baik. Mulai dari Zenfone 3, Zenfone 3 laser, sampai yang baru diluncurkan Zenfone Zoom, hampir semuanya memiliki kelebihan di kualitas kamera yang diatas rata – rata.
Dan sama seperti Oppo, promosi asus di media online dan offline juga dapat dikatakan cukup gencar. Mereka tidak ragu untuk menggunakan artis papan atas Indonesia menjadi brand ambassador untuk meningkatkan popularitas produk mereka.

Advan

vendor penguasa pasar smartphone
Image: http://www.elevenia.co.id/

Seperti sudah disinggung diawal, kesuksesan Advan mempertahankan posisinya di lima besar pasar smartphone Indonesia adalah dari strategi untuk tidak mengeluarkan terlalu banyak tipe untuk fokus kepada promosi dan penjualan produk. Hal ini cukup berhasil mengingat penjualan produk Advan yang masih menjadi vendor lokal yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia.
Penerapan harga yang terjangkau juga menjadi salah satu faktor utama bagaimana Advan bisa menjangkau segmen yang tidak didapatkan oleh vendor smartphone luar, harga yang sangat terjangkau menjadikan Advan memenangkan sebagian besar pertarungan di smartphone kelas bawah.
Secara promosi juga, walau tidak segencar vendor global, Advan juga melakukan marketing global dengan menjalin kerjasama dengan klub sepakbola asal Spanyol, Barcelona.

Tahukah Kamu!

Lenovo – Motorola

vendor penguasa pasar smartphone
Image: https://www.gsmshop.at

Sejak mengakuisisi Motorola beberapa tahun yang lalu, Lenovo cukup sukses membuat diferensiasi produk yang mereka pasarkan, dimana brand Lenovo mengincar segmen menengah kebawah dengan smartphone yang lebih menekankan spesifikasi berbanding harga. Sedangkan Motorola mengambil segmen smartphone highend dan smartphone dengan ketahan baterai ekstra.

Dengan brand image yang begitu kuat, strategi ini berjalan cukup sukses karena kampanye Motorola Moto Z dan Z Play yang cukup menyita perhatian konsumen di Indonesia. Walau tahun ini sepertinya Lenovo tidak terlalu banyak berpromosi, tapi melalui promosi yang efektif dan differensiasi produk yang sukses juga mengangkat penjualan brand ini di posisi lima besar pasar smartphone Indonesia.

Lalu, dimana posisi Xiaomi dan Apple yang penjualannya juga cukup banyak di Indonesia? Perlu diketahui jika smartphone Xiaomi dan Apple yang banyak beredar di Indonesia adalah versi non resmi, jadi otomatis angka penjualannya tidak terdata dengan baik di dalam negeri.

Nah, sudah tahu kan vendor smartphone dengan penjualan terbanyak di Indonesia tahun ini. Apa merk smartphonemu ada di salah satu merk diatas?

Featured image: https://www.androidpit.com

Editor: Nimas Arini

Join Sekarang di Komunitas ShopBack!

Promo Terbaru yang Pasti Kamu Suka!

Barang-Barang Serba Lima Ribu!

Yuk follow sosial media ShopBack untuk info, promo, dan kuis berhadiahnya!

Yuk follow sosial media ShopBack untuk info, promo, dan kuis berhadiahnya!

Yuk follow sosial media ShopBack untuk info, promo, dan kuis berhadiahnya!

Yuk follow sosial media ShopBack untuk info, promo, dan kuis berhadiahnya!

Yuk follow sosial media ShopBack untuk info, promo, dan kuis berhadiahnya!